Skip to main content

Pengertian Teisme, Jenis dan Kelebihannya

Pengertian Teisme


Teisme merupakan paham yang mempercayai keberadaan entitas bernama Tuhan. Orang yang menganut paham teisme disebut teis (theist). Paham teisme terbagi menjadi beberapa jenis tergantung pada paham Ketuhanan yang dianutnya. Beberapa paham teisme adalah sebagai berikut:

 

Teis berdasarkan Personifikasi Tuhan yang dipercayai:

Terdapat beberapa jenis teisme berdasarkan cara pandang terhadap Tuhan.

 

1. Teisme yang mempercayai Tuhan personal

Teisme ini merupakan teisme yang paling umum dan mayoritas dijumpai oleh kita. Maksud dari Tuhan personal disini ialah Tuhan yang berpribadi. Dia Maha Pencipta. Dia Maha Kuasa. Dia Maha Pengasih. Dia Maha Baik. Dia Maha Tahu. Dia menghukum. Dia menyiksa. dsb. Semua sifat2 personal dalam level Maha melekat pada-Nya. Implikasi lain dari Tuhan personal ialah Tuhan memiliki kehendak.

 

2. Deisme

Deisme merupakan paham yang mempercayai bahwa Tuhan itu adalah entitas pasif yang hanya menciptakan alam semesta. Bila dianalogikan sebagai jam dan pembuat jam, Tuhan adalah pembuat jam, dan alam semesta ciptaannya adalah jam. Sang pembuat jam hanya memiliki pengaruh besar saat jam diciptakan, tetapi ketika jam sudah dibuat, jam akan berjalan sendiri tanpa perlu kehadiran sang pembuat jam.

 

3. Panteisme

Panteisme merupakan paham yang mempercayai bahwa Tuhan dan alam semesta adalah identik. Tuhan adalah alam semesta, dan alam semesta adalah Tuhan. Panteis tidak mempercayai Tuhan sebagai entitas yang bersifat personal.

 

4. Panenteisme

Panenteisme merupakan paham yang mempercayai alam semesta adalah bagian dari entitas Tuhan. Tidak jauh berbeda dengan panteisme, hanya Tuhan berukuran jauh lebih besar dari alam semesta.

 

[ads-post]

 

Teisme berdasarkan Jumlah Tuhan

Teisme berdasarkan jumlah Tuhan yang dipercaya dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut :

 

1. Monoteisme

Monoteisme merupakan paham yang mempercayai hanya satu Tuhan. Bentuk lain dari monoteisme adalah henoteisme, yang juga hanya mempercayai satu Tuhan, namun tidak menolak eksistensi supranatural lain seperti malaikat, jin, dan setan.

 

2. Politeisme

Politeisme merupakan paham yang mempercayai banyak Tuhan. Dalam terminologi atau contoh kasus lain, kepercayaan terhadap banyak Dewa juga termasuk politeisme.

 

3. Monolatrisme

Monolatrisme merupakan paham yang mempercayai banyak Tuhan (deities) tapi dalam praktik ibadahnya hanya menyembah satu Tuhan.

Kelebihan Teisme
  • Sebagian pemikir mengakui adanya suatu realitas tertinggi yang perlu dianut.
  • Dalam kehidupan yang selalu berubah, teisme menawarkan suatu landasan yang kokoh, teisme menegakkan standar moral yang universal untuk semua manusia, bahkan untuk semua ras.
  • Teisme meletakkan suatu dasar yang kokoh dalam menghargai manusia, dengan prinsip bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan dan sekaligus wakilnya di muka bumi.

Demikianlah mengenai Teisme semoga bermanfaat.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar