Skip to main content

Pengertian, Jenis, Tujuan dan Manfaat Olahraga

Pengertian Olahraga atau Definisi Olahraga

Kata Olahraga merupakan kata yang sudah menjadi kata sehari-hari dalam kehidupan kita. Hampir setiap hari bahkan setiap pagi dan sore kita selalu terpikirkan dengan olahraga. Lalu apakah sejatinya pengertian atau definisi olahraga itu ? mari kita simak pembahasan berikut ini.

Secara harfiah, kata olahraga dalam bahasa Indonesia mengandung kata dasar olah dan raga. Olah berarti suatu proses kegiatan, sementara raga berarti badan/tubuh kita. Jadi disimpulkan bahwa olahraga berarti suatu kegiatan bergerak atau menggerakan seluruh atau sebagian badan untuk tujuan kesehatan maupun hiburan.

Sementara dalam bahasa inggris, olahraga disebutkan sebagai sport, yang memiliki arti sebagai aktivitas yang melibatkan gerakan fisik maupun penggunaan skill/kemampuan, yang mana dilakukan oleh individu ataupun kelompok dengan tujuan untuk kompetisi, hiburan maupun kesehatan.

Kata Olahraga atau “Sport” datang dari bhs Perancis Kuno desport yang bermakna “kesenangan”, serta pengertian berbahasa Inggris tertua ditemukan seputar tahun  1300 Masehi, yakni “segala hal yang mengasyikkan serta menghibur untuk manusia.

Olahraga tak selalu identik dengan aktivitas fisik yang melelahkan dan beringat.  Olahraga seperti catur memiliki kadar gerak fisik yang sedikit, tetapi melatih otak dan strategiserta memberi hiburan.

Jenis Olahraga

Ada banyak sekali cabang olahraga yang ada diakui dan dipertandingkan secara internasional seperti sepak bola, volley, lari cepat, lompat jauh, lempar lembing. Sementara jenis olahraga lainnya mungkin tidak bertujuan untuk kompetisi, melainkan untuk hiburan dan kebugaran seperti aerobik, parkur, paralayang dan lainnya.

Olahraga ada yang menggunakan alat ada pula yang tidak. Olahraga yang tidak menggunakan alat misalnya lari, jogging, push up dan lain-lain. Olahraga yang menggunakan alat misalnya lempar lembing, balap sepeda, paralayang dan lain-lain.

Tujuan Olahraga

Setiap kegiatan pasti memiliki tujuan, begitu pula dengan olahraga yang dilakukan memiliki tujuan beragam mulai dari sekedar hobi, sekedar mencari keringat, ada yang ingin membantuk tubuh, menurunkan berat badan, mengisi waktu luang sampai ada yang berolahraga untuk mencapai prestasi bahkan ada yang berkarir dalam bidang olahraga seperti pemain sepak bola professional.
Jika dikelompokan, berikut adalah tujuan dari olahraga sebagai berikut :

  1. Olahraga untuk Pendidikan, digunakan dalam kurikulum pendidikan
  2. Olahraga untuk Rekreasi, digunakan untuk bersenang-senang, bergembira
  3. Olahraga untuk Prestasi, digunakan dalam kejuaraan, dilombakan
  4. Olahraga untuk Rehabilitasi, digunakan untuk memperbaiki keadaan tubuh seseorang yang pernah sakit

Manfaat Olahraga

Selain untuk tujuan tertentu, sejatinya olahraga secara umum memiliki manfaat yang sangat positif bagi seseorang yang malakukannya. Olahraga selain bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan, juga bermanfaat untuk mengurangi stress, meningkatkan percaya diri dan membantu seseorang lebih bersosialisasi.

Berikut adalah manfaat olahraga secara umum :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan berolahraga, kondisi kesehatan seseorang akan tetap terjaga sehingga sulit untuk sakit. Dengan berolahraga mengaktifkan berbagai fungsi tubuh yang berfungsi untuk menolak penyakit.

2. Memperlancar peredaran darah

Gerakan fisik yang dilakukan secara teratur dapat memperlancar aliran darah. Aliran darah yang lancar membuat fungsi tubuh tetap terjaga dari asupan nutrisi maupun oksigen sehingga tubuh tetap sehat.

3. Meningkatkan kinerja otak

Olahraga memerlukan konsentrasi dan kematangan mental. Olahraga bermanfaat untuk melatih fungsi otak sebagai pengendali gerak sadar, meningkatkan fungsi syaraf motorik sehingga gerak tubuh lebih lincah.

4. Mengurangi Stress

Stress adalah akibat dari tekanan pikiran hasil aktivitas sehari-hari yang cukup padat. Dengan berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon anti stress yang membuat badan dan pikiran segar kembali.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Orang yang rajin berolahraga biasanya memiliki rasa percaya diri yang lebih baik. Karena dalam berolahraga seseorang lebih terbiasa untuk bergerak dan mengekspresikan dirinya.


Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar