Skip to main content

Batas Batas Wilayah Negara Indonesia

Batas wilayah Indonesia sangat berhubungan dengan wilayah negara Indonesia. Negara yang merdeka dan berdaulat wajib memiliki wilayah. Wilayah merupakan salah satu syarat utama berdirinya suatu negara. Wilayah adalah tempat untuk menjalankan pemerintahan negara dan sebagai tempat kelangsungan hidup bagi warga negaranya.

Sebuah wilayah negara pasti memiliki batas-batas yang membedakannya dengan wilayah negara lain. Antara sebuah negara dengan negara lainnya dapat dibatasi dengan berbagai bentuk dan cara. Bentuk batas negara secara alami bisa berupa laut, sungai, pegunungan atau perbukitan, danau atau gurun. Sementara batas negara buatan manusia biasanya berupa gapura besar, pagar, tugu peringatan, tembok dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini kita akan membahas batas negara khususnya batas negara Indonesia yang kita cintai. Sebagai warga negara yang baik kita perlu memahami batas-batas negara Indonesia. Sebagai negara maritim sebagian besar batas negara Indonesia adalah laut lepas. Indonesia adalah negara yang besar dan memiliki banyak pulau serta lautan yang luas. Hampir sepertiga bagian dari total luas negara Indonesia adalah lautan.

Wilayah Negara Indonesia

Indonesia memiliki panjang garis pantai sekitar 81 900 km. Namun di daerah tertentu wilayah Indonesia berbatasan dengan daratan negara lainnya. Batas negara tersebut biasanya disebut kontinen. Batas laut negara Indonesia berhubungan dengan 10 negara. Sementara batas darat hanya berhubungan dengan 3 negara saja.

Secara geografis Indonesia terletak diapit oleh dua buah benua yaitu benua asia dan benua australia. Selain dua benua Indonesia juga berada diantara dua samudra besar yaitu hindia dan pasifik. Jika dilihat dalam skala peta dunia maka posisi Indonesia berada diantara garis silang baik daratan maupun lautan. Jadi Indonesia secara alami sudah merupakan persimpangan lalu lintas dunia baik di laut maupun di darat.

Batas wilayah negara Indonesia bagian utara

Batas wilayah negara Indonesia bagian utara, yang terletak di daratan berbatasan langsung dengan negara Malaysia bagian timur, tepatnya di pulau kalimantan. Sementara untuk batas laut Indonesia bagian utara berbatasan dengan 5 negara sekaligus yaitu Filipina, Vietnam, Thailand, Singapura dan Malaysia.

Batas wilayah negara Indonesia bagian timur

Di paling timur Indonesia adalah pulau papua. Pulau papua ini berdiri 2 negara yaitu Indonesia dan papua nugini. Jadi untuk wilayah darat Indonesia hanya berbatasan dengan papua nugini.  Di peta kita sering melihat sebuah garis yang memutus  pulau papua menjadi dua bagian. Agar tidak membingungkan maka kedua negara menyepakati hubungan bilateral mengenai batas-batas wilayah darat maupun laut. Sementara untuk wilayah laut perbatasannya adalah samudra pasifik.

Batas wilayah negara Indonesia bagian selatan

Batas selatan wilayah negara Indonesia yang ada di darat adalah Timor Leste atau Timor Timur yang sudah memisahkan diri dari Indonesia. Sejatinya sebelum tahun 1999 Timor Leste atau yang dikenal timor timur merupakan wilayah Indonesia, namun karena berbagai gejolak politik dan kepentingan Timor Timur akhirnya memisahkan diri dari Indonesia dan mendirikan negara sendiri. Sementara untuk batas laut Indonesia bagian selatan itu berbatasan langsung dengan perairan Australia bagian utara serta Samudra Hindia.

Batas wilayah negara Indonesia bagian barat

Untuk batas wilayah bagian barat Indonesia hanya ada batas laut yaitu Samudra Hindia dan perairan laut negara India. Bisa kita lihat wilayah paling barat seperti sumatera utara dan Aceh dan khususnya Pulau Sumatera dimiliki utuh oleh Indonesia dan semoga tetap utuh.

Jadi kesimpulannya, batas negara Indonesia itu adalah sebagai berikut :
  • Sebelah utara, negara Indonesia dibatasi oleh negara  : Malaysia, Singapura, Samudera Pasifik, Filipina, Thailand, dan Vietnam.
  • Sebelah timur, negara Indonesia dibatasi oleh : negara Papua Nugini.
  • Sebelah Selatan, negara Indonesia dibatasi juga oleh  : Samudera Hindia dan negara Timor Leste.
  • Sebelah barat, negara Indonesia dibatasi oleh  : Samudera Hindia dan negara India.
Demikianlah mengenai batas-batas wilayah negara Indonesia. Selanjutnya saya juga akan menulis artikel mengenai aturan batas laut teritorial negara. Semoga artikel ini bermanfaat bisa dijadikan referensi bagi pembaca serta menambah wawasan bagi kita semua. Jangan lupa untuk like fanspage situs ini dan share artikel bagi teman-teman lain yang membutuhkan.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar