Skip to main content

Cara Membuat Resolusi Tahun Baru Yang Benar dan Mudah Dicapai

Menjelang kedatangan tahun baru membuat kita menyadari banyak hal telah berlalu di tahun sebelumnya. Pastinya ada banyak yang telah tercapai dan masih banyak pula yang belum tercapai. Maka dari itulah kita selalu berharap tahun selanjutnya bisa lebih baik. Harapan itulah kemudian menjadi resolusi.


Resolusi tahun baru memang identik dengan daftar keinginan dan hal-hal yang akan kita lakukan di tahun tersebut. Namun bagaimanakah membuat resolusi tahun baru yang benar agar mudah tercapai ? Simak tips berikut ini adalah cara-cara yang pernah saya lakukan untuk mencapai resolusi tersebut dan sebagian besar telah berhasil.

1. Membuat Skala Prioritas

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam membuat resolusi adalah membuat skala prioritas terhadap rencana-rencana kita di tahun baru. Urutkan dari hal-hal yang paling penting dan pasti akan terjadi hingga hal-hal yang kurang penting dan tak harus dicapai di tahun tersebut.

Contohnya adalah menyelesaikan skripsi dan lulus kuliah yang menjadi prioritas utama, maka kegiatan atau keinginan lain yang menunjang resolusi tersebut otomatis akan mengikuti. Misalnya membeli printer untuk mencetak skripsi. Jadi dengan skala prioritas diharapkan tidak keluar jalur dan tidak terlalu banyak rencana tapi tak bisa terlaksana.

2. Menentukan Waktu

Setelah mendapatkan skala prioritas maka langkah berikutnya adalah menentukan jangka waktu dari rencana tersebut apakah di awal tahun, pertengahan atau akhir tahun ? Selain itu terkadang resolusi juga bisa merupakan sesuatu yang akan dilakukan berulang-ulang seperti olahraga seminggu 2 kali atau ke gym seminggu 3 kali.

3. Menyederhanakan Masalah

Resolusi boleh saja merupakan kata yang sederhana seperti “ingin langsing”. Itu memang tulisan yang sangat sederhana yang hanya terdiri dari dua kata saja atau bahkan satu yaitu “langsing”. Namun untuk membuatnya menjadi kenyataan tentu tidak mudah, akan ada banyak lagi kata-kata lain yang bermunculan dan perlu tindakan yang nyata pula untuk mewujudkannya.

Cara yang terbaik adalah menyederhanakan masalah, membaginya dalam kegiatan-kegiatan yang nyata dan terjangkau. Misalnya ingin langsing, tentukan dulu definisi langsing menjadi ukuran yang nyata misalnya 55 kg. Selanjutnya adalah cara mencapai 55 kg itu, entah dengan berolahraga seminggu 2 kali atau diet dengan tidak makan karbohidrat di malam hari. Pilih yangpaling mungkin dilakukan.

4. Membagi Rencana dalam Bulan

Selain menyederhakan masalah tadi, hal yang tak kalah penting adalah mendistribusikan rencana-rencana tersebut dalam 12 bulan yang tersedia di tahun depan. Pastikan rencananya merata namun tak masalah bila di bulan tertentu akan menjadi super sibuk.

Misalnya resolusi untuk menikah di bulan Juli. Persiapan mungkin sudah mesti dilakukan di bulan April, tunangan atau pra wedding di bulan Mei dan menyebar undangan mulai bulan Juni. Hal ini membantu kita semakin dekat dengan tujuan kita.

5. Menyusun Daftar Rencana

Terakhir barulah kita membuat daftar rencana dari resolusi yang ingin dicapai di tahun depan. Daftar bisa berupa daftar sederhana atau tabel yang detail. Ini adalah masalah gaya, pilih yang paling nyaman untuk dibuat. Hanya saja daftar tersebut pastinya bisa menggambarkan resolusi kita secara jelas.

Demikianlah cara membuat resolusi tahun baru yang benar agar mudah tercapai. Resolusi sejatinya bisa dibuat kapan saja, namun yang paling greget adalah menjelang tahun baru atau di awal tahun itu sendiri. Jadi, apa resolusimu tahun ini ?
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar