Skip to main content

3 Kebutuhan Primer Manusia


Pada saat belajar di sekolah tentunya kita pernah diajarkan mengenai tiga jenis kebutuhan manusia yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Dalam artikel ini kita akan membahas berbagai macam kebutuhan manusia. Termasuk tiga jenis kebutuhan manusia yang dijelaskan tadi.

Manusia hidup tentu membutuhkan berbagai hal untuk dapat mempertahankan hidupnya. Salah satu hal pokok yang dapat membuat manusia hidup adalah sumber energi pangan. Tubuh manusia sendiri mengolah makanan sebagai sumber energi untuk kelangsungan hidup.

Namun setelah kebutuhan makan terpenuhi manusia juga perlu mengenakan pakaian dan berlindung dari panas maupun hujan di rumah yang layak huni. Berikut merupakan jenis kebutuhan primer manusia.

Pangan atau makanan

Seperti yang telah di singgung sebelumnya bahwa manusia hidup tentu perlu makan. Karena tubuh manusia mendapatkan sumber energi dari hasil olahan makanan. Selain berupa makanan yang termasuk dalam pangan ini adalah air. Air juga merupakan kunci pokok kehidupan manusia.

Di Indonesia makanan dapat diperoleh dengan langsung memakan sumber makanan seperti buah-buahan dan minum air langsung dari sumber mata air. Ada juga pangan yang diperoleh dari hasil olahan makanan yang dimasak seperti daging, sayur, maupun roti.

Cara mengembangkan ketahanan pangan agar dapat memenuhi kebutuhan manusia terus-menerus adalah dengan sistem pertanian. Terdapat dua jenis sistem pertanian yang dikenal yaitu sistem memperluas lahan pertanian (ekstensifikasi) atau sistem pertanian modern yang intensif atau intensifikasi.

Sandang atau pakaian

Manusia memiliki nilai dan norma kemanusiaan yang membatasi dan mengatur perilaku serta hubungan sosial antar manusia. Dalam nilai ini salah satunya adalah aturan mengenakan pakaian. Inilah yang membedakan manusia dengan hewan dan tumbuhan.

Selain karena norma kemanusiaan pakaian juga melindungi tubuh manusia dari panas maupun dingin. Sebelum ditemukannya kain manusia membuat pakaian dari kulit kayu maupun kulit hewan yang telah mati.

Perkembangan teknologi yang semakin maju manusia menemukan kain dengan memanfaatkan serat kapas. Pakaian dibuat dengan teknologi yang lebih modern secara massal dan masif. Seiring berjalannya waktu berkembang berbagai jenis pakaian yang dikenakan manusia.

Masing-masing pakaian tersebut disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan manusia. Misalnya pakaian kerja pakaian, rumah pakaian tidur, pakaian pesta, pakaian olahraga  pakaian adat dan lain sebagainya.

Papan atau tempat tinggal

Setelah bisa makan dan menggunakan pakaian manusia butuh tempat tinggal yang layak untuk melindungi dirinya. Baik dari panas matahari di saat siang maupun dinginnya malam. Selain itu manusia juga perlu berteduh di saat hujan sehingga tidak merusak kesehatannya.

Jawaban dari kebutuhan ini adalah rumah. Pada zaman dahulu manusia tinggal di dalam gua sebagai rumahnya. Gua merupakan tempat yang aman dari ancaman binatang buas kala itu. Seiring perkembangan teknologi manusia mampu membangun rumah dengan sistem konstruksi yang lebih baik.

Dari perkembangan sistem konstruksi yang pesat timbul masalah keterbatasan lahan. Sehingga manusia mengembangkan sistem bangunan bertingkat. Seiring berjalannya waktu tempat tinggal manusia tidak hanya berbentuk rumah, bisa juga rumah sewa kontrakan atau indekos.

Apapun itu intinya manusia perlu melindungi dirinya dari panas maupun hujan serta sebagai tempat beristirahat di malam hari.

Demikianlah mengenai tiga kebutuhan primer manusia yang wajib dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Kita harus bersyukur terhadap apa yang kita miliki. Bersyukur karena bisa makan, bersyukur karena masih bisa menggunakan pakaian yang layak dan bersyukur masih bisa tinggal di rumah. Dan kita patut berbagi kepada orang-orang yang kebutuhan primer nya masih belum terjamin.

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar