Skip to main content

Tips Membeli Smartphone Baru yang Benar agar Tidak Menyesal

Ingin mengganti smartphone ? Pastikan kamu telah memiliki kriteria yang tepat untuk memilih smartphone idamanmu. Tapi kalau masih bingung, kamu bisa baca tips membeli smartphone berikut ini.

Jadi, kamu gak akan menyesal jika smartphone yang kamu beli tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Nah, berikut ini 5 hal yang gak boleh luput dari perhatian kamu jika membeli smartphone baru. Yuk simak baik-baik.

1. Mesin Smartphone

Yang saya maksud dengan mesin yaitu terutama prosesor, ram, kapasitas memori dan tentunya baterai. Spek ini mesti diperhatikan dengan teliti karena akan mempengaruhi performa calon smartphonemu nanti. Rugi kan kalau prosesor gede tapi ram kecil atau speed kenceng tapi cepet lowbatt.

Nah, saran saya sih, untuk lebih pasnya pakai prosesor minimal 4 core, ram 2GB (android), memori 16GB dan baterai 2700 mAh. Saya rasa segitu sudah cukup untuk kinerja sehari-hari, main medsos, berganti aplikasi secara cepat dan memainkan beberapa game ringan hingga medium.

2. Sistem Operasi

Nah, kalau yang ini sebenarnya masalah tahun keluaran, namun ada juga beberapa smartphone yang bisa terus update dan upgrade OS. Versi OS bisa dilihat di Pengaturan > Tentang Perangkat. Sebaiknya versi OS tidak terlalu terpaut jauh, minimal sih 2 generasi dari generasi terakhir.

Kalau dihitung dalam tahun, maksimal umurnya 2 tahun dari produk keluaran terbaru. Jika terlalu lama, maka akan sulit mendapat update dan tentu saja kurang kompatibel dengan aplikasi terkini di Play Store atau App Store

3. Fitur Smartphone

Nah ini yang selanjutnya harus diperhatikan baik-baik, pastikan hanya fitur yang benar-benar kamu perlukan yang ada di calon smartphonemu. Kalau ada fitur tambahan yang kurang penting yang jarang kamu pakai sebaiknya jangan diambil.

Biar gak ribet, gini aja. Pertama tujuan kamu beli smartphone apa ? Kalau untuk sosialita pilih yang memiliki kamera selfie bagus, kalau untuk fotografi pilih yang kamera belakangnya bagus, kalau untuk gaming ya pilih yang prosesor kenceng dan ram yang gede. Seperti itulah kira-kira.

4. Budget atau Harga

Boleh saja mengidamkan smartphone dengan spek dan fitur bagus, namun pastikan kamu punya uang untuk membelinya. Kalaupun budget atau uangnya kurang, kamu bisa memilih brand lain yang harganya lebih murah atau smartphone dengan brand yang sama dengan spek yang lebih rendah.

Sebaiknya jangan sampai kredit untuk membeli smartphone karena akan semakin rugi, lagi pula harga hp selalu turun setiap bulan. Jadi kalau belum punya uang cukup sebaiknya menunggu harga hp itu turun sambil ngumpulin tabungan.

5. Smartphone Pesaing

Nah, setelah tau fitur yang paling diperlukan, sekarang kumpulin alternatif. Biasanya untuk smartphone ada banyak brand yang bersaing, baik brand yang lagi terkenal, brand yang baru meluncur maupun brand yang sudah klasik.

Untuk smartphone yang memiliki spesifikasi sama pasti haranya berbeda tergantung brand. Bisa aja dapet smartphone yang lebih murah untuk spek yang beda tipis. Nah disini kamu harus memilih brand apa yang menurut kamu bagus. Boleh saja ikut membeli brand yang banyak dipakai atau brand yang kamu suka karena iklannya cakep-cakep.

6. Garansi, Aksesoris dan Harga Jual Kembali

Nah ini yang terakhir dan sangat penting. Kalau kamu beli produk apapun itu termasuk smartphone pastikan memiliki garansi resmi yang bisa diakses di daerah kamu, bukan cuma di pusat/Jakarta saja. Ini penting kalau seandainya terjadi apa-apa pada hp kamu. Belinya juga harus di penjual yang terpercaya, yang biasanya menyediakan jaminan tukar kembali dalam 7-10 hari.

Cek juga ketersediaan aksesoris hp kamu, dan pastikan untuk aksesoris seperti case dan charger tersedia di sekitar tempat tinggalmu. Ketersediaan ini juga menjadi bukti bahwa smartphone itu laku terjual dan ada yang pakai. Kalau tidak ya harus beli lewat toko online saja.

Cek juga riwayat harga jual kembali hp kamu. Kalau tidak ingin dijual lagi ya tidak usah. Tapi hp yang harga jualnya bagus biasanya barangnya lebih awet dan tentunya bisa dijadikan uang muka untuk membeli smartphone baru nantinya.

Nah begitulah tips membeli smartphone baru yang benar. Pastikan pilihanmu tepat agar tak menyesal nantinya.


Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar