Skip to main content

Struktur Organisasi Perusahaan


Pengertian Struktur Organisasi

Struktur organisasi di masing-masing perusahaan berbeda. Gibson et al.(1996:233) menyatakan, ”Struktur organisasi sama dengan anatomi organisme hidup, berperan sebagai kerangka kerja yang di dalamnya aktivitas dinamis dan cara orang melaksanakan kerja berlangsung”.

Sedangkan Ghani (2013:1)menyatakan bahwa struktur organisasi merupakan suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atauperusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan.

Struktur organisasi memfokuskan diferensiasi berbagai posisi,perumusan berbagai peraturan dan prosedur serta penetapan wewenang.Struktur organisasi bertujuan untuk mengatur pembagian tugas didalam sebuah organisasi. Pemisahan kegiatan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi dengan jelas.

Struktur Organisasi Perusahaan

Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa. Setiap perusahaan memiliki struktur organisasi yang berbeda. Misalnyaantara perusahaan konsultan dan perusahaan pertambangan.

Pada perusahaan konsultan, posisi tertinggi adalah “partner”, sedangkan pada perusahaan tambang bisa CEO. Tipe struktur organisasi tersebut akan mempengaruhi komunikasi yang terjadi di dalam perusahaan. Perbedaan struktur tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Strategi

Strategi merupakan sarana dalam mencapai tujuan perusahaan. Makasudah seharusnya lah kalau struktur yang ditetapkan yang mengikuti

2. Ukuran

Ukuran Besar kecilnya suatu organisasi dilihat dari jumlah orang dalam organisasi tersebut.

3. Teknologi organisasi

Merupakan dasar dari subsistem produksi, termasuk proses dalammengubah input organisasi menjadi output.

4. Lingkungan

Mencakup setiap elemen di luar lingkup organisasi, seperti industri,pemerintah, pelanggan, pemasok, dan komunitas finansial.

Jenis Struktur Organisasi Perusahaan

Berdasarkan pola hubungan kerja dan aktivitas, wewenang sertatanggung jawab, maka bentuk-bentuk organisasi dibedakan sebagai berikut

1. Struktur Organisasi Lini

Diciptakan oleh Henry Fayol. Pada struktur organisasi ini, wewenangdari atasan disalurkan secara vertikal kepada bawahan. Begitu juga sebaliknya,pertanggungjawaban dari bawahan secara langsung di tujukan kepada atasanyang memberi perintah. Cocok untuk organisasi yang masih kecil, memiliki jumlah karyawan yang masih sedikit dan spesialisasi kerja yang masih sederhana.



Ciri-ciri:

Kesatuan perintah terjamin
Pembagian kerja jelas dan mudah dilaksanakan
Organisasi tergantung pada satu pimpinan

2. Struktur Organisasi Fungsional

Diciptakan oleh F.W.Taylor. Struktur ini berawal dari konsep adanyapimpinan yang tidak mempunyai bawahan yang jelas dan setiap atasanmempunyai wewenang memberi perintah kepada setiap bawahan, sepanjangada hubunganya dengan fungsi atasan tersebut. Setiap pegawai mempunyaipengawas lebih dari satu orang atasan yang berberda-beda.



Ciri-ciri:

Tidak menjamin adanya kesatuan perintah
Keahlian para pengawas dan pegawai berkembang menuju spesialisasi
Penghematan waktu dapat dilakukan karena mengerjakan pekerjaanyang sama

3. Struktur Oranisasi Garis dan Staf

Merupakan struktur organisasi gabungan yang di kembangkan olehHarrington Emerson. Umumnya digunakan oleh organisasi yang besar, daerahkerja luas, bidang tugas yang beraneka ragam dan jumlah bawahan yang banyaksehingga pimpinan tidak bisa bekerja sendiri, melainkan memerlukan bantuanstaf. Staf adalah orang ahli dalam bidang tertentu yang bertugas memberinasihat dan saran kepada pimpinan dalam organisasi tersebut.



4. Struktur Organisasi Fungsional dan Staf

Struktur organisasi ini merupakan gabungan dari bermacam-macamstruktur organisasi. Sistem ini memberikan kemungkinkan untuk memilih, yangmenguntungkan di pakai yang merugikan di tinggalkan.



Demikianlah mengenai struktur organisasi perusahaan, semoga bermanfaat.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar