--> Skip to main content

Kegunaan Senyawa Karbon Sesuai Jenisnya



Kegunaan senyawa karbon dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat luas dan sangat banyak kita jumpai bahkan dalam hal-hal kecil sekalipun. Berikut ini beberapa kegunaan senyawa karbon yang akan kita bagi berdasarkan jenis-jenisnya.

Kegunaan Senyawa Karbon Sesuai Jenisnya

Berikut kegunaan senyawa karbon yang dijelaskan sesuai jenisnya :

Metanol

Metanol juga merupakan senyawa karbon yang digunakan sebagai bahan pendingin anti beku, pelarut, bahan bakar dan sebagai bahan additif bagi etanol industri.

Etanol

Etanol adalah senyawa karbon yang banyak digunakan sebagai pelarut berbagai bahan-bahan kimia yang ditujukan untuk konsumsi dan kegunaan manusia.

Kloroform

Kloroform adalah senyawa karbon yang sering digunakan sebagai pelarut dalam farmasi industri dan untuk memproduksi pewarna dan pestisida.

Freon

Freon juga merupakan senyawa karbon yang sering kita kenal sebagai CFC yang digunakan sebagai zat pendingin pada lemari Es dan AC. Biasanya dari jenis CCl2F2 : Gas freon (freon–12)

Iodoform

Iodoform adalah senyawa karbon yang biasanya digunakan dalam bentuk serbuk, terutama untuk antiinfeksi lokal untuk menggumpalan dan mengurangi kecenderungan infeksidan luka

Formaldehida

Formaldehida juga merupakan adalah senyawa karbon yang dapat digunakan untuk membasmi sebagian besar bakteri, sehingga sering digunakan sebagai disinfektandan juga sebagai bahan pengawet.

Aseton

Aseton adalah senyawa karbon yang sangatlah efektif ketika digunakan sebagai cairan pembersih dalam mengatasi tinta permanen digunakan untuk mengencerkan resin kaca serat, membersihkan peralatan kaca gelas, dan melarutkan resin epoksi dan lem super sebelum mengeras.

Asam formiat

Asam Formiat juga merupakan senyawa karbon yang digunakan sebagai bahan koagulan untuk meng-koagulasi karet dari lateks. digunakan untuk menetralkan kapur (deliming) agar kulit menjadi lebih besar dan padat.

Asam asetat

Asam Asetat adalah senyawa karbon yang digunakan sebagai pelarut, pereaksi, katalis, dan pestisida. Asam asetat dapat digunakan dalam penyusunan cat, pernis, dan glasir, dan dalam perawatan medis, seperti misalnya dalam pengobatan sengatan ubur-ubur.


Etil asetat    

Etil Asetat juga merupakan senyawa karbon yang digunakan sebagai obat bius dan sebagai pelarut dalam skala besar.

Lilin

Lilin adalah senyawa karbon yang digunakan untuk melapisi suatu karya pahat agar tampak lebih mengkilat. lilin juga digunakan untuk bahan bakar lampu lilin.

Glikol

Glikol juga merupakan senyawa karbon yang sering digunakan sebagai zat anti beku pada radiator mesin mobil di daerah dengan iklim dingin dan bersalju.

MTBE

MTBE (metil tersier butyl eter) adalah senyawa karbon yang sering dicampurkan dalam bensin untuk menambah kandungan nilai oktan sehingga system pembakaran mesin lebih baik.

Poliester

Poliester atau Polyester termasuk senyawa karbon sering digunakan sebagai bahan untuk memproduksi kain. Bahkan sudah menjadi jenis kain polyester.

Demikan banyaknya penggunaan senyawa karbon dalam kehidupan manusia. Bahkan masih banyak jenis seyawa karbon yang dibuat dan diteliti untuk berbagai fungsi yang bermanfaat bagi manusia.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar