Skip to main content

Manfaat Mudik Secara Ekonomi

Mudik merupakan ritual pulang kampung terbesar se Asia Tenggara yang sudah dilakukan turun temurun oleh masyarakat di Indonesia dalam berbagai hari raya besar keagamaan.

Mudik memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dalam berbagai bidang. Hal utama yang dicari masyarakat adalah berkumpul kembali setelah sekian lama berpisah karena kesibukan dan tuntutan pekerjaan.

Mudik ternyata juga memberikan manfaat yang signifikan bagi perekonomian di Indonesia secara makro. Berikut ini merupakan manfaat mudik dari segi ekonomi di Indonesia.

1. Distribusi Uang dari Kota ke Desa


Saat mudik, hal yang paling sering dilakukan masyarakat adalah membawa oleh oleh baik berupa barang mentah maupun barang jadi yang nantinya akan dibagikan kepada sanak keluarga di kampung halaman.

Tidak hanya barang saja yang dibawa, tetapi juga oleh oleh berupa uang cash yang diberikan kepada sanak saudara maupun kerabat dekat dalam rangka silahturahmi.

Membawa oleh oleh dari kota ke desa baik dalam bentuk barang maupun uang artinya ada perpindahan arus ekonomi yang tertuju dari area pusat ekonomi ke daerah pinggiran.

Jika dilakukan oleh sedikit orang mungkin tidak akan ada artinya, namun ketika dilakukan secara masal dengan jumlah masyarakat yang berjuta jiwa tentu akan memberikan pengaruh yang signifikan.

Dengan demikian terjadi pemerataan ekonomi dan pemerataan jumlah uang yang dibawa oleh masyarakat secara masal yang akan berpengaruh terhadap kondisi ekonomi secara global.

2. Peningkatan Infrastruktur dan Sistem Transportasi


Masalah yang paling sering terjadi saat mudik adalah pada infrastruktur yang akan digunakan oleh pemudik yang ingin pulang menemui sanak keluarganya.

Dengan memiliki tradisi mudik ini masyarakat tentu menuntut adanya infrastruktur yang baik untuk mereka gunakan. Tuntutan ini mendorong pemerintah Indonesia untuk terus melakukan peningkatan infrastruktur dari waktu ke waktu.

Terbukti banyak jalan tol dibangun, banyak pelabuhan dan bandara yang disiagakan untuk mendukung kelancaran aktivitas mudik yang dilakukan masyarakat di Indonesia.

3. Mendorong Konsumsi


Hal lain yang pasti terjadi saat mudik adalah peningkatan konsumsi baik berupa barang maupun jasa secara signifikan dan masal.

Dalam rangka mudik pastinya banyak hal yang dipersiapkan oleh masyarakat terutama barang barang yang akan dibawa ke kampung halaman. Barang tersebut tentunya sebagian besar adalah barang konsumsi.

Selain itu konsumsi jasa juga meningkat saat mudik. Misalnya jasa perbaikan kendaraan, jasa penyewaan kendaraan, jasa pengiriman barang dan lain lainnya.

Secara umum akan meningkatkan dan mendorong konsumsi masyarakat. Dengan konsumsi yang meningkat membuat percepatan pada peredarab arus uang dan barang yang akan membuat ekonomi bergairah secara makro.

Demikianlah manfaat mudik bagi perekonomian Indonesia secara makro.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar