Skip to main content

Penjelasan Mengenai Konsentrasi di Jurusan Manajemen

Saat memilih kuliah di Jurusan Manajemen kita akan dihadapkan dalam beberapa pilihan konsentrasi. Jika masih bingung dengan pilihan konsentrasi tersebut atau takut salah pilih konsentrasi tidak cocok dengan jenis pekerjaan yang diinginkan, sebaiknya kamu simak penjelasan berikut ini :

1. Manajemen Pemasaran (Marketing)

Manajemen Pemasaran bertanggung jawab dalam mengurus pemasaran produk dan promosi produk. Pemasaran merupakan ujung tombak dari kegiatan dagang dan merupakan bagian yang sangat vital dari perusahaan.

Jika kamu hobi menjual maka kamu bisa ambil konsentrasi ini. Namun kamu juga harus kuat dengan hafalan, karena mata kuliah di manajemen pemasaran lebih banyak bersi penalaran materi yang tentunya harus dihafal.

2. Manajemen Keuangan (Finance)

Bagi kamu yang suka menghitung uang, mengurus pemasukan dan pengeluaran, maka kamu cocok memilih konsentrasi Manajemen Keuangan ini. Syaratnya kamu harus memiliki kemampuan hitungan matematika yang memadai.

Kamu akan akan banyak belajar di mata kuliah yang berhubungan dengan hitungan, tentu saja menghitung uang. Kamu akan dibiasakan untuk bekerja di lapangan dan mengurusi keuangan perusahaan untuk memaksimalisasi keuntungan dan meminimalisasikan resiko kerugian.

3. Manajemen Operasi

Manajemen Operasi adalah konsentrasi yang fokus mengurus kegiatan produksi barang dan jasa suatu perusahaan. Bila di pabrik, akan mengurusi kegiatan produksi barang mentah menjadi barang jadi yang siap dijual. Bila dalam perusahan jasa seperti Hotel, maka akan mengurusi berbagai kegiatan operasional hotel termasuk event-event.

Kemampuan yang ditonjolkan disini adalah analisis terhadap proses dan kemampuan multi tasking dalam menangani beberapa kegiatan sekaligus sehingga membutuhkan daya konsentrasi yang cukup tinggi.

4. Manajemen SDM

Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia Ini yang mempelajari mengenai perilaku karyawan, mengelola budaya perusahaan agar sesuai dengan visi misi perusahaan dan tujuannya. Dalam hal ini dibutuhkan kemampuan analisis, kepekaan serta kemampuan sosialisasi yang baik.

Kamu akan bekerja di bagian Human Resources Management (HRD), biasanya bertugas untuk melakukan perekrutan karyawan, mengurusi orang pensiun, dan sebagainya yang berhubungan dengan tenaga kerja sebagai Sumber Daya Manusia dalam perusahaan.

5. Manajemen Kewirausahaan

Dalam konsentrasi Manajemen Kewirausahaan, kamu akan dituntut menjadi seorang entrepreneur (pengusaha). Jadi setelah kuliah diharapkan kamu akan siap membuat dan menjalankan bisnis sendiri dengan baik.

Kemampuan yang diperlukan adalah analisis, kepekaan, kemampuan mengembangkan strategi bisnis dan tentu saja bagaimana membuat produk laku di pasaran.

Nah, demikian beberapa konsentrasi di jurusan manajemen yang saya kutip dari perbincangan bersama rekan-rekan yang pernah berkuliah di jurusan manajemen. Sudah ada bayangan bukan ? Silahkan share untuk teman-temanmu yang juga ingin mengambil jurusan manajemen.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar