Skip to main content

Pengertian Kepadatan Menurut Para Ahli

Kita sering mendengar istilah kepadatan, terutama mengacu pada masalah kehidupan perkotaan seperti kepadatan penduduk, kepadatan jalan raya, kepadatan dalam pasar dan lain sebagainya.

Kepadatan (densitiy) merupakan fenomena yang akan menimbulkan permasalahan bagi setiap negara di dunia di masa yang akan datang. Hal ini dikarenakan terbatasnya luas bumi dan potensi sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia, sementara perkembangan jumlah manusia di dunia tidak terbatas.

Kepadatan yang timbul dari perkembangan jumlah manusia di dunia pada masa kini telah menimbulkan berbagai masalah sosial di banyak negara misalnya : Indonesia, India, Cina, dan sebagainya), baik permasalahan yang bersifat fisik maupun psikis dalam perspektif psikologis.

Contoh permasalahan sosial yang nyata dalam perspektif psikologis dari kepadatan penduduk adalah semakin banyaknya orang yang mengalami stres dan berperilaku agresif destruktif.

Kepadatan (density) adalah salah satu konsep gejala persepsi manusia terhadap lingkungannya. kedua konsep ini saling berhubungan dan berkaitan satu sama lainnya sehingga sering di bahas bersamaan.

Kepadatan tidak selalu mengakibatkan kesesakan, namun apabila kepadatan yang dirasakan berakibat pada rasa sesak dapat timbul kejengkelan dan ketidaknyamanan sehingga umumnya seseorang akan mengeluh akibat kesesakan yang dirasakan.


Pendapat Para Ahli

Bebrapa ahli mendeskripsikan pendapatnya  mengenai pengertian kepadatan . Berikut definisi kepadatan menurut beberapa ahli :

  • Kepadatan menurut Sundstrom (dalam Wrightsman & Deaux, 1981), yaitu sejumlah manusia dalam setiap unit ruangan.
  • Sejumlah individu yang berada di suatu ruang atau wilayah tertentu dan lebih bersifat fisik (Holahan, 1982; Heimstra dan McFaring, 1978; Stokols dalam Schmidt dan Keating, 1978).
  • Suatu keadaan akan dikatakan semakin padat bila jumlah manusia pada suatu batas ruang tertentu semakin banyak dibandingkan dengan luas ruangannya (Sarwono, 1992).

Jadi dari definisi kepadatan menurut beberapa ahli diatas , dapat disimpulkan yaitu kepadatan merupakan sejumlah manusia atau sejumlah individu yang berada dalam satu unit ruangan maupun wilayah tertentu dan jumlah manusia pada suatu batas ruang tersebut  semakin banyak dibandingkan dengan luas ruangannya.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar