Skip to main content

Pengertian Demigod : Manusia Setengah Dewa


Pernah mendengar cerita Hercules atau Perseus ? atau pernah menonton Film Percy Jackson ? Atau kisah Mahabarata ? Disitu sering disinggung istilah demigod alias manusia setengah dewa. Lalu apa sebernarnya Demigod itu ? Mari kita simak penjelasan berikut.

Sebutan  "demigod" adalah sebuah istilah dari semideus Latin, "half-god"  yang diciptakan oleh penyair Romawi Ovid mengacu pada dewa-dewa yang tidak terlalu terkenal. Di dunia kuno bangsa Yunani dan Romawi, kata tersebut sepertinya tidak memiliki definisi yang konsisten dan jarang digunakan juga.

Istilah demigod pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada akhir abad keenam belas atau awal abad ketujuhbelas, ketika digunakan untuk membuat konsep semideus dan daemon Yunani dan Romawi.  Sejak itu, telah sering diterapkan secara kiasan untuk orang-orang dengan kemampuan luar biasa dibanding manusia normal lainnya.

Demigod juga merujuk kepada pengertian dewa kecil yang masih tinggal di bumi. Wujudnya adalah manusia biasa, dengan tinggi dan ukuran tubuh normal, namun biasanya rupawan dan atletis. Biasanya dikisahkan bapak dari anak tersebut adalah Dewa sementara ibunya hanyalah seorang manusia biasa. Dalam beberapa mitologi Yunani mereka menunjukkan kisah kepahlawanan yang mengagumkan untuk melindungi bumi dari kejahatan dan kehancuran.

Demigod merupakan makhuk yang lebih hebat, lebih tangguh, lebih berani, lebih cepat dari pada manusia normal dikarenakan adanya unsur dewa yang melekat dalam diri mereka. Mereka biasanya melakukan petualangan melawan monster ataupun kejahatan yang tak mampu dihadapi oleh manusia biasa. Oleh karena itu biasanya demigod muncul jika ada kepentingan tertentu.


Meskipun demikian, stiap demigod dalam beberapa mitologi memiliki motivasi tersendiri, contohnya dalam mitologi Yunani, Herakles yang melawan banyak monster untuk membersihkan nama baiknya, atau Theseus yang membunuh Minotaur untuk menghentikannya memakan rakyat Athena.

Kisah cinta yang tak sepadan antara dewa dan manusia dalam beberapa mitologi seringkali melibatkan hubungan sedarah atau hubungan seksual atau perkosaan yang dilakukan oleh dewa terhadap manusia terutama perempuan. Hasil dari hubungan antara dewa dan manusia adalah manusia setengah dewa  atau yang sering disebut pahlawan.

Kisah-kisah tersebut ternyata secara implisit menunjukkan bahwa hubungan antara dewa dan manusia adalah sesuatu yang perlu dihindari. Cerita mengenai hubungan cinta dewa-manusia juga jarang ada yang berakhir bahagia.

Dalam beberapa kasus, ada pula dewi yang menjalin hubungan dengan manusia pria, seperti misalnya dalam Himne Homeros untuk Afrodit, yang menceritakan bahwa dewi Afrodit berhubungan seksual dengan Ankhises dan melahirkan Aineias.

Beberapa nama manusia setengah dewa atau demigod yang terkenal di Mitologi Yunani diantaranya adalah Hercules, Theseus, Perseus, Iason, Akhilles dan Odisseus. Sementara dalam Mitologi Hindu juga banyak ditemukan manusia setengah dewa, salah satu yang terkenal adalah kisah Mahabarata dengan tokoh manusia setengah dewa meskipun tidak disebutkan sebagai demigod, seperti Bisma, Arjuna, Bima dan Karna.

BACA : 6 DEMIGOD POPULER DALAM MITOLOGI YUNANI & ROMAWI

Nah demikianlah mengenai pengertian demigod atau manusia setengah dewa, semoga bermanfaat.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar