Skip to main content

Fakta Unik Planet Mars yang Wajib Diketahui

Beberapa dekade terakhir ini manusia gencar melakukan penelitian di planet merah Mars. Banyak pesawat dan satelit buatan dikirimkan ke planet terdekat dengan bumi itu oleh beberapa negara maju. Dengan teknologi tercanggihnya, manusia berusaha mengulik isi planet tandus tersebut. Hingga sekarang terkuak beberapa fakta unik mengenai planet Mars yang wajib kita ketahui. Apa saja ? Simak ulasan berikut ini.

Ukuran Planet Mars

Mars memiliki  luas permukaan daratan yang mencapai angka 55,7 Juta Mil Persegi. Luasnya permukaan Mars ternyata hampir setara dengan bumi yang memiliki luas sekitar 57,3 Juta Mil Persegi. Namun tentunya bumi lebih luas, karena angka di atas belum termasuk luas perairan di muka Bumi.

Mungkin kalau dibayangkan nanti planet Mars bisa dihuni manusia, bakalan dapat luas lahan yang setara dengan bumi. Dengan luas daratan yang hampir sama, mungkin bisa menampung jumlah manusia di Bumi saat ini jika semuanya bermigrasi ke Mars.

Temperatur Udara

Suhu rata-rata di Planet Mars ternyata rata-ratanya minus 77 derajat Celcius lebih dingin dibandingkan dengan Suhu di Bumi. Dengan suhu tersebut manusia bisa saja mati dalam 2 jam jika tidak memakai baju pelindung.

Suhu yang masih terlalu dingin jika ditinggali. Mungkin saja dibuabaju Astronot yang dilengkapi dengan penghangat bisa bertahan beberapa jam. Bila itu dilepas bisa dibayangkan betapa dinginnya rasanya tinggal di Mars, bahkan jika berpelukan.

Atmosfer

Mars memiliki lapisan udara yang sangat tipis dibandingkan dengan Bumi. Jika dibandingkan atmosfer Bumi 61 kali lebih banyak daripada Mars. Selain itu gas yang melapisi hampir seluruh Mars adalah CO2 atau karbon dioksida, padahal di bumi hanya 0,04% saja.

Gas karbon dioksida juga merupakan gas sisa pernapasan manusia. Mungkin jika bisa perlu ditanami banyak pohon di Mars untuk mengubah CO2 menjadi Oksigen sehingga bisa hidup manusia dan hewan.

Jurang

Di planet ini permukaannya memang tidak rata, seperti di Bumi di Mars juga ada bukit dan lembah. Jurang yang dinamai Valles Marineris di permukaan planet merah ini diperkirakan 5 kali lipat lebih dalam daripada Jurang terdalam Grand Canyon di Bumi. Sementara panjangnya diperkirakan mencapai 20 kali lipatnya.

Oasis

Di Mars yang tandus juga diperkirakan terdapat oasis yang berbentuk seperti olam renang. Jika di sana ada alien atau makhluk hidup mungkin di situlah tempat hidup mereka, selayaknya di Bumi.

Lautan Purba

Dari hasil penelitian dan berbagai hipotesis peneliti Mars, diperkirakan planet ini pernah memiliki samudra atau lautan pada zaman purba yang jumlah airnya sangat sedikit. Jika airnya ditumpahkan ke Bumi mungkin hanya menambah 1,5 persen dari jumlah air di Bumi sekarang.

Tsunami

Ternyata di Mars juga diperkirakan pernah terjadi gelombang tsunami. Peneliti memperkirakan saat itu gelombang samudra Mars bisa mencapai ketinggian 122 meter. Namun sepertinya Bumi tak mau kalah karena Bianglala London Eye pernah berputar dengan ketinggian 135 meter di atas sungai Thames.

Lapisan Es

Seperti di kutub Bumi, di bagian kutub planet Mars juga terdapat lapisan es yang kedalamannya mencapai 3,2 kilometer. Lapisan beku ini menutupi area yang sangat luas, bahkan lebih luas dari pada Negara Bagian Texas di Amerika Serikat. Sekarang coba saja bandingkan luas Texas dengan luas Pulau Jawa atau pulau lain di Indonesia.

Gunung Berapi

Ternyata di Mars juga ada gunung berapi yang dinamai Olympus Mons oleh para peneliti. Gunung ini ukurannya sangat tinggi bahkan 2 kali lebih tinggi dari gunung Mauna Loa yang ada di Hawai.

Misi Penjelajahan

Penjelajahan ke Mars sangat gencar pada era 1960an, namun surut di tahun 1970an. Sementara antara tahun 2000 hingga 2016 hanya ada 10 peluncuran ke Mars. Kira-kira kenapa ya ? apakah peneliti kekurangan sumber dana ?

Ternyata walaupun bertetangga dengan Bumi, perjalanan ke Mars itu sangat sulit dan jauh lebih sulit daripada perjalanan ke bulan. Selain itu biaya untuk membuat wahana antariksa juga tak sedikit. Dari catatan peluncuran, sepertiga diantaranya gagal mencapai Mars.

Tahun Baru Mars

Ternyata Mars juga punya kalender tersendiri, Diperkirakan tanggal 23 Maret 2019 di Bumi adalah tahun baru Mars atau titik balik perjalanan Mars mengelilingi Matahari. Yah, mari kita rayakan nanti.

Demikianlah mengenai planet Mars, masih banyak yang belum dijelajahi dan fakta-fakta mengenai planet Mars akan terus bertambah seiring dengan penelitan yang dilakukan manusia.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar