Skip to main content

5 Tanaman Obat yang Cocok Ditaman di Rumah

Selain menjadi sumber makanan bagi manusia, tanaman juga memiliki peran sebagai obat untuk berbagai penyakit. Tanaman sudah digunakan sejak lama untuk pengobatan secara alami yang aman dari berbagai efek samping layaknya obat kimia. Beberapa diantara tanaman tersebut ada yang langka dan sulit dicari namun ada juga yang mudah ditemukan bahkan bisa ditanam sendiri di rumah.

Mungkin banyak yang masih penasaran, tumbuhan apa saja yang sangat berpengaruh bagi kesehatan kita, tenang, karena saya akan memberikan bocoran, beberapa tanaman penyembuh yang wajib kita tanam, apa saja itu, yuk simak selengkapnya dibawah ini.

1. Tanaman Lemon Balm



Sebagai anggota keluarga mint, lemon balm dikenal dengan aroma yang menyenangkan. Sudah digunakan selama berabad-abad untuk membantu tidur, mengurangi kecemasan, memperbaiki pencernaan, dan mengobati lesi dan luka dingin. Penelitian dari University of Maryland telah menunjukkan bahwa lemon balm merupakan pengobatan yang efektif untuk lesi herpes di sekitar mulut dan alat kelamin.

Zat pada lemon balm disebut eugenol yang mampu melawan bakteri dan sering dioleskan secara topikal ke gigi berlubang oleh dokter gigi. Daun lemon balsem kering bisa ditambahkan sebagai hiasan ke salad atau dibuat menjadi teh panas.

2. Tanaman Ubi Cina



Ubi Cina merupakan pohon anggur yang dikreditkan untuk efek terapeutiknya. Ini sangat terkenal untuk memperkuat limpa dan perut. Vitamin B6 pada ubi jalar, dipercaya mampu  melindungi dari penyakit jantung serta menghancurkan homosistein, asam amino yang merusak dinding pembuluh darah. 

Mereka telah digunakan untuk menenangkan sakit tenggorokan, mengobati diare, dan mengendalikan kadar gula darah dan penambahan berat badan. kita bisa memetik pohon anggur beraroma kayu manis dari kebun dan memakannya mentah.

3. Tanaman Basil


Basil sangat bagus untuk masakan Italia, tapi juga bagus untuk kesehatan kita. Ini merupakan sumber yang sangat baik untuk beta-karoten, senyawa organik yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Tubuh membutuhkan vitamin A untuk kesehatan, pertumbuhan sel dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Minyak kemangi mengandung cairan yang disebut eugenol yang bisa menenangkan tulang dan persendian yang bengkak dengan cara yang sama seperti bagaimana Advil dan ibuprofen bekerja. Sebagai antibakteri, minyak basil bisa menghambat bakteri yang sudah kebal terhadap penyebaran antibiotika. kita bisa mengubah kebun dan kesehatan kita dengan ramuan yang menakjubkan ini.

4. Tanaman Marigold




Marigold merupakan bunga yang berwarna oranye dan kuning yang mungkin sudah kita miliki di halaman belakang rumah kita. Mereka sarat dengan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, molekul yang tidak stabil yang merusak DNA dan menyebabkan sel kanker berkembang biak. 

Periset dari Washington State University menemukan bahwa lutein, antioksidan pada ekstrak marigold, dapat mengurangi dan mencegah penyebaran tumor pada tikus. disamping itu, marigold bekerja sebagai antiinflamasi, yang dapat memberi kelegaan pada kulit yang teriritasi, seperti goresan dan luka bakar. Mereka juga dapat dijadikan penangkal hama yang sangat baik, yang bisa melumpuhkan serangga pada waktu beberapa detik setelah dikonsumsi.

5. Tanaman Sage



Tanaman sage dapat tumbuh di seluruh dunia, sage merupakan tanaman berwarna asli Mediterania yang ditkitai dengan bunga, daun biru, ungu, putih dan merah muda dan dedaunan. Ramuan ini memiliki reputasi untuk mengobati pencernaan, kejang otot dan masalah mental. Penuh anti-inflamasi, antioksidan dan khasiat antimikroba, sage meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur.

Tanaman ini juga telah terbukti mampu membantu mengurangi kram menstruasi dan hot flashes pada wanita. Penelitian menunjukkan ekstrak sage dapat memperbaiki fungsi kognitif dan bahkan mungkin berfungsi sebagai pengobatan yang mungkin untuk penyakit Alzheimer. Ramuan ini merupakan tambahan yang estetis untuk setiap kebun dan dapat meningkatkan rasa dari banyak hidangan.

Jadi kita bisa memanfaatkan lahan yang kosong dikebun atau dibelakang halaman rumah kita untuk menanam tanaman herbal ini, dan menjadikan keluarga kita menjadi orang yang sehat.

Sekian sudah artikel yang saya buat dengan judul 5 Tanaman Obat Untuk Kesehatan Yang Bisa di Tanam Sendiri. Bila kita memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya, berikanlah komentar dibawah ini, semoga bermanfaat, terimakasih. 

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar