Skip to main content

Kerja Sampingan untuk Berbagai Macam Hobi dan Keahlian

Tidak semua orang bisa mendapatkan tempat kerja yang memberikan pendapatan yang cukup untuk semua keperluannya. Atau bisa juga dikatakan tidak semua orang merasa cukup dengan penghasilan yang diterimanya di tempat kerja.

Jika kamu merasa salah satunya, maka ada baiknya jika kamu mencoba yang namanya kerja sampingan yang bisa meningkatkan pendapatanmu sesuai dengan hobi atau keahlian atau bakat yang kamu miliki sejak lahir.

Kamu tak perlu cemas akan dipecat dari tempat kerja jika bisa melakukan kerja sampingan di waktu senggang secara optimal. Lalu apa saja hobi atau keahlian yang bisa menghasilkan uang ? Mari kita simak.

Keahlian mengajar

Kerja sampingan ini sepertinya sangat cocok untuk mereka yang berprofesi sebagai guru atau tenaga pengajar. Membuka les privat atau les panggilan bisa jadi solusi untuk menambah pendapatan kamu.

Mengajar terutama bidang ilmu dan materi yang cukup sulit di sekolah, sehingga siswa perlu waktu tambahan untuk dapat mengerti. Yang terpenting adalah bisa membuat siswa bersemangat dan menyenangi pelajaran tersebut.

Pendapatan dari les privat ini bervariasi dan biasanya dihitung per jam. Untuk kota besar dengan sekolah yang bersaing ketat, harga les privat bisa mencapai 50-100 ribu per jam.

Hobi menulis

Menulis adalah kemampuan dasar yang dimiliki manusia milenial. Namun tak semua orang hobi dan gemar menulis dan tak banyak juga yang memiliki bakat dan kemampuan menulis yang baik.

Bagi kamu yang hobi menulis bisa meluangkan waktu senggang kerja sampingan dengan menulis. Alat yang dibutuhkan mungkin hanya sebuah laptop dengan spek rendah.

Tulisan bisa dikirim ke majalah, koran, blog dan website. Tulisan yang baik bisa dihargai cukup mahal. Situs web listverse.com pernah mengumumkan pencarian artikel yang dihargai USD 100 per artikel. Wow, fantastis.

Keahlian menjual

Untuk yang tidak terlalu fokus dalam bidang akademis, tetapi hobi dalam jual beli, mungkin hal ini bisa dicoba untuk menambah pendapatan kamu.

Berjualan tak perlu lapak, tak perlu membuat produk sendiri dan tak perlu modal banyak. Cukup beli 1-2 barang, lalu tawarkan kepada orang lain dengan kemampuanmu. Hal ini juga bisa dilakukan pada teman-teman di tempat kerja dan teman-teman di sosial media atau jualan secara online.

Jika kamu memang menyukai hal ini dan menekuninya, tak jarang usahamu akan berkembang bahkan melebihi gajimu di tempat kerja.

Hobi bersosial media

Jika kamu termasuk generasi sosialita yang tidak pernah lepas dan selalu eksis di dunia maya, kenapa tidak mencoba menggunakannya untuk menghasilkan uang.

Lalu bagaimana caranya ? Yang terpenting dalam sosial media adalah jumlah followers atau likers. Kamu yang eksis bisa membantu mengiklankan berbagai produk atau istilah kerennya “endorse”

Harga endorse bervariasi, bahkan akun terkenal seperti dagelan, meme comic dan lain-lainnya bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya dari hasil endorse.

Bahkan 1 posting iklan produk di akun terkenal bisa dihargai sampai 10 juta rupiah. Asalkan jangan menebar konten negatif dan ujaran kebencian, karena ada undang-undang ITE.

Hobi bernyanyi

Kamu merasa memiliki suara yang bagus? Mengapa tidak mencoba menjadi penyanyi kafe atau MC atau penyiar radio ? Hasilnya lumayan untuk mendapatkan uang tambahan.

Penyanyi kafe yang cukup ramai bisa mendapat uang 200 ribu hingga 1 juta rupiah untuk sekali manggung. Penyiar radio juga bisa dibayar 50-100 ribu per jam.

Keahlian Fotografi

Jika kamu memiliki hobi fotografi, kenapa tidak menggunakannya untuk mendapatkan uang tambahan. Hasilnya juga sangat lumayan untuk menaikan pendapatan bulanan.

Cara pertama adalah menjual foto hasil jepretanmu ke berbagai situs penyedia foto online. Harganya bervariasi dalam nilai USD. Tentu saja menyesuaikan dengan kualitas dan keunikan foto.

Cara kedua adalah menjadi fotografer dokumentasi untuk acara wedding/pernikahan, olahraga atau perhelatan resmi. Bayarannya sangat lumayan, mulai dari 100 ribu hingga jutaan rupiah.

Demikian berbagai tipe kerja sampingan sesuai dengan hobi dan keahlian masing-masing, semoga bermanfaat.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar