Skip to main content

Kenakalan Remaja dan Penyebabnya

Remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa kira-kira umur 13 sampai 18 tahun. Pada masa ini remaja sangat mudah terpengaruh oleh lingkungannya, karena masa remaja merupakan masa mencari identitas.

Dalam kehidupan para remaja sering kali diselingi hal-hal yang negatif dalam masa penyesuaian dengan lingkungan sekitar, baik lingkungan dengan teman temannya di sekolah maupun lingkungan di sekitar rumah.

Hal-hal tersebut dapat berbentuk positif hingga negatif yang sering kita sebut dengan kenakalan remaja. Kenakalan remaja itu sendiri merupakan perbuatan pelanggaran norma-norma baik norma hukum maupun norma sosial yang dilakukan oleh remaja. Sedangkan pengertian kenakalan remaja Menurut Paul Moedikdo, S.H. adalah:

  1. Semua perbuatan yang dari orang dewasa merupakan suatu kejahatan bagi anak-anak merupakan kenakalan jadi semua yang dilarang oleh hukum pidana, seperti mencuri, menganiaya dan sebagainya.
  2. Semua perbuatan penyelewengan dari norma kelompok tertentu untuk menimbulkan keonaran dalam masyarakat.
  3. Semua perbuatan yang menunjukkan kebutuhan perlindungan bagi sosial.

Adapun gejala-gejala yang dapat memperlihatkan hal-hal yang mengarah kepada kenakalan remaja :
  1. Anak-anak yang tidak disukai oleh teman-temannya sehingga anak tersebut menyendiri. Anak yang demikian akan dapat menyebabkan kegoncangan emosi.
  2. Anak-anak yang sering menghindarkan diri dari tanggung jawab di rumah atau di sekolah. Menghindarkan diri dari tanggung jawab biasanya karena anak tidak menyukai pekerjaan yang ditugaskan pada mereka sehingga mereka menjauhkan diri dari padanya dan mencari kesibukan-kesibukan lain yang tidak terbimbing.
  3. Anak-anak yang sering mengeluh dalam arti bahwa mereka mengalami masalah yang oleh dia sendiri tidak sanggup mencari permasalahannya. Anak seperti ini sering terbawa kepada kegoncangan emosi.
  4. Anak-anak yang mengalami phobia dan gelisah dalam melewati batas yang berbeda dengan ketakutan anal-anak normal.
  5. Anak-anak yang suka berbohong.
  6. Anak-anak yang suka menyakiti atau mengganggu teman-temannya di sekolah atau di rumah.
  7. Anak-anak yang menyangka bahwa semua guru mereka bersikap tidak baik terhadap mereka dan sengaja menghambat mereka.
  8. Anak-anak yang tidak sanggup memusatkan perhatian.

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja. Faktor-faktor penyebab kenakalan remaja adalah sebagai berikut.
  1. Kurangnya kasih sayang orang tua.
  2. Kurangnya pengawasan dari orang tua.
  3. Pergaulan dengan teman yang tidak sebaya.
  4. Peran dari perkembangan iptek yang berdampak negatif.
  5. Tidak adanya bimbingan kepribadian dari sekolah.
  6. Dasar-dasar agama yang kurang
  7. Tidak adanya media penyalur bakat dan hobinya
  8. Kebebasan yang berlebihan
  9. Masalah yang dipendam

Demikianlah mengenai kenakalan remaja, semoga bermannfaat.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar