Skip to main content

Pengertian / Definisi Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Secara Umum


Pengertian Manajemen jika dilihat dari akar katanya, merupakan kata serapan dari bahasa inggris yaitu management yang berakar pada kata “manage” yang memiliki arti memimpin, mengusahakan, mengendalikan, mengurus, serta mengelola.

Jika dilihat dari bidang ilmunya, pengertian manajemen secara ilmu dapat disebut sebagai bagian dari disiplin ilmu yang mengenalkan serta mengajarkan tentang proses untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan organisasi baik itu tujuan usaha bersama dengan orang secara pribadi ataupun sumber milik organisasi.

Manajemen juga merupakan sebuah seni dalam pergerakan, pengendalian, pengawasan, pengorganisasian, serta perencanaan. Disebut seni karena dalam prosesnya memerlukan suatu kemampuan khusus dan kepekaan yang tinggi.

Orang yang melaksanakan tugas manajemen disebut dengan manajer. Seringkali kita mendengar istilah manajer dalam berbagai perusahaan yang tugasnya adalah mengurus berbagai bidang dalam perusahaan tersebut.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli


1. Encylopedia of the Social Science

Menurut Encylopedia of the Social Science, dijelaskan bahwa Manajemen adalah proses yang dalam pelaksanaan tujuanya, direncanakan, dilaksanakan serta diawasi.

2. George.R.Terry

George.R.Terry mengemukakan pengertian manajemen adalah kerangka kerja atau proses yang didalamnya melibatkan pengarahan atau bimbingan dari sekelompok orang ke arah tujuan organisasional dengan maksud yang jelas dan telah ditentukan sebelumnya.

3. James A.F Stoner

James A.F Stoner  menjelaskan bahwa manajemen adalah suatu proses dari merencanakan, penggunaan sumber daya, dan pengorganisasian untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

4. Mary Parker Follet

Mary Parker Follet memandang manajemen sebagai sebuah seni. Setiap pekerjaan dapat dituntaskan oleh orang lain.

5. Luther Gulick

Pengertian manajemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang berupaya secara sistematis bertujuan untuk memahami bagaimana serta mengapa manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

6. Wilson Bangun

Manajemen adalah serangkaian berbagai aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh tiap anggota organisasi untuk meraih tujuan organisasi tersebut.

7. Koontz

Manajemen adalah suatu seni paling produktif yang pelaksanaannya didasarkan pada pemahaman mengenai ilmu yang mendasarinya.

8. Oey Liang Lee

Manajemen adalah seni perencanaan dan ilmu, pengorganisasian, penyusunan, pengendalian, dan pengarahan yang didasari dari sumber daya perusahaan itu sendiri untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Nah, dari berbagai pengertian di atas, bisa kita katakan bahwa definisi atau pengertian manajemen cukup luas dan mencakup berbagai bidang.

Namun bisa disimpulkan bahwa manajemen merupakan sebuah proses dalam pengaturan berbagai hal sebelum, saat berlangsung maupun setelah terjadinya hal tersebut.

Karena cakupannya yang luas, manajemen kemudian menjadi ilmu yang menurun pada bidang yang lebih spesifik seperti manajemen sumber daya manusia, manajemen operasional, manajemen pemasaran dan manajemen keuangan sesuai yang dibutuhkan.

Kemudian dalam melakukan manajemen, perlu kecerdasan dan cara-cara yang adaptif dalam mengatur berbagai hal, sehingga manajemen juga bisa dikatakan sebuah seni dalam mengatur berbagai hal.

Demikianlah mengenai manajemen, semoga bisa dimengerti dan bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

Artikel ini mengacu pada referensi berikut :
  • https://www.business.com/articles/management-theory-of-mary-parker-follett/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Luther_Gulick_(social_scientist)
  • https://en.wikipedia.org/wiki/James_A.F._Stoner
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar