Skip to main content

Definisi Manufaktur dan Jenisnya


Mendengar istilah manufaktur terkadang membuat kita berpikir akan pabrik dan industri besar yang dihiasi mesin-mesin canggih. Namun apa sejatinya definisi manufaktur ? Simak penjelasan berikut :

Definisi Manufaktur

Manufacturing atau Manufaktur awalnya berasal dari bahasa Latin, manus ( tangan ) dan factus ( membuat ) sehingga dapat diartikan membuat dengan tangan atau manual. Namun dalam perkembangannya terdapat istilah Modern Manufaktur yang dapat di artikan sebagai pengerjaan secara automatis dan mesinnya di kontrol komputer namun pengawasan manual oleh manusia.

Manufaktur merupakan suatu cabang industri yang mengaplikasikan peralatan dan suatu medium proses untuk transformasi bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah untuk kemudian dijual atau dikombinasikan lagi. Upaya ini melibatkan semua proses antara yang dibutuhkan untuk produksi dan integrasi komponen-komponen suatu produk.

Berdasarkan hal ini, maka istilah Manufaktur dapat dilihat dari dua sisi yaitu Teknis dan Ekonomi :

Sisi Teknis atau Teknologi

Manufaktur merupakan aplikasi dari proses fisika dan kimia untuk mengubah geometri, property dan  atau tampilan material awal menjadi part atau produk, manufaktur termasuk juga perakitan beberapa part menjadi produk. Proses manufakur melibatkan kombinasi dari machinery, tools, power dan tenaga kerja.
   

Sisi Ekonomi

Sementara jika dilihat dari sisi ekonomi, manufaktur merupakan transformasi material menjadi item yang mempunyai penambahan nilai ( value ) suatu produk/barang melalui suatu proses dan atau perakitan. Misalkan bijih besi yang di ubah menjadi pisau.

Jenis Manufaktur

Kemudian sesuai bidangnya, Industri manufaktur di klasifikasikan menjadi 3 jenis yaitu :

Primary Industries

Merupakan manufaktur utama, meliputi bahan-bahan mentah dari alam. Meluputi pengolahan atau exploitasi sumber daya alam seperti agrikultur dan pertambangan.

Secondary Industries

Mengambil output dari Primary Industries dan mengolahnya untuk konsumen seperti fabrikasi logam, elektronik dan otomotif.

Tertiary Industries

Servis sektor ekonomi dan hiburan seperti perhotelan dan berbagai produk entertainment

Sementara jika dilihat dari range output atau skala produksinya, Industri Manufaktur ada 3 kategori :
  • Low, output produksi 1-100 unit / tahun
  • Medium, output produksi 100-10.000 unit / tahun
  • High, output produksi lebih dari 10.000 unit / tahun

Demikianlah mengenai manufaktur, semoga bermanfaat.
Referensi : https://ismailarifin.wordpress.com/
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar