Skip to main content

5 Hobi Yang Bisa Mempertajam Ingatan

Otak memiliki kemampuan untuk mengingat atau menyimpan memori dari hasil pengalaman yang diterima oleh panca indera. Kemampuan mengingat otak setiap orang berbeda-beda, namun sejatinya daya ingat tersebut bisa dilatih dan ditingkatkan. Bagaimana cara meningkatkan daya ingat otak ? Simak 5 Hobi berikut yang bakal membuat daya ingatmu semakin tajam.

1. Mewarnai

Mewarnai adalah sebuah kegiatan untuk menambahkan warna-warna tertentu pada sebuah gambar. Gambar yang dimaksud adalah gambar bentuk-bentuk tertentu yang memiliki bidang untuk ditambahkan warna.

Kegiatan ini disukai oleh banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain mennghilangkan stress kegiatan ini juga membantu kita untuk mempertajam ingatan otak. Warna-warna secara alamiah akan diingat oleh otak, warna tertentu bisa menjadi sesuatu yang terekam lama pada otak. Saat ini telah tersedia buku khusus mewarnai yang dijual di toko buku.

2. Menggambar/Melukis

Melukis atau menggambar adalah kegiatan untuk menorehkan garis yang menjadi bentuk-bentuk tertentu pada sebuah bidang gambar. Menggambar bisa dilakukan dengan banyak cara dan banyak alat gambar sesuai selera.

Kegiatan menggambar dapat menghasilkan neuron yang mampu menjaga kesehatan otak manusia. Selain itu gambar yang dihasilkan akan terekam kuat di otak karena merupakan proses imajinasi otak itu sendiri sehingga kegiatan ini adalah langkah tepat untuk meningkatkan daya ingat kita.

3. Berkebun

Merawat tanaman melalui kegiatan berkebun bisa menenangkan perasaan kita serta mengurangi stress otak. Kegiatan ini bersifat santai sehingga juga bisa dijadikan ajang untuk relaksasi otak yang menyenangkan.

Sebuah jurnal medis di Australia pernah mengungkap bahwa kegiatan berkebun ini mampu mengurangi resiko penyakin demensia atau pikun yang dialami oleh orang di usia lanjut. Selain itu berkebun tidak harus di tempat yang luas, di ruang sempit pun bisa dilakukan dengan pot.

4. Memasak

Memasak merupakan kegiatan yang identik dengan mengolah makanan. Hobi ini tidak hanya untuk wanita, tetapi juga pria. Bagi yang hobi memasak, pastinya memiliki daya ingat yang baik dibandingkan yang lainnya.

Saat memasak, otak aktif bekerja mengingat bahan, memproses kegiatan dan urutan memasak mulai dari memotong, mencuci hingga menyajikan makanan. Sejatinya kegiatan ini sangat menyenangkan. Bila sering dilakukan otak akan otomatis mengingat resep, alat dan cara memasak tanpa harus mencontek panduan.

5. Bermusik

Bermusik merupakan kegiatan untuk menciptakan lantunan nada-nada indah dengan menggunakan berbagai instrumen musik. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dapat menghilangkan stress otak dan mengekspresikan perasaan.

Dengan cara bermusik akan otomatis melatih otak untuk mengingat nada-nada dan cara memainkan instrumen musik itu sendiri. Otak akan sangat mudah mengingat nada-nada yang terdengar indah dan bila sering bermain musik, kita akan menghafal lagu tanpa harus melihat notasi nada.

6. Menyanyi

Menyanyi sejatinya hampir sama dengan kegiatan bermain instrumen musik. Kegiatan bernyanyi juga salah satu alternatif menghilangkan stress jika tidak hobi melakukan kegiatan di atas. Kegiatan bernyanyi adalah pilihan yang paling mudah dan pada dasarnya setiap orang suka bernyanyi.

Saat bernyanyi otak akan otomatis menghafal lirik dan irama yang terdengar indah. Ini akan memacu daya ingat menjadi lebih tajam dan lebih kuat. Lirik lagu favorit biasanya akan melekat kuat di otak sehingga kegiatan bernyanyi ini adalah yang paling mudah.

Demikianlah 5 hobi yang bisa mempertajam ingatan kita, pastikan kamu memiliki slah satu diantaranya agar otak kamu tetap sehat.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar