Skip to main content

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Setelah lulus SMA, mungkin ada yang berencana bekerja atau juga yang mau melanjutkan kuliah atau bahkan kuliah sambil kerja. Nah, yang sudah kelas 3 SMA pasti pada bingung mau milih jurusan apa saat kuliah nanti ?

Pilihan ini memang sulit, selain karena sangat menentukan masa depan beberapa jurusan juga sulit untuk dicapai. Ada yang sudah punya pilihan atau ditentukan oleh orang tua ? Nah mari kita bahas disini bagaimana tips memilih jurusan kuliah yang tepat.


 

1. Perhatikan Minat dan Bakat

Yang pertama, ketahui minatmu dimana ? Minat merupakan hal mendasar yang menentukan bagi kita untuk menentukan pilihan dalam berkuliah dan juga hal-hal penting dalam hidup ini. Jika sulit menentukan minat kita dimana caranya mudah saja. Yaitu dengan mencoba memposisikan diri di berbagai bidang dan rasakan dimana tempat paling nyaman kita berada, disitulah sejatinya bakat kita.

 

2. Perhatikan Phasing Grade

Beberapa jurusan memiliki phasing grade tertentu yang tergolong sangat tinggi dan sulit untuk tembus masuk ke sana. Misalnya kedokteran, teknik pertambangan dan lain sebagainya yang terus berkembang. Dengan demikian maka kita bisa memperkirakan peluang kita untuk lolos dan memilih tempat kuliah yang dituju.

 

3. Perhatikan Perguruan Tinggi yang Dituju

Setelah mengetahui tingkat phasing grade nya lalu kita harus menentukan tempat kuliah yang dituju. Maksud saya disini adalah perguruan tinggi yang ingin dituju dan dimana lokasinya. Setiap perguruan tinggi memiliki phasing grade yang berbeda untuk jurusan yang sama. Jadi ini adalah alternatif untuk memilih jurusan yang diinginkan.

 

4. Perhatikan Biaya

Setelah menentukan jurusan dan perguruan tinggi yang dituju barulah memikirkan rencana pembiayaan kuliah. Sebenarnya tak perlu terlalu khawatir dengan masalah biaya karena pada zaman now telah tersedia banyak pilihan beasiswa untuk membiayai kuliah secara penuh. Terutama bagi yang merasa berprestasi namun keuangan kurang mendukung.

 

5. Prospek Kerja Lulusan

Kamu juga harus tau bagaimana prospek kerja lulusan dari jurusan yang kamu pilih. Maksudnya nanti kalau sudah lulus bisa kerja dimana aja ? Jadi apa ? bukankah tujuan kita kuliah untuk menjadi seorang yang siap menjalani profesi tertentu ? Jadi pegawai, pengusaha atau bahkan investor ? Silahkan.

 

6. Punya Alternatif

Selanjutnya kita juga harus punya alternatif untuk jaga-jaga jika ternyata jurusan kita pilih ternyata tidak kesampaian. Biasanya harus ada beberapa skala prioritas jurusan yang kita pilih. Baiknya ada 3 pilihan saja biar tidak terlalu banyak.

Nah, demikian mengenai cara memilih jurusan kuliah yang tepat, jika masih belum puas dengan penjelasan di atas silahkan berdiskusi. Kalau artikel ini dirasa menarik silahkan dishare melalui media sosial di bawah ini.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar