Skip to main content

7 Sikap Ilmiah yang Perlu dimiliki oleh Pelajar dan Mahasiswa

Menulis karya ilmiah menjadi sesuatu yang wajib dalam menyelesaikan pendidikan pada jenjang tertentu. Misalnya saja di SMA/SMK kita membuat laporan atau makalah tentang suatu percobaan.

Sementara dalam perkuliahan nantinya kita akan ditugaskan untuk menyusun skripsi untuk menyelesaikan studi jenjang S1, tesis untuk jenjang S2 dan disertasi untuk jenjang S3 sebagai syarat kelulusan.

Untuk itu, dalam menempuh pendidikan kita perlu mengembangkan sikap ilmiah yang akan berguna saat menyusun karya ilmiah tersebut. Berikut adalah 7 Sikap Ilmiah yang Perlu dimiliki oleh Pelajar dan Mahasiswa :

1. Sikap ingin tahu

Sikap ingin tahu atau bisa disebut juga dengan sikap penasaran terhadap topik yang diajukan. Hal ini dapat diamati pada kebiasaan bertanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bidang keilmuan dan kajian topiknya.

Sikap keingintahuan sangat penting untuk dapat memotivasi diri mempelajari lebih banyak terhadap sesuatu. Dengan memiliki banyak wawasan akan lebih mudah dalam mencari judul dan mengumpulkan informasi.

2. Sikap kritis

Sikap kritis ini bisa dilihat dari kemampuan memilih dan memilah informasi yang ada pada berbagai sumber. Informasi yang diperoleh hendaknya perlu dibanding-bandingkan antara kelebihan maupun kekurangannya, kecocokan atau tidaknya, kebenaran atau tidaknya, dan sebagainya sehingga menghasilkan kesimpulan yang tepat.

3. Sikap obyektif

Sikap objektif ini terlihat pada saat menyatakan sesuatu apa adanya, sesuai fakta tanpa diikuti perasaan ataupun kepentingan pribadi yang bersifat subjektif.

Objektif artinya berorientasi pada objek yang dikaji maupun diteliti, tidak menambah atau mengurangi hasil. Baik ataupun buruk faktanya harus disajikan demikian.

4. Sikap ingin menemukan

Selalu memberikan saran-saran untuk eksperimen baru. Kebiasaan menggunakan eksperimen-eksperimen dengan cara yang baik dan konstruktif. Selalu memberikan konsultasi yang baru dari pengamatan yang dilakukannya.

5. Sikap menghargai karya orang lain

Hak kekayaan intelektual yang dimiliki orang lain harus dihormati. Dalam karya ilmiah wajib menyebutkan sumber secara jelas mengenai pernyataan atau pendapat yang disampaikan, atau pernyataan dan pendapat tersebut memang berasal dari pernyataan atau pendapat orang lain.

6. Sikap tekun

Sikap tekun ini diperlukan untuk menghasilkan kesimpulan yang tepat. Jangan pernah bosan mengadakan penyelidikan, bersedia mengulangi eksperimen yang hasilnya meragukan, tidak akan berhenti melakukan kegiatan-kegiatan apabila belum selesai. Terhadap hal-hal yang ingin diketahuinya ia berusaha bekerja dengan teliti.

7. Sikap terbuka

Sikap terbuka ini ditunjukan dengan bersedia mendengarkan pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain, walaupun pada akhirnya pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain tersebut tidak diterima karena tidak sepaham atau tidak sesuai.

Demikianlah mengenai 7 Sikap Ilmiah yang Perlu dimiliki oleh Pelajar dan Mahasiswa. Semoga dengam memiliki sikap ilmiah, pelajar dan mahasiswa lebih mudah dalam menyelesaikan studi mereka dan cepat lulus.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar