Skip to main content

Pengertian Karya Ilmiah, Tujuan, Ciri-ciri dan Jenis-jenisnya

Pengertian Karya Ilmiah Menurut Para Ahli

Karya ilmiah adalah sesuatu yang identik dengan tulisan-tulisan yang bersifat ilmiah dari hasil penelitian maupun analisis dengan metode-metode ilmiah. Berikut ini pengertian karya Ilmiah menurut para ahli yang membidangi ini :

Eko Susilo, M. 1995:11

Karangan ilmiah merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isisnya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/ keilmiahannya.

Jonnes (1960)

Bila fakta yang disajikan berupa fakta umum yang obyektif dan dapat dibuktikan benar tidaknya serta ditulis secara ilmiah, yaitu menurut prosedur penulisan ilmiah, maka karya tulis tersebut dapat dikategorikan karya ilmiah, sedangkan bilamana fakta yang disajikan berupa dakta pribadi yang subyektif dan tidak dapat dibuktikan benar tidaknya serta tidak ditulis secara ilmiah, karya tulis tersebut termasuk karya tulis non ilmiah

Tujuan dari pembuatan karangan ilmiah, antara lain :

Ada beberapa tujuan dalam penyusunan karya ilmiah yang dilakukan oleh penulis dan peneliti yaitu sebagai berikut :

Memberi penjelasan

Fenomena maupun pertanyaan-pertanyaan tentang suatu hal bisa dibuktikan dan dijelaskan melalui karya ilmiah. Misalnya penjelasan tentang bahaya rokok terhadap paru-paru.

Memberi komentar atau penilaian

Menilai apakah suatu hal tersebut memiliki dampak yang baik atau tidak baik terhadap manusia.

Memberi saran

Memberi saran kepada orang atau pihak tertentu dalam mengambil keputusan penting. Hal ini bermanfaat untuk tujuan positif.

Menyampaikan sanggahan

Dengan pembuktian ilmiah, suatu pendapat atau dugaan bisa disanggah dengan jelas dan objektif atas dasar fakta-fakta di lapangan.

Membuktikan hipotesa

Hipotesa atau dugaan yang masih berupa pernyataan sementara bisa dibuktikan kebenarannya melalui cara-cara ilmiah.

Bentuk Karya Ilmiah

Ada beberapa bentuk karya ilmiah yang disajikan dalam karya tulis diantaranya adalah sebagai berikut :

Makalah

Makalah biasanya  disusun untuk penulisan didalam publikasi ilmiah, misalnya jurnal ilmu pengetahuan, proceeding untuk seminar bulletin, atau majalah ilmu pengetahuan dan sebagainya. Maka ciri pokok makalah adalah singkat, hanya pokok-pokok saja dan tanpa daftar isi.

Laporan Ilmiah Yang Dibukukan

Karya ilmiah jenis ini pada umumnya ditulis untuk melaporkan hasil-hasil penelitian, observasi, atau survey yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang. Laporan ilmiah yang menjadi persyaratan akademis di perguruan tinggi biasanya disebut Skripsi, yang biasanya dijadikan persyaratan untuk karya ilmiah jenjang S1, Tesis untuk jenjang S2, dan Disertasi untuk jenjang S3.

Buku Ilmiah

Buku ilmiah merupakan karya ilmiah yang tersusun dan tercetak dalam bentuk buku oleh sebuah penerbit buku umum untuk dijual secara komersial di pasaran. Buku ilmiah dapat berisi pelajaran khusus sampai ilmu pengetahuan umum yang lain.

Ciri-Ciri Karya Ilmiah

Dengan bentuk-bentuk karya ilmiah seperti di atas, bisa ditemukan ciri-ciri karya ilmiah adalah sebagai berikut :

Struktur Penyajian

Struktur sajian karya ilmiah memiliki aturan yang sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup.

Pada bagian awal merupakan pengantar ke bagian inti, sedangkan inti merupakan sajian gagasan pokok yang ingin disampaikan yang dapat terdiri dari beberapa bab atau subtopik.

Untuk bagian penutup merupakan kesimpulan pokok pembahasan serta rekomendasi penulis tentang tindak lanjut gagasan tersebut.

Komponen dan Substansi

Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya, namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka. Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal mempersyaratkan adanya abstrak.

Sikap Penulis

Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah objektif, yang disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua.

Bahasa Penulisan

Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata / istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.

Demikianlah mengenai Pengertian, Tujuan, Jenis dan Ciri-ciri Karya Ilmiah. Semoga dapat menambah wawasan mengenai karya ilmiah. Dan tentunya semoga anak-anak muda Indonesia bisa lebih produktif dalam mengeluarkan karya tulis ilmiah.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar