Skip to main content

Memperingati Hari Down Syndrome Sedunia

Setiap tanggal 21 Maret, Dunia Internasional memperingati hari Down Syndrome sedunia. Lalu mengapa penting untuk mengingat down syndrome ? Apa sejatinya makna peringatan ini ?

Pada tanggal 21 Maret, berbagai organisasi dari seluruh penjuru dunia mengadakan serangkaian kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai down syndrome.

Acara ini pertama kali diadakan di Geneva pada tanggal 21 Maret 2006. Sejak saat itulah tanggal 21 Maret diperingati sebagai hari down syndrome secara Internasional.

Pengertian Down Syndrome

Down syndrome adalah gangguan yang bersifat genetik. Orang yang mengalaminya memiliki perbedaan kemampuan belajar dan ciri-ciri fisik tertentu.

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa down syndrome merupakan penyakit bahkan dianggap kutukan. Ini adalah sebuah kelainan genetik yang mungkin terjadi dan tidak dapat disembuhkan.

Masyarakat yang tidak tahu, akan menyisihkan anak-anak dengan down syndrome dari pergaulan dan menjauhinya. Akibatnya penderita down syndrome semakin terpuruk.

Padahal sejatinya anak-anak dengan down syndrome bisa dilatih dengan cara yang khusus agar mereka bisa menjalani hidup dengan kualitas yang lebih baik dan mandiri.

Penyebab Down Syndrome

Penyebab down syndrome adalah faktor gen. Kita mungkin saja menemui kesalahan kombinasi genetika diantara 10 miliar rangkaian genetika yang rumit.

Biasanya ada 46 kromosom dalam sel orang normal. Yang diperoleh masing-masing 23 dari ayah dan 23 dari ibu. Namun penderita down syndrome memiliki 47 kromosom dalam selnya.

Kromosom adalah serat-serat khusus yang terdapat di dalam setiap sel di dalam badan manusia di mana terdapat bahan bagan genetik yang menentukan sifat-sifat seseorang.

Kelainan ini bisa saja terjadi pada siapapun, tidak memandang ras, suku, agama maupun warna kulit seseorang. Ini merupakan resiko dari sebuah kombinasi genetik.

Arti Penting Hari Down Syndrome Sedunia

Namun terlepas dari apapun itu, orang dengan down syndrome juga bagian dari masyarakat yang memiliki hak yang sama untuk hidup layak di dunia ini.

Down syndrome juga bukan penyakit menular, jadi tidak ada resiko sama sekali jika kita bergaul dengan penderita down syndrome. Yang ada adalah kita bisa memotivasi mereka.

Jadi wajar saja jika banyak organisasi yang menyuarakan agar masyarakat tidak membully dan menyisihkan penderita down syndrome ini karena mereka tidak salah sama sekali.

Untuk itu, menurut saya pribadi, Hari Down Syndrome Internasional yang jatuh pada setiap tanggal 21 Maret ini merupakan hal yang sangat mulia bagi kita semua.

Mari kita manfaatkan hari ini untuk menyebarkan informasi yang benar tentang down syndrome di masyarakat sehingga semakin mengurangi jumlah penderita down syndrome yang tersisihkan.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar