Skip to main content

Pengertian Gaya, jenis Gaya dan Pengaruhnya Terhadap Benda


Pengertian Gaya dalam ilmu fisika

Apa yang membedakan cara orang bergerak di bumi dengan astronot di luar angkasa ? mengapa di bumi orang melompat pun susah sementara di luar angkasa astronot bisa melayang layang dengan mudahnya ? Jawabannya adalah karena pengaruh gaya.

Secara sederhana, dalam kehidupan sehari-hari kita banyak melakukan aktivitas yang berkaitan dengan tarikan atau dorongan. Tarikan atau dorongan dalam fisika diberi istilah khusus, yang disebut dengan gaya. Akibat pengaruh gaya, suatu benda dapat mengalami perubahan gerak baik dalam arah maupun kecepatan geraknya.

Gaya dalam fisika berbeda dengan gaya dalam hal penampilan. Gaya dalam fisika disebut juga "Force" sementara gaya dalam berpenampilan adalah "Style". Orang awam sering keliru membedakannya.

Pengaruh Gaya Terhadap Benda

Sebuah benda akan mengalami perubahan ketika mendapat pengaruh gaya. Perubahan tersebut meliputi perubahan gerak, perubahan arah gerak dan perubahan bentuk. Namun gaya tidak merubah massa benda.

Misalnya troli yang diam, diberi gaya dorong oleh manusia sehingga bergerak dengan kecepatan tertentu. Atau mobil yang melaju kencang tiba-tiba berhenti setelah mendapat gaya gesek pada remnya. Gaya juga dapat mengubah bentuk benda misalnya karet gelang yang memanjang ketika ditarik atau telur yang pecah jika ditekan.

Jenis Gaya

Menurut cara kerjanya pada benda, jenis gaya dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

Disebut Gaya sentuh apabila suatu gaya dapat mempengaruhi sebuah benda baik gerak maupun bentuknya jika keduanya bersentuhan. Misalnya bola hanya akan bergerak apabila kaki pemain mengenainya atau saat kita mendorong mobil yang mogok, mengangkat jemuran, menarik tali sepatu dan contoh lainnya.

Disebut gaya tak sentuh apabila suatu gaya dapat mempengaruhi suatu benda tanpa perlu bersentuhan dengan benda tersebut. Misalnya daya tarik atau daya tolak magnet terhadap besi. Atau gaya tarik gravitasi bumi terhadap benda-benda di permukaan sehingga tidak melayang seperti yang terjadi pada astronot yang berada di luar angkasa.

Demikianlah mengenai Pengertian Gaya, jenis Gaya dan Pengaruhnya Terhadap Benda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk like dan share.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar