Skip to main content

4 Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki

Dalam hidup, ada banyak hal tak terduga yang mungkin terjadi pada kita semua. Meskipun kita tidak dapat menghentikan hal-hal tersebut, namun kita dapat setidaknya memberi hidup kita sedikit perlindungan.

Asuransi dimaksudkan untuk memberi kita beberapa macam perlindungan, setidaknya secara finansial jika terjadi bencana. Saat ini, ada banyak pilihan asuransi yang tersedia dan banyak pakar keuangan mengatakan bahwa kita perlu memiliki polis asuransi ini.

Namun, dengan begitu banyak pilihan tersebut, sulit menentukan asuransi apa yang benar-benar Anda butuhkan. Membeli asuransi yang ditentukan oleh situasi spesifik Anda. Faktor-faktor seperti anak-anak, usia, gaya hidup dan tunjangan pekerjaan semua hal yang perlu dipertimbangkan saat merencanakan portofolio asuransi Anda.

Namun kebanyakan ahli keuangan menyarankan ada empat asuransi hendaknya kita semua miliki, jenis asuransi tersebut yaitu : kehidupan, kesehatan, kendaraan dan tabungan jangka panjang atau hari tua. Masing-masing mencakup aspek tertentu dalam hidup Anda dan masing-masing sangat penting bagi masa depan keuangan Anda.

Asuransi jiwa

Faktor terbesar untuk memiliki asuransi jiwa adalah untuk menyediakan cadangan finansial bagi orang-orang yang Anda tinggalkan. Ini sangat penting jika Anda memiliki keluarga yang bergantung pada gaji Anda untuk membayar tagihan dan biaya hidup.

Pakar industri menyarankan polis asuransi jiwa harus mencakup sepuluh kali penghasilan tahunan Anda. Jumlah ini akan menyediakan cukup uang untuk menutupi biaya yang ada, biaya pemakaman dan memberi keluarga Anda cadangan keuangan. Dana itu akan membantu mereka bertahan hidup hingga bisa menghasilkan kembali.

Asuransi Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi semua yang hidup untuk menjalankan perannya masing-masing. Kondisi kesehatan yang buruk bisa membuat orang bangkrut karena tidak mampu bekerja.

Hal tersebutlah yang mendorong banyak orang untuk mendapatkan asuransi kesehatan saat ini. DI Indonesia sendiri pemerintah telah menyediakan asuransi kesehatan berupa KIS (Kartu Indonesia Sehat) dengan lembaga yang bernama BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan. 

Jadi secara fungsi KIS dan BPJS itu hampir sama, hanya ada beberapa perbedaan diantara keduanya, salah satunya terdapat ada segi pelayanan. KIS akan memberikan pelayanan yang tidak diberikan oleh BPJS Kesehatan seperti pemakaian KIS tidak mengenal tempat dan bisa digunakan di mana saja.

Selain itu ada banyak pula asuransi kesehatan oleh pihak swasta yang menawarkan fitur-fitur menarik. Misalnya iuran yang dibayar, jika tidak digunakan dalam beberapa tahun maka otomatis akan menjadi tabungan.

Asuransi Cacat dan Jaminan Hari Tua

Setelah asuransi jiwa dan kesehatan, ada pula asuransi cacat dan jaminan pensiunan atau jaminan hari tua. Asuransi cacat mungkin sangat diperlukan bagi mereka yang bekerja dalam resiko tinggi. Misalnya saja para pemain sepak bola, pemain basket, atlet olahraga ekstrim yang sewaktu-waktu bisa mengalami cedera yang membuat mereka tidak mampu lagi melanjutkan karir.

Sementara jaminan pensiunan dan hari tua sangat penting bagi para pekerja swasta. Saat umur tertentu, tubuh kita akan mengalami kemunduran yang mengurangi produktivitas dalam bekerja. Untuk itu kehadiran jaminan hari tua sangat penting untuk membiayai hidup kita saat itu.

Inilah sisi positif menjadi PNS di Indonesia karena mendapat jaminan hari tua setelah pensiun bekerja. Tunjangan ini diberikan oleh negara walaupun jumlahnya mungkin belum terlalu banyak.

Asuransi Kecelakaan dan Kendaraan

Kendaraan merupakan hal yang biasa bagi setiap orang. Sebagian besar pekerja di Indonesia memiliki kendaraan sendiri untuk bekerja. Hal ini juga yang menyebabkan tingginya resiko kecelakaan saat berkendara.Untuk itu perlunya perlindungan disaat anda mengalami kecelakaan dalam berkendara.

Selain pengemudi dan penumpang, kendaraan juga perlu mendapat asuransi. Jika terjadi kecelakaan, terkadang butuh biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Kendaraan juga mungkin hancur dan tidak bisa diperbaiki. Apalagi jika kendaraan tersebut baru dibeli dan masih dalam tahap pelunasan cicilan.

Kendaraan terutama mobil memiliki harga yang relatif tinggi dan jika terjadi kecelakaan, terkadang butuh biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Kendaraan juga mungkin hancur dan tidak bisa diperbaiki lagi.

Untuk itulah hadir asuransi kendaraan terutama mobil untuk melindungi Anda secara finansial dari kerugian. Selain itu asuransi ini juga melindungi kendaraan dari pencurian dan tindak perusakan lainnya yang tidak disengaja.

Demikianlah mengenai asuransi, sudahkah Anda memikirkannya ?

Referensi : investopedia.com
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar