Skip to main content

3 Hal yang Mengurangi Produktivitas Pekerja dan Solusinya

Ada banyak sekali penyebab output pekerjaan karyawan menjadi cukup buruk di tempat kerja. Berikut ini ada tiga alasan utama dan juga bagaimana cara memecahkannya untuk memastikan bisnis yang bahagia dan produktif.

Cyberloafing

Cyberloafing adalah nama sindiran yang diberikan pada tindakan karyawan yang terlibat dalam kegiatan online dan pesan instan di handphone yang tidak terkait dengan beban kerja mereka.

Menurut sebuah studi tahun 2013 yang dilakukan oleh akademisi, Joseph Ugrin dan John Pearson, karyawan di A.S. dapat menghabiskan antara 60% dan 80% dari waktu mereka mengakses situs web online yang tidak relevan dengan tugas kantor mereka.

Pengusaha menemukan bahwa surfing web sementara di tempat kerja menghabiskan biaya bisnis lebih dari $ 200 miliar per tahun, sementara mereka juga menyatakan bahwa tiga dari empat karyawan mengunjungi situs media sosial seperti Facebook setiap hari.

Masalah dengan cyberloafing adalah hal yang sulit untuk diatasi jika tidak ingin mengubah kantor menjadi semacam “makhluk pengintai”. Memblokir situs web yang mengganggu, seperti raksasa media sosial Facebook dan Twitter membantu memulihkan fokus kinerja, namun jika Anda berencana menyita telepon seluler mereka dan memblokir sekitar 5.000 situs populer lainnya yang tidak berkaitan dengan pekerjaan, maka cyberloafing akan tetap ada.

Tapi seperti yang Will Sturgeon tulis di ZDNet, ini hanyalah pertanda masalah yang lebih besar. Cyberloafing sangat berhubungan dengan semangat kerja staf rendah dan rendahnya kepuasan kerja di kantor.

Sturgeon menunjuk pada sebuah survei yang dilakukan oleh Silicon yang menunjukkan bahwa 32% karyawan percaya bahwa itu adalah kurangnya motivasi yang menjadi kendala utama dalam menghadapi produktivitas dalam bisnis.

Hal ini menunjukkan bahwa cara terbaik untuk memerangi cyberloafing adalah menjaga agar karyawan tetap terlibat dan termotivasi. Hal ini dianggap sulit diterapkan, namun dengan mendorong lebih banyak acara komunitas dan sosial di dalam perusahaan, Anda dapat dengan mudah menetapkan penegakan kepuasan tenaga kerja dan juga menghapus kebutuhan untuk menggunakan saluran media sosial untuk sekedar pelarian dari tekanan kerja.

Ketidakseimbangan dalam lingkungan kerja

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan produktivitas yang buruk di antara lingkungan kerja Anda. Jumlah yang mengejutkan dari hal tersebut terkait dengan jenis lingkungan tempat mereka beroperasi.

Menurut SeatsandStools, hanya satu dari empat karyawan di AS yang bekerja di kantor yang dirancang untuk memaksimalkan produktivitas. Sebuah situs online menemukan bahwa polusi suara adalah penyebab utama yang mengakibatkan penurunan konsentrasi baca dan menulis sebesar 66% dari staf yang bekerja di kantor yang bising.

Karyawan yang menggunakan komputer monitor tunggal ternyata 50% kurang produktif daripada mereka yang menggunakan beberapa monitor display. Selanjutnya, kursi mereka perlu dioptimalkan untuk produktivitas. Memiliki kursi meja karyawan sehingga individu berada pada tingkat mata ke puncak monitor mereka dan diposisikan sekitar 30 inci dari layar dengan sedikit berbaring dianggap ideal untuk kinerja mereka serta mencegah cedera tulang belakang karena posisi duduk.
Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor lain yang kurang jelas. Suhu optimal bagi pekerja diperkirakan antara 22 dan 23 derajat celcius, antara dua dan delapan derajat lebih tinggi dari suhu kantor rata-rata.

Cahaya alam juga berperan dalam mempengaruhi produktivitas. Ada penurunan 15% dalam fokus tugas di antara karyawan yang bekerja di kantor tanpa jendela dibandingkan dengan yang beroperasi di tempat kerja dengan jendela.

Tata letak kantor juga penting, kecepatan dalam menemukan dokumen penting juga menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat kinerja karyawan. Selain itu penataan meja juga penting sehingga sirkulasi orang dan barang tidak mengganggu pekerjaan.

Kurang komunikasi

Majalah HR telah melaporkan bahwa 46% karyawan merasa tidak yakin dengan tugas yang didelegasikan kepada manajer dan manajer lini mereka, sementara 37% orang mengatakan bahwa mereka mengalami ketidakpastian mengenai pekerjaan mereka antara satu dan tiga kali sehari.

Majalah ini kemudian memastikan bahwa adanya kebingungan yang disebabkan oleh komunikasi rancu ini yang menyebabkan karyawan meyakini bahwa mereka kehilangan sekitar 40 menit produktivitas setiap hari.

Bahaya kurangnya komunikasi berjalan lebih dalam dari waktu terbuang melalui ketidakpastian karyawan. Hal ini dapat menyebabkan tidak hanya tenggat waktu tidak terjawab namun demotivasi dan stres yang cukup besar di antara angkatan kerja Anda, yang dapat menjadi penyebab utama cyberloafing tersebut di atas.

Jika bekerja jarak jauh, katakanlah dalam bisnis online atau menjalankan blog, komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Ada juga kemungkinan gesekan disebabkan antara karyawan dan manajer lini mereka sebagai hasilnya.

Cara terbaik dan paling sederhana adalah dengan meningkatkan frekuensi komunikasi antara karyawan dan perusahaan. Dengan mengadakan pertemuan kuartalan satu dan satu tahunan di mana staf diundang untuk berbagi keprihatinan dan gagasan mereka, Anda dapat belajar lebih banyak tentang bagaimana mereka beroperasi dan cara apa yang terbaik untuk berkomunikasi dengannya.

Dorong staf untuk menindaklanjuti delegasi mereka dengan bertanya kepada tenaga kerja mereka bagaimana mereka melanjutkan dan jika ada sesuatu yang dapat dilakukan untuk membantu mereka berkembang.

Demikianlah mengenai hal yang menurunkan produktivitas kerja dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar