Skip to main content

15 Istilah Dalam Internet yang Harus Diketahui

Internet adalah jaringan komputer global yang memungkinkan jutaan perangkat komputer di seluruh dunia saling terhubung satu sama lain. Perangkat tersebut tidak hanya komputer desktop, tetapi juga laptop, smartphone, tablet, GPS unit, konsol video game dan perangkat lainnya yang memiliki koneksi internet.

Kata WWW atau World Wide Web yang dalam bahasa Indonesianya berarti “Jaringan Dunia yang Luas” adalah istilah lain untuk dunia maya, tempat semua konten digital diunggah untuk bisa dinikmati oleh banyak orang.

Untuk para pemula, mungkin akan sedikit kebingungan mendengar beberapa istilah di Internet. Mari kita simak 15 istilah di internet yang paling sering muncul. Agar kita semakin paham dan tidak asal pakai.

1. Browser

Dalam bahasa indonesia disebut juga dengan perambah. Browser merupakan aplikasi dalam sebuah perangkat yang digunakan untuk menjelajah dunia maya atau www.
Browser dibedakan menurut generasinya. Jika browser terlalu lama tidak update, kemungkinan tidak akan bisa mengakses situs terbaru.

2. Web page

Web page adalah halaman website yang menampilkan berbagai informasi yang ditunjukkan kepada pengguna. Saat ini sebuah web page tidak hanya menampilkan teks dan gambar, tetapi juga video dan aplikasi yang interaktif.

3. URL

URL Merupakan singkatan dari Uniform Resource Locators yang menjadi alamat untuk sebuah website atau file-file di Internet. Dengan adanya url, kita bisa menandai halaman tertentu dalam browser. Url adalah alamat tunggal untuk sebuah situs yang bisa disebarkan, dan dibagikan seperti sebuah nomor telepon. contoh url misalnya :
http://www.examplewebsite.com/mypage

4. HTTP dan HTTPS

HTTP adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol yang merupakan strandar komunikasi data yang ada dalam sebuah halaman web. Dengan HTTP berfungsi untuk memastikan konten berupa teks, gambar dan link bisa berfungsi dengan baik.

Sementara HTTPS merupakan singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure yang artinya HTTP yang lebih aman karena menggunakan enskripsi untuk beberapa data penting seperti password dan alamat pengguna sehingga tidak mudah dilacak orang.

5. Email

Email adalah singkatan dari electronic mail atau dalam bahasa indonesia disebut surat elektronik. Dengan menggunakan email kita juga bisa mengirim gambar dan file lainnya secara instan. Email kemudian berkembang menjadi messenger dan chatting.

6. Spam

secara sederhana merupakan kegiatan berulang yang dilakukan terlalu sering dan berlebihan dan dapat mengakibatkan kecurigaan oleh server.
Misalnya mengirim email berulang terus menerus dengan isi yang sama. Penyedia email biasanya menyaring pesan yang dianggap spam.

7. Sosial Media

Sosial media atau media sosial merupakan jaringan website dan aplikasi yang menyediakan fitur komunikasi interaktif antar pengguna internet. Media sosial yang sekarang telah berkembang dengan tambahan fitur multimedia yang canggih. Contohnya seperti facebook, twitter, instagram, telegram dll.

8. E-Commerce

E-commerce adalah jaringan internet tempat melakukan kegiatan jual beli secara online. Pengguna tidak hanya bisa membeli barang tetapi juga jasa. E-commerce berkembang pesat dan mulai menggeser sistem jual beli konvensional.

9. Download/Upload

Download atau unduh adalah kegiatan mengambil file di sebuah situs internet untuk disimpan di komputer dan dapat digunakan secara offline.
Sementara upload atau unggah adalah kegiatan mengirim file ke sebuah situs internet untuk kepentingan tertentu seperti untuk foto profil di media sosial.

10. Cloud Storage

Cloud storage, merupakan kegiatan menyimpan file otomatis secara online. Dengan fitur ini, pengguna memiliki file cadangan secara online. Bisa diakses oleh perangkat maupun pengguna lainnya.

11. Virus, Malware, Trojan

Virus, malware, trojan dan beberapa istilah lainnya yang sejenis merupakan aplikasi parasit yang ada dalam sistem komputer. Biasanya identik dengan tujuan negatif, mulai dari mencuri data pengguna hingga merusak komputer target. Aplikasi tersebut bisa berjalan, menggandakan diri serta menyebar secara otomatis melalui jaringan.

12. Phising

Phising merupakan suatu cara untuk melakukan penipuan di dunia maya dengan mengelabui target untuk mencuri akun target. Istilah ini berasal dari kata “fishing” = “memancing” korban untuk terperangkap dijebakannya. Phising bisa dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk maksud tertentu.

13. Blog

Blog, ada juga yang menyebutkan web log, merupakan website yang konten atau isi maupun tampilannya bisa dimodifikasi oleh orang lain yang mendaftar pada blog tersebut. Blog juga disebut website pribadi, seperti sebuah buku harian online.

14. Streaming

Streamming adalah kegiatan menonton video atau film dari sebuah situs website tanpa mendownload video tersebut ke komputer. Sementara live streaming adalah kegiatan menonton siaran langsung yang terjadi saat itu juga.

15. Search Engine

Search engine adalah website yang berfungsi untuk melakukan pencarian terhadap situs lainnya sesuai dengan topik atau kata kunci yang diinginkan pengguna.

Demikianlah 15 istilah penting yang perlu diketahui dalam menggunakan internet dan berbagai fiturnya. Semoga menambah wawasan kita semua.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar