Skip to main content

Cara Cepat Melacak Nomor Polisi Kendaraan Bermotor


Layanan cek identitas kendaraan bermotor melalui nomor polisi secara online atau sms memang sudah lama dan bukan berita baru, namun kebanyakan dari mereka yang memiliki kendaran bermotor tidak tahu.

Hal ini dirasa sangat perlu untuk diketahui, karena suatu saat bisa jadi anda akan sangat membutuhkan informasi terkait Nomor polisi sebuah kendaraan. Berikut akan dibahas cara yang bisa anda gunakan untuk cek nomor kendaraan.

Plat nomor adalah salah satu bukti keaslian terkait kepemilikan sebuah kendaraan bermotor. Setiap kendaraan bermotor baik di Indonesia maupun negara lain memiliki nomor unik tersendiri yang memiliki arti indentitas dan kelegalan sebuah kendaran bermotor beroperasi di jalan raya.

1. Mengecek STNK atau BPKB melalui Website


Melalui informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, pengecekan nopol kendaraan bermotor melalui website di Indonesia untuk sementara ini baru tersedia di beberapa daerah tertentu dan akan terus berkembang. Bila anda mengetahui informasi terkait untuk wilayah lain silahkan untuk menginformasikannya lewat komentar di bawah ini. Berikut alamat website e-samsat yang untuk melakukan pengecekan nopol kendanraan.

Daftar Website :

DKI Jakarta http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB/INFO_PKB
Jawa Barat http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
Banten http://dppkd.bantenprov.go.id/
Yogyakarta http://infonjkbdiy.com/
Jawa Tengah http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Jawa Timur http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas
Jambi http://cektagihan.pinsev.com/2013/02/samsat-jambi.html
Medan http://www.sms1717.net/informasi-stnk.html
Aceh http://www.esamsataceh.com/

BACA JUGA : CARA MENCARI SKCK ONLINE

2. Mengecek STNK atau BPKB melalui SMS



Selain bisa pengecekan secara online, anda juga dapat melakukan pengecekan plat nomor melalui sms. Selain juga lebih mudah, anda juga mendapatkan keutuntungan yang lebih tentang keterangan kendaraan, mulai dari merk, jenis, warna, warna dan tahun. Untuk melakukan pengecekan STNK via sms tidak semua wilayah sama, kareana setiap wilayah memiliki kode yang berbeda. Berikut beberapa kode wilayah yang saya temukan.

Wilayah DKI Jakarta (Polda Metro Jaya)

SMS dengan format berikut :
METRO <spasi> Nopol
Contoh: METRO B1244PUT
Lalu kirim ke 1717

Wilayah Provinsi Jawa Barat

SMS dengan format berikut :
poldajbr <spasi> Nopol
contoh: poldajbr D4555JK
Lalu kirim ke 3977

Wilayah Provinsi Jawa Tengah

SMS dengan format berikut :
JATENG <spasi> Nopol
contoh: JATENG AD4785KD
Lalu kirim ke 9600

Wilayah Provinsi Jawa Timur

SMS dengan format berikut :
JATIM <spasi> Nopol
contoh: JATIM L2242DS
Lalu kirim ke 7070

Dengan praktisnya jaman sekarang, kita gak akan lagi kesulitan dalam mengecek nomor polisi. Apalagi layanan cek nopo online sudah memberikan segudang info mengenai STNK seperti cara perpanjang STNK, syarat perpanjang STNK, dan apa yang harus kamu lakukan apabila STNK kamu hilang. Semoga kita semua tidak lagi ditilang bapak polisi dan aman dari sidang lalu lintas ya!

Sebagai warga yang baik, alangkah bagusnya kita mengikuti perkembangan teknologi yang sedang berkembang, terlebih untuk kebutuhan dan kepentingan bersama. Cara diatas bisa anda gunakan untuk melakukan pelacakan kepemilikan kendaraan yang ingin anda beli, ketika terjadi tabrak lari, dan dapat meminimalkan terjadinya tindak kejahatan terkait kendaraan bermotor.

Gunakan cara yang menurut anda lebih mudah dan praktis juga yang sesuai kebutuhan. Namun untuk mendapatkan info data yang valid akan jauh lebih baik untuk langsung mengecek ke kantor samsat. itulah cara cek pajak kendaran bermotor berserta info pemiliknya yang juga dapat anda gunakan untuk melacak kepemilikannya. Terima kasih dan semoga dapat membantu pembaca.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar