Skip to main content

Jenis-jenis Barang yang Dijual di Pasar

Pengertian Barang

Barang secara alami merupakan benda-benda yang berwujud, yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan manusia.

Dalam istilah ekonomi dan perdagangan, barang dapat diartikan sebagai obyek yang diperjual belikan dalam dunia perdagangan, sehingga kemudian muncul pusat-pusat perbelanjaan. Barang yang dijual dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

Jenis-jenis barang

Ada beberapa cara mengklasifikasi jenis barang berdasarkan beberapa hal, sebagai berikut :

1. Berdasarkan Tujuan Pemakainya

Berdasarkan tujuan pemakainya barang dapat dibedakan menjadi dua yaitu :

a. Barang konsumsi

Merupakan barang yang dibeli untuk dikonsumsi. Barang jenis ini dapat dibedakan lagi menjadi tiga yaitu : barang convenience, barang shopping, barang special. Contoh barang konsumsi adalah makanan, miuman, pakaian dan barang elektronik.

b. Barang industri

Merupakan barang yang dibeli untuk diproduksi lagi. Barang jenis ini dapat dibedakan menjadi lima yaitu : bahan baku, komponen dan barang setengah jadi, perlengkapan operasi (operating supplies) instalansi dan peralatan ekstra.

2. Berdasarkan Karakteristiknya

Jika dilihat dari karakteristiknya, jenis barang yang dijual dapat dibedakan menjadi  :

a. Convenience Goods

Merupakan barang kebutuhan sehari-hari. Frekuensi pembelian barang-barang ini tinggi sehingga pembeli menginginkan kepraktisan dalam memperoleh barang tersebut. Barang jenis ini biasanya jumlahnya yang paling banyak di pasaran.

b. Specialty Goods

Merupakan jenis barang tertentu yang biasanya tidak terdapat disembarang pusat perbelanjaan. Termasuk dalam jenis ini adalah benda-benda antik dan koleksi. Barang ini biasanya dijual secara perorangan dan hanya orang tertentu yang bisa menikmati atau mengkonsumsi barang ini.

c. Shopping Goods

Merupakan barang yang dibutuhkan bulanan atau musiman. Untuk memperoleh barang ini, pembeli biasanya mencari tempat-tempat yang menjualnya dengan harga murah, dengan turut memperhatikan jenis serta kualitasnya.

d. Impulse Goods

Merupakan barang yang tidak terlalu dibutuhkan atau dicari oleh pengunjung. Pada sebuah toko, barang ini biasanya diletakkan didekat pintu masuk untuk memancing perhatian dan keingintahuan pengunjung.

Demikianlah mengenai jenis-jenis barang yang biasa dijual di pasaran. Semoga bermanfaat dan jangan share, terima kasih.


Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar