Skip to main content

Bagaimana Inflasi Memperngaruhi Tabungan

Misalnya Anda memiliki tabungan 100 juta dengan bunga 1% per tahun. Setelah setahun, maka Anda akan memiliki 101 juta di rekening Anda. Jika tingkat inflasi saat itu adalah 2%, maka seharusnya Anda memiliki 102 juta dalam tabungan untuk menebus dampak kenaikan harga barang. Secara tidak langsung Anda telah kehilangan uang.

Jika Anda mengandalkan bunga tabungan untuk biaya hidup, maka Anda tidak dapat mengikuti standar hidup tersebut karena inflasi mengurangi daya beli setiap tahunnya.

Apa yang tertinggal dari inflasi?

Inflasi terjadi karena permintaan barang dan jasa tumbuh dalam sebuah sistem ekonomi. Seiring dengan meningkatnya pasokan uang dalam suatu perekonomian, ada kemungkinan lebih banyak permintaan dari konsumen yang ingin membeli berbagai barang. Permintaan yang meningkat ini menciptakan tekanan pada harga uang terhadap barang.

Karena semakin banyak orang yang mau membayar barang-barang ini, penjual menaikkan harga mereka. Situasi lain yang dapat menyebabkan inflasi adalah ketika terjadi kenaikan biaya produksi. Produsen kemudian membayar ongkos lebih sehingga harus memberikan harga jual yang lebih tinggi ke konsumen.

Mengukur inflasi

Sekarang Anda mungkin khawatir apakah Anda benar-benar kehilangan uang dari tabungan Anda. Jadi bagaimana Anda mengukur efek inflasi? Ada beberapa indeks tertentu yang disatukan pemerintah untuk mengukur dampak kenaikan harga.

Indeks Harga Konsumen salah satunya, mencakup harga berbagai barang dan jasa yang konsumen beli. Ini sudah termasuk harga transportasi, perawatan medis dan perumahan. IHK yang meningkat mengindikasikan bahwa biaya barang konsumen tersebut meningkat.

Menjaga tabungan Anda dari inflasi

Meskipun ada bukti inflasi di Indonesia hari ini, kemungkinan akan lebih merupakan masalah di beberapa titik. Kabar baiknya adalah bahwa ada cara untuk mengelola situasi.

Jika Anda seorang pensiunan yang mendapat pembayaran jaminan sosial pemerintah, pemerintah menyesuaikan pembayaran berdasarkan biaya hidup yang diukur oleh Indeks Harga Konsumen. Dengan demikian, seiring dengan kenaikan inflasi, Anda juga akan melihat pembayaran jaminan sosial Anda meningkat.

Ada juga cara Anda bisa menangkal dampak inflasi terhadap tabungan pribadi Anda. Untuk satu, daripada berpegang pada penghematan uang Anda, mintalah untuk menginvestasikannya untuk keuntungan yang lebih baik.

Tingkat pengembalian minimal yang ditawarkan oleh saham di pasar uang dan tabungan cenderung tidak cukup untuk mengimbangi inflasi, sehingga menghemat uang Anda di sana tidak akan melindungi daya beli Anda.

Demikianlah Bagaimana Cara Inflasi Mempengaruhi tabungan, semoga bermanfaat. Terima Kasih.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar