Skip to main content

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli dan Dampaknya

Banyak orang mengatakan bahwa zaman sekarang adalah zaman globalisasi. Tapi apakah kita sudah paham pengertian globalisasi itu sendiri ? Mari kita simak bersama

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Jika dilihat secara harfiah, Kata Globalisasi berasal dari bahasa inggris yaitu Globalization, yaitu gabungan dari kata global yang berarti mendunia dan ization yang berarti proses.

Jadi Pengertian globalisasi secara umum menurut bahasanya sendiri yaitu suatu proses yang mendunia. Globalisasi dapat menjadikan suatu negara bahkan dunia seolah lebih kecil dan tanpa batas kenegaraan. Hal ini karena kemudahan komunikasi antarnegara, antarbenua dalam berbagai bidang seperti pertukaran informasi dan perdagangan secara online.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Internasional

Anthony Giddens mengatakan bahwa globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara kejadian yang terjadi dilokasi yang satu dengan yang lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.

Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan mengatakan bahwa globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

Martin Albrow mengatakan bahwa globalisasi adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.

Malcom Waters mengatakan bahwa globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.

E. Rothernberg mengatakan bahwa globalisasi merupakan percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.

Emanuel Ritcher mengatakan bahwa globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Indonesia

Achmad Suparman mengatakan bahwa globalisasi yaitu suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

Selo Soemardjan mengatakan bahwa globalisasi merupakan sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Globalisasi

Berikut adalah faktor-faktor yang mendorong percepatan globalisasi di seluruh dunia :
  1. Adanya perdamaian dunia secara keseluruhan meskipun belum semuanya, sehingga terbentuklah sistem yang memungkinkan komunikasi terbuka antar negara
  2. Teknologi komunikasi yang terus berkembang, berperan dalam mempermudah pertukaran informasi antar negara dan antar benua
  3. Teknologi transportasi yang semakin canggih, serta tersedianya akses kunjungan/pengiriman ke hampir semua negara
  4. Kerjasama ekonomi antar negara, sehingga memungkinkan transaksi barang dan jasa secara global

Dampak Globalisasi

Sebagaimana semua proses di dunia, pasti memiliki dampak positif dan dampak negatif, begitu juga dengan globalisasi. Berikut dijelaskan dampak globalisasi.

Dampak Positif Globalisasi

Berikut adalah dampak positif globalisasi yang hendaknya diambil manfaatnya :
  1. Informasi dari seluruh dunia tersedia dengan cepat dalam hitungan detik
  2. Semakin cepat dan mudahnya komunikasi dengan orang-orang antar negara
  3. Peningkatan mutu pada ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien
  4. Turisme dan pariwisata meningkat berkat informasi yang mudah disebar/didapat
  5. Kegiatan belajar lebih mudah karena Informasi dan ilmu pengetahuan mudah didapatkan
  6. Memacu meningkatkan kualitas diri karena persaingan global cukup sengit
  7. Kemudahan dalam transportasi maupun pengiriman barang

Dampak Negatif Globalisasi

Berikut adalah dampak positif globalisasi yang hendaknya dihindari kerugian :
  1. Pengaruh budaya global mengikis budaya lokal bahkan memusnahkan tradisi
  2. Munculnya persaingan tidak sehat secara global, banyak kecurangan untuk merugikan pihak lawan
  3. Negara yang kurang kuat bersaing akan semakin terpuruk
  4. Munculnya sikap individualisme, konsumtif, dan hilangnya rasa gotong royong
  5. Informasi yang terlalu bebas, banyak kabar bohong atau hoax
  6. Banjir produk impor yang menenggelamkan produk dalam negeri

Demikianlah mengenai globalisasi, kita sebagai bangsa yang berbudaya hendaknya bisa menyaring pengaruh negatif untuk memaksimalkan pengaruh positif globaliasi.

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar