Skip to main content

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ideolgi Secara Harfiah

Kata ideologi, jika dilihat secara harfiah berasal dari kata 'idea' (bahasa inggris) yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita; dan kata 'logy' yang dalam bahasa Yunani adalah kata logos artinya ilmu atau pengetahuan.


Jadi secara harfiah, Pengertian Ideologi adalah pengetahuan mengenai gagasan-gagasan, pengetahuan mengenai ide-ide, science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar.

Istilah Ideologi telah digunakan dalam bahasa Inggris sejak akhir abad ke-18 dan merupakan salah satu dari beberapa kata yang dapat didefinisikan. Penulis Prancis A.L C. Destutt de Tracy mengusulkan ideologi sebagai istilah untuk menunjuk “ilmu gagasan,” dan dalam arti kata itu dengan cepat digunakan ke bahasa Inggris.

Saat ini, kata ideologi mengacu pada "suatu badan konsep yang sistematis," terutama untuk kelompok atau partai politik tertentu. Ideologi juga dapat melingkup pada suatu bangsa dan negara.

Pengertian Idelogi Menurut Para Ahli

beberapa Ahli berikut mendefinisikan arti kata Ideologi sesuai dengan bidang dan sudut pandang keilmuan mereka.

Alfian

Menurut definisi Alfian, pengertian ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

C.C. Rodee

Menurut pendapat C.C. Rodee yang menyatakan bahwa pengertian ideologi adalah sekumpulan yang secara logis berkaitan dan mengindentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.

Ali Syariati

Menurut Ali Syariati mengenai pendapat tentang pengertian ideologi yang mengatakan bahwa ideologi adalah sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras tertentu.

Dari hasil pendapat para ahli tersebut mengenai pengertian atau definisi ideologi, dapat kita simpulkan bahwa pengertian ideologi adalah kumpulan ide-ide, gagasan-gagasan, keyakinan-keyakinan, yang menyeluruh dan sistematis, yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar