Skip to main content

Pengertian dan Sejarah Singkat Olahraga Bola Voli Hingga ke Indonesia

Pengertian Olahraga Bola Voli


Bola Voli atau Volley Ball merupakan sebuah olahraga mengolah bola yang menggunakan tangan sebagai alat memukul.  Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari enam (6) orang pemain di lapangan yang dipidahkan oleh jaring melintang.

Setiap tim berusaha memukul dan melemparkan bola ke daerah lawan dalam batas kotak yang telah ditentukan. Jika berhasil menjatuhakn bola di dalam area lawan, maka tim tersebut memperolah poin.

Jumlah poin terus dikumpulkan hingga salah satu tim mencapai 21 poin terlebih dahulu dan dinyatakan sebagai pemenang pertandingan. Dengan demikian, batasan waktu tidak ditentukan dalam permainan ini.

Cabang olahraga bola voli ini dinaungi oleh induk organisasi bola voli internasional yang bernama FIVB (Federation Internationale de Volleyball). Untuk di Indonesia sendiri, yang menaungi cabang olahraga bola voli ini adalah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Sejarah Singkat Permainan Bola Voli


Berikut ini akan dipaparkan mengenai sejarah singkat olahraga bola voli yang diurutkan berdasarkan tahun-tahun penting dalam olahraga bola voli.

Tahun 1895 : Ditemukannya Olahraga Bola Voli

Cabang olahraga ini ditemukan pertama kali oleh William G. Morgan di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat pada tanggal 9 Februari 1895. Beliau adalah seorang instruktur pendidikan jasmani atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Director of Phycal Education di YMCA.

YMCA adalah singkatan dari Young Men’s Cristian Association. Yaitu sebuah organisasi yang didirikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran utama umat Agama Kristen kepada para pemuda di sana.

Tahun 1896 : Mintonette berubah nama menjadi Volleyball (Bola Voli)

Tapi pada saat itu olahraga ini awalnya bukan disebut dengan nama bola voli, melainkan diberi nama olahraga Mintonette. Barulah di tahun 1896, olahraga Mintonette ini berubah nama menjadi volleyball atau bola voli. Hal ini dilakukan dalam demonstrasi pertandingannya yang pertama kali diadakan di YMCA Training School.

Tahun 1916 : Teknik dan Peraturan Baru

Di tahun 1916, penggunaan teknik spike atau smash mulai diperkenalkan. Dan 4 tahun kemudian, di tahun 1920, diciptakanlah peraturan 3 kali sentuhan dan skor akhir berubah dari yang awalnya 15 poin, menjadi 21 poin.

Tahun 1900 : Merambah ke Mancanegara

Pada tahun 1900, permainan bola voli mulai merambat ke negara lain selain Amerika, yaitu Kanada.
Hingga pada akhirnya, setelah meluas ke berbagai negara, pada tahun 1947 dibentuklah Federasi Internasional Bola Voli, atau Federation Internationale de Volleyball (FIVB).

Tahun 1949 : Kejuaraan Bola Voli Dunia Pertama

Dan untuk pertama kalinya, kejuaraan bola voli dunia diselenggarakan 2 tahun setelahnya, yaitu pada tahun 1949. Inilah awal tonggak olahraga bola voli menjadi salah satu olahraga terfavorit di dunia hingga saat ini.

Tahun 1928 : Bola Voli Masuk ke Indonesia

Permainan bola voli masuk ke Indonesia pada zaman penjajahan Belanda, tahun 1928. Namun, pada waktu itu, bola voli hanya dimainkan oleh orang-orang Belanda dan para bangsawan. Karena pada saat itu, untuk mengembangkan olahraga (termasuk olahraga bola voli) di Indonesia, guru-guru pendidikan jasmani didatangkan dari Belanda.

Tahun 1955 : Pembentukan PBVSI

Dengan adanya fenomena inilah, akhirnya pada tanggal 22 Januari 1955, didirikanlah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) di Jakarta. Bersamaan dengan itu, diadakan juga kejuaraan bola voli nasional yang pertama kalinya.

Tahun 1962 : Dipertandingkan Secara Resmi di Indonesia

Perkembangan permainan bola voli semakin melambung di Indonesia ketika menjelang diadakannya Asian Games IV di tahun 1962 dan dilanjutkan dengan Ganefo I di tahun berikutnya, yaitu tahun 1963. Hal ini berlaku untuk semua kategori, baik pria maupun wanita.

Bulan Oktober tahun 1951, permainan bola voli mulai dipertandingkan dalam acara resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) II di Jakarta. Dan hingga saat ini olahraga ini menjadi olahraga yang akrab dengan masyarakat Indonesia.

Demikianlah mengenai pengertian dan Sejarah Singkat Bola Voli Hingga ke Indonesia. Semoga bermanfaat.


Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar