Skip to main content

Tips Mencari Pekerjaan di Bidang Teknologi


Menemukan pekerjaan baru di bidang teknologi bukanlah proses yang sederhana, terutama bila kita menginginkan pekerjaan yang bisa membuat kita betah. kita sering mencari pekerjaan yang tidak hanya mendukung kehidupan kita secara finansial, tapi juga memberi nilai tambah dan membuat kita merasa lebih hidup.


Tidak selalu mudah untuk menebak apakah pekerjaan bidang teknologi memang tepat untuk kita. Meskipun butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan peran dan perusahaan baru, ada hal-hal tertentu yang dapat kita lakukan selama pencarian pekerjaan kita yang akan memunculkan kesempatan lain yang lebih berharga.

Lalu apa saja yang dicari orang-orang dari sebuah perusahaan di bidang teknologi ? Simak Penjelasan berikut ini

Kebanggaan pada perusahaan

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah perusahaan tertentu sesuai dengan kita atau tidak adalah saat kita menceritakan perusahaan tersebut kepada orang lain. Jika kita merasa bersemangat, energik, dan bangga menggambarkan pekerjaan yang dilakukan perusahaan tersebut, maka berarti kita bangga terhadap perusahaan tersebut.

Memiliki rasa bangga pada atasan tidak hanya membuat kita merasa baik. Hal ini dapat memotivasi kita untuk bekerja lebih keras karena kita benar-benar percaya pada keseluruhan tujuan perusahaan dan juga bagaimana peran kita berkontribusi dalam perusahaan tersebut.

Bekerja pada proyek yang berarti bagi kita

Penting agar proyek yang kita hadapi memiliki makna bagi kita. Apakah kita lebih suka dengan coding/bahasa pemrograman ? Tapi bagaimana jika sebagian besar pekerjaan baru kita akan difokuskan pada manajemen proyek? Mungkin itu bukan yang paling sesuai untuk kita.

Pikirkan tentang apa yang membuat kita menikmati datang ke pekerjaan setiap hari. Apakah kita memiliki kesempatan untuk berkontribusi pada misi perusahaan yang lebih besar? Apakah kita diberi proyek yang memberi nilai tambah bagi tim kita dan memanfaatkan keahlian kita secara maksimal ? Meskipun setiap hari akan membawa tantangan baru, menghadapi tantangan tersebut lebih mudah bila itu adalah sesuatu yang kita yakini.

Budaya Kerja yang nyaman

Selain pekerjaan sebenarnya yang kita lakukan, budaya perusahaan sama pentingnya dalam hal karir. Idealnya, budaya sesuai dengan kepribadian kita dan kita merasa mudah untuk berkomunikasi dan terhubung dengan rekan kerja kita.

Budaya perusahaan juga melibatkan keseimbangan kehidupan kerja termasuk hal-hal seperti kebijakan liburan, pelatihan dan juga jam kerja yang fleksibel. Setiap perusahaan berbeda, jadi jangan takut bertanya tentang budaya perusahaan saat interview dan dapatkan wawasan langsung dari karyawan senior selama proses wawancara.

Peluang untuk berkembang

Sesuatu yang mungkin tidak selalu kita pikirkan saat kita menjalani pekerjaan baru adalah ke mana kita bisa pergi selanjutnya. Cara terbaik untuk mengevaluasi potensi pertumbuhan adalah melihat apakah perusahaan menawarkan kesempatan untuk mempelajari keterampilan baru, entah itu pembelajaran di tempat kerja atau kelas formal dan lokakarya. Struktur tim kerja kita juga memberi gambaran sekilas peluang perkembangan karir, khususnya jika ada posisi di atas level kita saat ini yang dapat kita capai.

Pemimpin yang kita percaya

Meskipun struktur perusahaan teknologi tidak selalu linier, orang yang kita ajak bekerja bersama, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat sangat mempengaruhi pengalaman kita.

Ada banyak kualitas yang menentukan pemimpin yang kuat. Hal itu meliputi kecerdasan, kemampuan komunikasi yang kuat, mudah didekati. Tetapi penting juga bahwa kita dapat mempercayai manajer kita.

Komunikasi adalah bagian besar dari kepercayaan, jadi ini merupakan pertanda baik jika pemimpin perusahaan terus menginformasikan seluruh perusahaan tentang berita atau perubahan penting lainnya.

Gaji yang kompetitif

kita semua pernah mendengar ungkapan "uang tidak bisa membeli kebahagiaan," tapi setidaknya cukup banyak untuk membayar tagihan kita serta memberi stabilitas finansial dan kenyamanan.

Pastikan kita mendapat kompensasi yang tepat atas pekerjaan yang kita lakukan dan tingkat keahlian yang kita bawa ke perusahaan tersebut. Selama proses pencarian kerja atau wawancara, perlu bertanya tentang posisi dan tanggung jawab sehingga kita berada dalam posisi yang kuat untuk bernegosiasi.
Mungkin sekarang sudah Ada UMR yang mengatur batas gaji karyawan, namun itu hanyalah batasan minimal yang tidak menjamin kita hidup bahagia.

Demikianlah tips mencari pekerjaan di Bidang Teknologi di era modern ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar