Skip to main content

Cara Memilih Printer yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Printer merupakan hardware yang digunakan untuk mencetak dokumen di kertas dari hasil pekerjaan di komputer. Printer digunakan terutama di kantor, sekolah dan percetakan.

Sebelumnya saya sudah pernah memposting Jenis-jenis printer dan cara kerjanya untuk memahami beberapa jenis printer yang ada di pasaran.

Mungkin banyak teman-teman yang masih bingung memilih printer terutama untuk dipakai pribadi, justru banyak yang keliru karena membeli printer yang melebihi kebutuhan sehingga terkesan boros uang.

Bagaimana cara memilih printer yang baik sesuai kebutuhan, coba simak tips berikut barangkali menjadi pertimbangan :

1. Tentukan tujuan membeli printer untuk mengetahui jenis printer yang dibutuhkan

Pertama sebelum membeli printer adalah untuk keperluan apa membeli printer, apakah kamu seorang siswa, mahasiswa atau untuk kebutuhan kantor dll ?

Jika kamu seorang siswa atau mahasiswa non teknik, yang menggunakan printer untuk sekedar mencetak dokumen atau tulisan hitam putih, pilih saja printer biasa (sistem ink jet/tinta) dengan merek seperti HP atau Canon yang berukuran A4 sehingga harganya lebih terjangkau.

Jika kamu seorang mahasiswa Teknik khususnya Arsitek atau desainer grafis, kamu perlu membeli printer A3 untuk mencetak tugas-tugasmu yang berupa gambar kerja dan gambar presentasi berwarna. Untuk hasil yang bagus dan cepat pilihlah printer laser.

Jika memilih printer untuk keperluan administrasi kantor, cukup pakai printer tinta yang memiliki tinta eksternal bawaan, bukan modifikasi toko sehingga tinta tidak cepat habis saat mencetak banyak dokumen.

2. Ukuran, spesifikasi dan fitur yang perlu ada dalam printermu

Jika memang tidak pernah atau jarang sekali mencetak dokumen A3, jangan membeli printer A3, karena harganya bisa 3 kali lipat printer A4 dan itu sangat boros.

Pilih spesifikasi yang sesuai kebutuhan, jika jarang mencetak dokumen berwarna, ada baiknya kamu menggunakan printer dot matrik dengan karbon sehingga sangat hemat, meskipun hasilnya mirip dengan fotocopy.

Jika kamu membeli printer untuk keperluan kantormu, ada bagusnya kamu membeli printer dengan scanner, itu penting untuk mencetak berulang daripada harus membayar fotocopy yang memakan waktu dan uang lagi.

3. Brand dan harga printer yang ada di pasaran

Ada banyak brand printer yang beredar di Indonesia. Kejelian dalam memilih adalah hal penting sebelum memutuskan untuk membeli.

Printer yang murah meriah dengan merek seperti HP bisa kamu pertimbangkan jika budgetmu pas-pasan dan jarang mencetak banyak. Jika kamu seorang siswa, pilihlah printer ini dengan catatan perawatannya harus baik.

Printer dengan kualitas medium dan harga yang masih masuk akal seperti merek Canon bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa dan kantor kecil. Dengan catatan jangan memodifikasi untuk menambah tinta eksternal karena membuat printer cepat rusak.

Untuk kebutuhan yang sangat profesional, bisa memilih merek Epson dengan harga yang profesional juga. Epson dikenal awet dan tahan banting untuk mencetak banyak lembar. Apalagi untuk seri yang sudah ada tinta eksternal bawaannya, semakin memanjakan saat isi ulang.

4. Perawatan printer, isi ulang tinta dan pembersihan

Sekali lagi, printer termasuk barang yang agak cepat rusak bila tidak digunakan dengan baik. Terutama bagian cartridge yang sensitif dan tidak boleh disentuh sembarangan saat isi ulang. Gunakan tinta asli pabrikan bila perlu agar printer awet.

Bila ingin perawatan mudah, gunakan saja printer laser. Hasil cetaknya jauh lebih bagus dan halus namun harganya juga relatif lebih mahal, termasuk biaya perbaikannya.

5. Harga jual kembali

Banyak teman-teman yang membeli printer untuk sementara saja, misalnya pas lagi kuliah saja. Sehingga saat selesai, mungkin printernya akan dijual kembali. Merek Canon dan Epson memiliki harga jual yang cukup baik dibanding HP dan Brother. Namun harga jual printer rata-rata hanya sepertiga dari harga printer baru.

Nah itu dulu penjelasan mengenai Cara Memilih Printer yang Tepat Sesuai Kebutuhan, jangan lupa untuk share tips ini untuk teman-temanmu yang sedang ingin membeli printer. Terima kasih.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar