Skip to main content

Mendeteksi Ciri-ciri Kehamilan Sejak Sepekan Pertama

Mengenai ciri-ciri kehamilan ada banyak fakta dan mitos yang beredar di masyarakat. Tetapi yang manakah ciri-ciri orang hamil yang benar ? dan ciri-ciri seperti apa yang sanggup kita jadikan patokan buat acuan untuk mengetahui kehamilan wanita.

Apalagi kalau kehamilan itu telah berumur 1 pekan atau lebih, pastinya hal ini segera disadari supaya kita mampu melakukan pemberian nutrisi yang baik bagi sang buah hati nantinya.

Bagaimanakah ciri-ciri seseorang yang sedang hamil ? apakah bisa dideteksi sejak awal pekan ? Berikut akan dijelaskan mengenai pertanda yang bisa dijadikan acuan dalam mendeteksi kehamilan.

Ciri-ciri orang hamil sekarang kita bedakan menjadi ciri fisik dan ciri non fisik (psikis). Simak penjelasannya sebagai berikut :

A. Ciri-ciri Kehamilan Berdasarkan Fisik

Dari fisik pastinya bisa diketahui orang hamil atau tidak, terutama perut. Tetapi kalau baru seminggu biasanya perut belum besar, berikut tanda awal kehamilan secara fisik :

1. Munculnya pendarahan atau bercak darah.

Pada pekan awal periode kehamilan seseorang wanita akan mengalami sebuah pendarahan implantasi yang dikenal sebagai implantation bleeding.

Faktor ini muncul sebab adanya proses implantasi atau penempelan calon janin pada dinding rahim seorang wanita dan tanda-tanda penempelan calon janin di dinding rahim bisa dilihat dari munculnya pendarahan atau bercak darah seperti saat menstruasi dalam jumlah yang lebih sedikit.

2. Telat menstruasi

Terlambatnya proses menstruasi merupakan ciri-ciri yang cukup umum menendakan orang hamil. Hal ini dikarenakan orang yang hamil akan mengalami pembuahan dalam sel ovariumnya. Sehingga akan menghambat terjadinya haid atau menstruasi yang akan mengizinkan terjadinya proses kehamilan.

3. Sering mengalami kram perut atau sakit perut.

Kram perut terjadi dikarenakan adanya penempelan calon janin pada dinding rahim, kejadian ini sama dgn munculnya pendarahan atau bercak darah.

4. Sering merasa mual-mual dan muntah.

Ciri-ciri orang hamil yang satu ini mungkin akan ditemukan sepanjang hari saat wanita mulai masuk dalam tahap kehamilan. Hal ini cukup wajar mengingat dalam tubuh wanita ada banyak hormon yang mulai aktif.

5. Perubahan payudara

Minggu awal pada tahap kehamilan seseorang wanita akan merasakan perubahan ukuran pada payudaranya di mana dapat terasa lebih besar ukurannya dibanding diawal mulanya dan mempunyai sensitifitas yang lebih tinggi.

Untuk sekian banyak kasus, wanita akan merasa gatal-gatal pada bagian payudara dan puting yang tampak membengkak. Perbesaran payudara ini berlangsung sebab meningkatnya hormon didalam badan seorang wanita.

6. Sering buang air kecil

Jika seorang wanita sedang hamil dan janin yang ada dalam rahim tersebut akan berharap lokasi yang baik untuk tumbuh didalamnya. Hal ini yang mengakibatkan tertekannya kandung kemih pada rahim dan mengakibatkan wanita sering ingin buang air kecil.

Hal ini dapat terjadi hingga melintasi 1 pekan masa kehamilan dan biasanya akan berhenti apabila telah menginjak pekan ke-12 dan kepada kisaran pekan ke-28 perut akan mulai membesar.

B. Ciri Kehamilan Non Fisik

Selain ciri fisik, secara psikis wanita juga akan mengalami perubahan saat hamil, tanda-tandanya bisa dilihat sebagai berikut :

1. Senantiasa mengidam

Munculnya perilaku pada wanita yang senantiasa mengharapkan hal yang terduga dan merasa menyukai beberapa hal tertentu termasuk juga ciri-ciri orang hamil.

Mengidam terjadi dikarenakan terjadinya perubahan hormon di saat kehamilan, kebanyakan terjadi pada pekan perdana hingga 9 bulan berikutnya.

2. Sensitif terhadap bau

Ciri-ciri orang hamil lainnya yaitu akan mengalami peningkatan penciuman pada apapun yang berbau tak sedap bahkan mungkin bisa memutar balikkan bau kesukaannya di mana yang dulunya tak senang bawang nyata-nyatanya berbalik suka bawang. Sebaliknya pula demikian.

3. Moody dan cepat mengantuk

Ciri-ciri orang hamil yang satu ini terjadi lantaran tenaga wanita terpusat dalam perutnya dan mengalami pengurangan tenaga maka menyebabkan wanita hamil tidak jarang mengantuk untuk memulihkan energinya.

4. Sering stres dan gelisah

Munculnya rasa stres dan gelisah kepada seorang wanita dengan cara tetap menerus bisa saja dapat dijadikan acuan buat mengetahui ciri-ciri orang hamil muda.

Namun dalam perekmbangan ilmu pengetahuan, Cara medis lebih akurat dalam mengetahui seseorang wanita sedang hamil di bandingkan cara non medis. Hanya saja cara medis membutuhkan budget yang lebih di bandingkan cara non medis lantaran harus melaksanakan tes kehamilan yang menguji urin seorang wanita.

Jika urin tersebut mengandung plasenta maka bisa dinyatakan positif hamil seperti yang ditunjukkan pada tes indikator 2 garis jika hamil dan negatif atau tak hamil jikalau muncul 1 garis.

Demikian mengenai cara mendeteksi kehamilan sejak pekan pertama, semoga bermanfaat bagi kita semua terutama bagi calon ayah dan calon ibu.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar