Skip to main content

Cara Membuat Smartphone Lama Jadi Terasa Baru

Perkembangan smartphone melesat bagaikan roket. Hampir setiap bulannya keluar smartphone model baru yang mengklaim diri semakin canggih. Hal ini mendorong percepatan pembelian smartphone baru bagi konsumen.

Padahal sejatinya, saat ini rata-rata smartphone bisa digunakan selama 3 hingga 5 tahun dengan pemakaian yang baik tanpa mengurangi performanya. Bahkan untuk smartphone high end, bisa bertahan lebih lama.

Dari pada membeli smartphone baru dengan harga yang mahal, mendingan kamu cek cara berikut agar smartphone lamamu terasa baru kembali tanpa mengeluarkan banyak uang.

1. Beli Aksesoris

Dari segi penampilan luar, ponsel bisa dipercantik dengan aksesoris pendukung. Kini ada banyak pilihan aksesoris untuk smartphone sangat beragam. Mulai dari case, i-ring, hingga penutup lubang headset. Bentuk dan gambarnya pun bermacam-macam.

Yang paling terlihat biasanya adalah case, jadi lakukan pergantian case dengan model terbaru yang lebih unik dan menarik.

2. Hapus data yang tak penting

Data-data tak penting seperti (dan terutama) foto & video mantan haruslah segera dimusnahkan dari memori ponsel. Selain itu file lama yang sudah tak terpakai juga harus disingkirkan agar tak memperlambat kinerja ponsel.

Jika tidak ingin menghapusnya, lakukanlah backup ke komputer atau flashdisk sehingga data aman di sana. Sayang kan kalau pas buka kamera ada notif "low memory".

3. Reset Factory

Jika langkah 2 belum membuat ponsel terasa baru, lakukanlah reset pabrik, hapus semua data, pengaturan dan aplikasi lama, termasuk sampah-sampah sistem yang masih melekat dan tak bisa dihapus dengan cara biasa. Inilah faktor utama penyebab ponsel lelet.

Reset ini penting terutama pemegang ponsel android, karena sampah android lebih banyak daripada ios. Reset bisa dilakukan di rumah saja kalau bisa, atau dibawa ke tukang service yang terpercaya.

4. Update Sistem Operasi

Setelah reset, pastikan lakukan update sistem operasi terbaru. Biasanya vendor besar seperti samsung, asus, oppo dll menyediakan notifikasi update sistem agar mendapatkan fitur terkini.

5. Instal aplikasi terbaru

Nah, yang terakhir adalah instal aplikasi terbaru secara resmi dari penyedia semisal Play Store dan App Store. Ingat, hanya instal aplikasi yang diperlukan. Jika fungsi aplikasi masih bisa digantikan oleh web, sebaiknya tidak usah diinstal.

Nah, demikianlah tips membuat Smartphone Lama Jadi Terasa Baru. masih yakin mau beli ponsel baru ?
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar