Skip to main content

Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi

Mungkin para calon mahasiswa ataupun yang sudah menjadi mahasiswa masih bingung dengan yang bernama skripsi, tesis maupun disertasi. Apakah sejatinya perbedaan ketiga hal tersebut ? berikut akan dijelaskan detailnya.

Sebelumnya, antara skripsi, tesis dan disertasi memiliki persamaan yaitu merupakan bentuk dari karya ilmiah yang disusun dari hasil penelitian dan analisis dengan menggunakan data-data yang diperoleh secara langsung di lapangan. Itulah kenapa mahasiswa tingkat akhir banyak yang mengumpulkan data untuk penelitian mereka.

Jika dilihat dari beberapa segi, antara skripsi, tesis dan disertasi memiliki beberapa perbedaan, diantaranya akan dijelaskan masing-masing :

1. Skripsi

Skripsi merupakan bentuk karya tulis ilmiah bagi mahasiswa untuk melengkapi syarat mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi ditulis berdasarkan pendapat (teori) orang lain.

Pendapat tersebut didukung data dan fakta empiris-obyektif, baik berdasarkan penelitian langsung, observasi lapangan / penelitian di laboratorium, ataupun studi kepustakaan.

Skripsi menuntut kecermatan metodologis hingga menggaransi ke arah sumbangan material berupa penemuan baru.

2. Tesis

Tesis adalah jenis karya tulis dari hasil studi sistematis atas masalah. Tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi.

Orisinalitas tesis harus nampak, yaitu dengan menunjukkan pemikiran yang bebas dan kritis. Penulisannya baku dan tesis dipertahankan dalam sidang.

Tesis memiliki sifat yang argumentatif dan dihasilkan dari suatu proses penelitian yang memiliki bobot orisinalitas tertentu.

3. Disertasi

Disertasi merupakan karya tulis ilmiah  seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program S3 ilmu pendidikan. Disertasi merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin ilmu pendidikan.

Demikianlah mengenai Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi yang perlu dipahami oleh mahasiswa maupun calon mahasiswa. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar