Skip to main content

Rumus Menabung sesuai Umur

Mengetahui berapa banyak uang yang harus Anda sisakan saat pensiun dan tabungan setiap tahap kehidupan Anda, akan membantu menjawab pertanyaan yang sangat penting berikut ini : "Sudahkah saya menyisihkan cukup banyak?"

Berikut adalah beberapa rumus berguna yang dapat membantu Anda menetapkan tujuan penghematan finansial berbasis pada usia Anda dan persiapan menuju pensiun.

Pendapatan Pensiunan: Aturan 80%

Kebanyakan ahli mengatakan bahwa pendapatan pensiun Anda seharusnya sekitar 80% dari gaji pensiun terakhir Anda. Itu berarti jika Anda menghasilkan 100 juta per tahun saat pensiun, Anda memerlukan pendapatan minimal 80 juta per tahun untuk memiliki finansial yang nyaman setelah meninggalkan masa kerja.

Jumlah ini dapat disesuaikan naik atau turun tergantung pada sumber pendapatan lain, seperti Jaminan Sosial, pensiun dan pekerjaan paruh-waktu, serta kesehatan dan gaya hidup yang Anda inginkan.

Total Tabungan: Aturan 4%

Untuk menentukan jumlah yang harus Anda tabung untuk menghasilkan pendapatan pensiun yang Anda inginkan, satu formula yang mudah digunakan untuk membagi penghasilan pensiun tahunan yang Anda harapkan yaitu sebesar 4%.

Jika menghasilkan 80 juta per tahun seperti yang dikutip di atas misalnya, Anda memerlukan tabungan saat pensiun sekitar 2 juta. Ini mengasumsikan laba atas investasi sebesar 5% (setelah pajak dan inflasi), tidak ada pendapatan pensiun tambahan (Jaminan Sosial) dan gaya hidup yang serupa dengan yang akan Anda jalani pada saat Anda pensiun.

Kelipatan Gaji Anda

Untuk mengetahui berapa banyak yang harus Anda kumpulkan pada berbagai tahap kehidupan Anda, memikirkan persentase atau kelipatan gaji Anda pada saat itu bisa menjadi hal yang sangat berguna.

Fakta menunjukkan bahwa Anda harus memiliki 50% dari gaji tahunan Anda dalam jumlah tabungan Anda pada usia 30. Ini perlu penghematan 15% dari gaji kotor Anda yang dimulai pada usia 25 dan menginvestasikan setidaknya 50%. Tolok ukur tabungan tambahan adalah sebagai berikut:

  • Usia 40 - dua kali gaji tahunan
  • Usia 50 - empat kali gaji tahunan
  • Umur 60 - enam kali gaji tahunan
  • Usia 67 - delapan kali gaji tahunan

Misalnya pada umur 60 gaji Anda adalah 100 juta per tahun, maka tabungan Anda setidaknya telah mencapai 600 juta pada saat itu.

Formula Berganda Lainnya

Rumus lain (seperti yang diajukan oleh Fidelity) menyatakan bahwa Anda harus menabung sebesar 25% dari gaji kotor Anda setiap tahun, dimulai pada usia 20-an. Angka tabungan 25% mungkin terdengar agak sulit, namun mencakup kombinasi antara pemotongan, kecocokan pada atasan, penghematan uang dan bahkan pembayaran hutang.

Mengikuti formula ini seharusnya memungkinkan Anda mengumpulkan gaji tahunan penuh Anda pada usia 30 tahun. Melanjutkan pada tingkat tabungan rata-rata yang sama harus menghasilkan hal berikut:

  • Usia 35 - dua kali gaji tahunan
  • Usia 40 - tiga kali gaji tahunan
  • Usia 45 - empat kali gaji tahunan
  • Usia 50 - lima kali gaji tahunan
  • Umur 55 - enam kali gaji tahunan
  • Usia 60 - tujuh kali gaji tahunan
  • Usia 65 - delapan kali gaji tahunan

Dengan menggunakan formula ini, maka tabungan Anda diharapkan menjadi lebih banyak dan membantu Anda untuk berhemat. Semoga Bermanfaat.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar