Skip to main content

Tips Memilih Pen Tablet Sesuai Harga dan Kebutuhan


Pen tablet atau pen drawing merupakan alat untuk menggambar langsung dalam media digital atau menggambar langsung ke komputer. Dengan alat ini memudahkan para desainer grafis dalam menggambar berbagai gambar seperti komik, ilustrasi hingga editing foto.

Pen tablet atau drawing pad sendiri dikenal juga sebagai tablet grafis yakni sebuah perangkat keras atau input device komputer  yang memungkinkan penggunanya untuk menggambar menggunakan tangan dan memasukkan hasil gambar ataupun sketsa yang dibuatnya tersebut langsung ke dalam komputer.

Alat ini mungkin masih cukup asing terdengar bagi teman-teman yang tidak menekuni dunia desain grafis, terlebih harga dari alat ini juga cukup untuk menguras tabungan. Namun alat ini sangat baik untuk digunakan dalam presentasi yang singkat dan padat yang membutuhkan info grafis.

Memilih pen tablet atau pen drawing atau tablet grafis tidak boleh sembarangan. Ada banyak variasi tipe, spesifikasi, harga dan merek dari pen tablet yang seringkali membuat calon pembelinya bingung.

Maka dari itu, disini akan dibahas mengenai tips membeli pen tablet yang baik, sesuai kebutuhan dan tentunya dengan harga yang sesuai dengan kualitas.

1. Merek dan Kualitas

Ada begitu banyak merek pen tablet yang masuk ke Indonesia, mulai dari Huion, Wacom, Genius, XP Pen, Hanvon dan lain-lain dengan keunggulannya dan kekurangan masing-masing.

Merek yang paling sering dibicarakan adalah Wacom dan Genius. Dua merek ini lebih mudah ditemui di banyak toko komputer dan elektronik di Indonesia.

2. Ukuran, Spesifikasi dan Fitur

Mengenai ukuran yang ditawarkan pen tablet sendiri umumnya berkisar pada A4, A5 dan A6. Untuk saya sendiri menggunakan Wacom ukuran A5 dan rasanya sudah cukup untuk mengerjakan painting, komik hingga desain baju.

Sedangkan spesifikasinya cenderung sangat beragam satu dengan yang lainnya seperti tombol switch yang dapat diprogram sesuai kebutuhan (double click atau right click), dapat digunakan secara wireless, panjang USB, pen tablet yang ringan fitur sentuh dan lain sebagainya.

3. Budget dan Kebutuhan

Nah ini dia yang sering bikin galau. Pen tablet ukuran medium yang diperuntukan bagi para profesional di Indonesia kisaran harganya mulai angka di atas Rp 3 juta.

Sementara untuk penggunaan pemula berkisar di atas Rp 1-2 juta. Saya sendiri membeli pen tablet dengan harga 2 jutaan pada waktu itu. Namun hasilnya sudah cukup memuaskan.

Sementara Interactive Pen Display Wacom telah mencapai angka puluhan juta rupiah. Jadi, sesuaikan budget dan kebutuhan teman-teman untuk dapat memperoleh pen tablet yang sesuai

Kesimpulan

Bila penjelasan di atas masih dirasa cukup sulit untuk diterapkan, maka bisa ditiru pengalaman saya sebagai berikut ini :
  • Bila mengutamakan harga yang merakyat fitur melimpah atau murah meriah maka bisa melirik merek genius
  • Bila mempertimbangkan kualitas yang cukup dan harga yang masuk akal, bisa memilih merek Huion atau Wacom seri terendah. Masih cukup baik mengerjakan gambar-gambar ilustrasi.
  • Jika mengutamakan kualitas, spesifikasi dan fitur-fitur serta penggunaan secara profesional maka pilihlah merk Wacom. Bahkan seri pemula pun masih cukup baik dalam mengerjakan komik, painting dan ilustrasi.

Saya sendiri membeli Wacom seri Intuos Comic CTH 480 dengan harga 2 juta pada awal tahun 2018 ini. Dari hasil pengalaman menggunakan pen tablet ini cukup memuaskan dan sudah sesuai dengan kebutuhan.

Saya pernah menggunakannya untuk sketsa ilustrasi, mewarnai gambar dan menggambar kartun serta desain baju. Cukup memuaskan, barangnya cukup keras, tidak ringkih meskipun ringan. Ditambah bonus aplikasi grafis yang diberikan secara gratis.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar