Skip to main content

5 Ilmuwan Fisika dan Penemuannya (2)


Berikut akan dibahas mengenai 5 Ilmuan Fisika dan penemuannya yang bersejarah part 2. Sebagai generasi milenial yang menikmati hasil temuan mereka, kita wajib setidaknya untuk mengetahui orang-orang yang berjasa menciptakan teori-teori dan eksperimen yang kemudian dimanfaatkan untuk membuat mesin-mesin canggih zaman sekarang. Simak selengkapnya 5 ilmuan fisika dan penemuannya yang bersejarah.

Sir Isaac Newton




Isac Newton merupakan ilmuan fisika yang sangat terkenal berkat teori temuannya. Penemuannya sangat berjasa bagi pembuatan mesin-mesin jaman sekarang. Adapun beberapa hukumnya yang terkenal diantaranya :

Hukum I Newton

“Jika resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda sama dengan nol, benda itu akan tetap diam atau tetap bergerak lurus beraturan”

Hukum II Newton

  1. Percepatan yang disebabkan oleh resultan yang bermassa m sebanding dengan besar resultan gaya tersebut. Artinya, semakin besar gaya, semakin besar percepatan benda
  2. Besar percepatan benda akibat resultan gaya pada benda tersebut berbanding terbalik dengan massanya.

Hukum III Newton

“Apabila benda pertama mengerjakan gaya pada benda kedua, maka benda kedua akan mengerjakan gaya pada benda pertama yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan.”

Gravitasi Universal

“Setiap benda di alam semesta menarik benda lain dengan suatu gaya yang besarnya sebanding dengan hasil kali kedua massa yang terlibat dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya. Gaya tersebut bekerja sepanjang garis yang menghubungkan kedua benda"

Gottfrid Wilhelm Leibniz




Bersama Isaac Newton, Leibniz mendapatkan penghargaan atas penemuannya tentag kalkulus. Sejarah mencatat bahwa Newton adalah orang pertama yang memikirkan kalkulus, tetapi Leibnizlah orang pertama yang menemukan kalkulus. Leibniz pencipta lambing-lambang terkenal dalam matematika yaitu, diferensial dan integral. Konsep diferensial dan integral sangat penting untuk memahami konsep fisika.

Henry Cavendish




Orang yang pertama kali melakukan eksperimen untuk menentukan nilai G adalah H, dengan menggunakan neraca torsi. Neraca seperti ini kemudian disebut neraca Cavendish.Bola dengan massa yang berbeda, yaitu m dan M yang dapat bergerak bebas pada poros, akan tarik menarik, sehingga akan memuntir serat kuarsa, sehingga cahaya yang memantul pada cermin pun akan bergeser pada skala. Dengan mengkonversi skala, dan memperhatikan jarak m dan M serta massa m dan M, maka Cavendish menetapkan nilai G sebesar 6,754 x 10 N.m 2/kg2. Nilai ini kemudian kini disempurnakan dengan perlengkapan yang lebih canggih.

Tyoho Brahe




Berhasil mengumpulkan data tentang posisi planet dalam gerakannya melintasi langit. Tycho merupakan seorang astronom dan menjadi pengamat paling menonjol pada zaman sebelum adanya teleskop. Ketepatan pengamatannya pada posisi bintang dan planet merupakan yang paling baik pada zaman itu.

Untuk menerbitkan karya-karyanya, Tycho punya mesin cetak dan pabrik kertas. Asistennya yang paling terkenal adalah Johannes Kepler. Setelah kematiannya, catatan-catatannya mengenai gerak Planet Mars membuat Kepler menemukan tiga hukum pergerakan planet yang mendukung teori heliosentris.

Thomas Alva Edison




Thomas Alva Edison dilahirkan di Milan, Ohio pada tanggal 11 Februari 1847. Ia berjasa dalam penemuan lampu pijar walaupun harus melalui ribuan kali kegagalan dalam menemukan bahan lampu pijar yang tepat. Tanpa jasanya, bayangkan bagaimana jika malam hari tanpa lampu ?.

Thomas Edison juga berjasa dalam bidang perfilman. Ia menggabungkan film fotografi yang telah dikembangkan George Eastman menjadi industri film yang menghasilkan jutaan dolar seperti saat ini. Dia pun membuat Black Maria, suatu studio film bergerak yang dibangun pada jalur berputar.



Demikianlah mengenai 5 ilmuan fisika dan penemuannya yang bersejarah (part2). Semoga bermanfaat, terima kasih.


Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar