Skip to main content

Pengertian, Fungsi dan Pengolahan TOGA (Tanaman Obat Keluarga)


Pengertian TOGA

Tanaman obat keluarga disebut demikian karena toga adalah singkatan dari tanaman obat keluarga. Tanaman obat keluarga pada hakekatnya sebidang tanah baik di halaman rumah, sekolah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat.

Tanaman ini nantinya digunakan sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat dan bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

 

Fungi Toga

Salah satu fungsi TOGA adalah untuk sarana mendekatkan tanaman obat kepada upaya-upaya kesehatan masyarakat khususnya di sekolah yang antara lain meliputi:

1. Upaya Preventif (pencegahan)
2. Upaya Promotif (meningkatkan/menjaga kesehatan)
3. Upaya Kuratif (penyembuhan penyakit) selain itu juga berfungsi untuk

Sarana untuk memperbaiki status gizi masyarakat, sebab banyak tanaman obat yang dikenal sebagai penghasil buah-buahan atau sayur-sayuran misalnya lobak,seledri,pepaya,dan lain-lain.

1. Sarana untuk pelestarian alam
2. Pelestarian tanaman bermanfaat,
3. Penghijauan
4. Untuk menghijaukan bukit-bukit yang gundul
5. Sarana untuk pemerataan pendapatan

[ads-post]

Apabila tanaman obat alam tidak diikuti dengan upaya-upaya pembudidayaan kembali,maka sumber bahan obat alam itu terutama tumbuh tumbuhan akan mengalami kepunahan. Dapat dianjurkan penyebarluasan penanaman tanaman obat yang berbentuk pohon-pohon misalnya pohon asam,pohon kedaung,pohon trengguli,dan lain-lain.

 

Pengolahan TOGA

Untuk menjaga kesehatan. Bagian tanaman yang di manfaatkan diantaranya akar atau umbinya, daun, batang, kulit,bunga serta sarinya.Cara pemanfaatannya adalah sebagai berikut:

a.    Dicampur,ditumbuk,direbus lalu diambil airnya
b.    Dicampur, direbus tanpa diambil airnya
c.    Dicampur, ditumbuk, dikeringkan
d.    Dicampur, dipotong-potong, dikeringkan
e.    Tanpa campuran, langsung dimakan

Disamping itu cara penggunaannya ada beberapa macam yaitu:  

a.    Dimakan langsung
b.    Diminum
c.    Dibalurkan
d.    Diteteskan
e.    Ditempelkan
f.    Dikumur
g.    Digunakan untuk mencuci

Efek sampingnya kecil, bahkan hampir tidak ada bila dibandingkan dengan obat modern. Obat tradisional bahan bakunya asli dan tidak ada campuran zat kimia.

Disamping pemanfaatan TOGA seperti yang diuraikan diatas TOGA juga dapat dimanfaatkan dengancara dan teknik pengolahan yang lebih kreatif baik digunakan untuk jajanan dan minuman dengan mempertahankan fungsinya
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar