Skip to main content

Bluetooth, Pengertian, Sejarah dan Perkembangannya


Bluetooth merupakan nama pasar untuk teknologi komunikasi wireless yang menggunakan gelombang frekuensi tinggi sebagai media perantaranya untuk mengirim dan menerima data.

Hampir semua perangkat komputer, laptop dan ponsel pintar serta perangkat portable lainnya hari ini sudah dilengkapi dengan teknologi bluetooth yang terbaru.

Mungkin masih banyak yang penasaran dengan teknologi yang satu ini, untuk itu disini TERKETIK.COM akan membahas mengenai pengertian bluetooth, sejarah bluetooth, perkembangan bluetooth dan kelebihan serta kekurangan bluetooth.

Pengertian Bluetooth

Bluetooth merupakan istilah yang mengacu pada teknologi komunikasi mengirim dan menerima data melalui gelombang radio dengan frekuensi tinggi yaitu 2.4 GHz dengan jarak maksimal sekitar 10 meter.

Bluetooth bisa menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara perangkat yang terpasang teknologi ini. Kita bisa bertukar foto, mengirim musik, kontrol jarak jauh dan sebagainya.

Sejarah Bluetooth

Pada mulanya, Bluetooth merupakan teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver. Awalnya Bluetooth dikembangkan di daerah Scania, Swedia.

Teknologi ini mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara langsu (real-time) antara host-host atau perangkat dengan bluetooth pada jarak jangkauan yang cukup dekat yakni sekitar 10 meter.

Asal Nama Bluetooth dan Logo Bluetooth

Istlah "bluetooth" yang kita kenal saat ini ternyata berasal dari nama seorang raja yang hidup di akhir abad sepuluh. Raja tersebut ialah Harald Blatand, di Inggris ia juga dijuluki Harald Bluetooth, hal ini karena ia dikenal dengan giginya yang berwarna gelap (biru).

Bluetooth ialah seorang raja Denmark yang telah berhasil menyatukan suku-suku yang sebelumnya berperang, termasuk suku dari wilayah yang sekarang bernama Norwegia dan Swedia. Bahkan wilayah Scania di Swedia, tempat teknologi bluetooth ini ditemukan juga merupakan salah satu daerah kekuasaannya.


Sementara desain logo bluetooth diambil dari penggabungan dua huruf Jerman yang analog dengan huruf H dan B (singkatan dari Harald Bluetooth), yaitu simbol H (Hagall) dan Runic letter B (Blatand) yang kemudian digabungkan.


Perkembangan Bluetooth

Bluetooth 1.0 diluncurkan pada bulan Juli 1999. Didukung oleh 5 perusahaan besar kala itu yakni Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG) yang meluncurkan proyek ini.

Sementara untuk Bluetooth versi 2.0 dikembangkan mulai tahun 1999 dengan didukung oleh perusahaan lain seperti 3Com, Lucent Technologies, Microsoft dan Motorola.

Hingga hari ini, ada lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang yang bergabung dalam sebuah konsorsium sebagai adopter teknologi bluetooth. Walaupun standar Bluetooth SIG saat ini ‘dimiliki’ oleh grup promotor atau pelopor, namun diharapkan kedepan akan menjadi sebuah standar IEEE (802.15).

Spesifikasi Teknologi Bluetooth

Bluetooth menggunakan ISM band, 2400 - 2483.5 MHz (mayoritas), untuk beberapa negara mempunyai batasan frekuensi sendiri, spasi kanal 1 MHz.

Demi keamanan komunikasi data, maka Bluetooth dirancang untuk memiliki fitur-fitur keamanan yang dapat digunakan secara aman. Baik dalam lingkungan bisnis profesional maupun rumah tangga secara personal. Adapun fasilitas yang disediakan bluetooth untuk keamanan adalah sebagai berikut :
  • Enkripsi data
  • Autentikasi pengguna
  • Lompatan frekuensi cepat (1600 hops/sec)
  • Kontrol pengeluaran energi

Dalam proses pairing, ada proses memasukan PIN atau kata kunci rahasia sehingga mengamankan perangkat dari peretasan menggunakan bluetooth.

Perangkat Bluetooth

Produk atau perangkat dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Untuk Laptop dan Ponsel pintar saat ini, sudah include terpasang dalam motherboard.

Sedangkan perangkat yang dapat dikombinasikan dengan Bluetooth diantaranya: Ponsel Pintar, kamera, DSLR,  personal computer (PC), printer, headset, Personal Digital Assistant (PDA), dan lainnya.

Jenis aplikasi atau software yang dapat digunakan dengan layanan bluetooth ini antara lain : PC to PC file transfer, PC to PC file synch ( notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan beberapa variasi lainnya.



Kelebihan Bluetooth

Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh teknologi Bluetooth ini antara lain :
  • Bluetooth bisa menembus tembok, atap, lantai, dan berbagai rintangan lain walaupun jarak transmisinya hanya sekitar 30 kaki atau 10 meter.
  • Bluetooth tidak memerlukan kabel ataupun kawat untuk mentransfer data.
  • Bluetooth dapat mensinkronisasi basis data dari ponsel ke komputer.
  • Dapat digunakan sebagai perantara modem.

Kekurangan Bluetooth

Bluetooth ternyata masih memiliki kelemahan sebagai berikut :
  • Sistem ini menggunakan frekuensi yang sama dengan gelombang LAN standar.
  • Apabila dalam suatu ruangan terlalu banyak koneksi Bluetooth yang digunakan, akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima yang diharapkan.
  • Banyak mekanisme keamanan Bluetooth yang harus diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman atau penerimaan informasi.
  • Bila tidak jeli menggunakan dan menjaga keamanan sandi, virus mudah masuk dan meretas pengguna ponsel dengan bluetooth

Kesimpulan

Bluetooth adalah istilah untuk teknologi komunikasi wireless dengan frekuensi tinggi (2.4 GHz) dalam jarak pendek (10 meter). Nama bluetooth terinspirasi dari Harald Blatand yang memiliki gigi gelap dan berjasa menyatukan suku-suku yang berperang. Bluetooth adalah teknologi wireless yang praktis, simpel namun masih berisiko dalam kemananan dan resiko radiasi gelombang.

Demikianlah mengenai bluetooth, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Bluetooth
http://www.bluair.pl/bluetooth-range
http://www.bluetooth.com/Bluetooth/SIG/
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar