Skip to main content

Aplikasi Media Sosial ini Ternyata Bikin Boros

Ponsel pintar pastinya memiliki beragam aplikasi di dalamnya. Setiap orang menggunakan aplikasi media sosial sesuai kebutuhannya masing-masing, tergantung aktif dimana.

Namun perlu disadari, aplikasi media sosial yang kita gunakan sehari-hari ini ternyata bikin boros. Boros baterai, boros memory dan juga boros kuota. Apa saja aplikasinya itu ? Yuk simak.

1. Facebook

Siapa yang tidak punya facebook hari ini ? Media Sosial besutan Mark Zuckerberg ini mungkin menjadi salah satu medsos yang wajib dimiliki orang-orang zaman now. Facebook kini dapat diakses lebih mudah melalui aplikasi di ponsel pintar.

Namun dengan fitur facebook yang sangat lengkap, membuat aplikasi facebook terasa sungguh berat, boros kuota, serta memakan banyak memory penyimpanan.

Sehingga menguras baterai dan dompet. Apalagi menggunakan ponsel kelas menengah ke bawah, pastinya sangat terasa. Ditambah dengan update aplikasi yang ukurannya semakin membengkak.

Saya sarankan untuk pengguna facebook yang jarang aktif, tidak usah menginstal facebook, cukup messenger-nya saja atau bisa menginstal aplikasi facebook lite yang lebih ringan dan irit kuota.

2. BBM

BBM merupakan aplikasi chatting yang awalnya diperuntukan untuk ponsel Blackberry. Namun sekarang sudah tersedia di android dan ios secara cuma-cuma.

Aplikasi BBM dulunya memang simpel, namun sekarang berubah menjadi aplikasi yang lebih kompleks berkat hadirnya fitur baru yang dimaksudkan untuk memanjakan pengguna.

BBM selalu update dengan status dan foto, ini membuat paket data, memory penyimpanan dan baterai terus terkuras. Ditambah lagi pesan broadcast (bc) yang kadang mengganggu.

Sebaiknya matikan setelan ikon “BBM terhubung” dan kurangi pesan bc agar lebih hemat saat menggunakan BBM.

3. Instagram

Instagram merupakan aplikasi berbagi foto dan video yang terpopuler saat ini. Meskipun postingannya cukup terbatas, namun justru menjadi keistimewaan tersendiri. Jadi postingannya menjadi lebih eksklusif dan menghindari spam.

Setiap kali membuka instagram, belasan hingga puluhan foto dan video diunduh oleh ponsel untuk ditampilkan. Foto dan video jauh lebih berat daripada sekedar teks.

Karena itu, instagram menjadi salah satu aplikasi sehari-hari yang paling boros baterai, kuota dan juga memori tentunya. Gunakan aplikasi pembersih sampah sistem agar memori internal tidak penuh.

4. Line

Line juga merupakan aplikasi yang sangat populer, terutama bagi anak sekolahan dan anak kuliahan. Sistem grup chat pada line merupakan yang cukup bagus dan lengkap.

Ada juga fitur stiker animasi yang disukai oleh anak jaman now yang membuat line makin digemari. Namun chatting di line juga banyak menimbulkan sampah, terutama pada sistem android.

Apalagi jika sering melihat timeline dan tergabung dalam banyak grup chat. Yang pasti chatnya menjadi tak terbatas, hingga notifikasi menjadi 999.

Karenanya sebaiknya sering  dibersihkan dengan aplikasi pembersih sampah semacam Clean Master dan sejenisnya. Selain itu, sebaiknya tidak terlalu banyak ikut grup dan matikan notifikasi yang tidak penting.

5. WhatsApp

Aplikasi WhatsApp terkenal dengan gaya chatting yang simple. Bahkan ID nya hanya menggunakan nomor telepon dan otomatis terhubung dengan kontak.

Namun WhatsApp biasanya menyimpan foto dan video secara otomatis ke memori internal yang membuat ponsel cepat penuh dan lambat.

Jadi sebaiknya matikan fitur simpan foto/video otomatis pada WhatsApp dan hapus riwayat foto melalui galeri.

Nah demikian Aplikasi media sosial sehari-hari yang ternyata bikin boros ponsel. Semoga juga tips yang saya berikan bisa bermanfaat, apabila ada yang kurang jelas, silahkan berkomentar.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar