Skip to main content

5 Ilmuwan Fisika dan Penemuannya (1)

Berikut akan dibahas mengenai 5 Ilmuan Fisika dan penemuannya yang bersejarah. Sebagai generasi milenial yang menikmati hasil temuan mereka, kita wajib setidaknya untuk mengetahui orang-orang yang berjasa menciptakan teori-teori dan eksperimen yang kemudian dimanfaatkan untuk membuat mesin-mesin canggih zaman sekarang. Simak selengkapnya 5 ilmuan fisika dan penemuannya yang bersejarah.

James Watt



James Watt (Greenock, Skotlandia, 19 Januari 1736 – Birmingham, Inggris, 19 Agustus 1819) ialah seorang insinyur besar dari Skotlandia, Britania Raya. Ia berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efisien. Ternyata mesin uap ini merupakan salah satu kekuatan yang mendorong terjadinya Revolusi Industri, khususnya di Britania dan Eropa pada umumnya. Untuk menghargai jasanya, nama belakangnya yaitu Watt digunakan sebagai nama satuan daya, misalnya daya mesin dan daya listrik

Robert Hooke



Robert Hooke, FRS (1635 – 1703) adalah seorang polymath Inggris yang memainkan peranan penting dalam revolusi ilmiah, melalui kerja eksperimen dan teoretis. Dilahirkan di Freshwater di Pulau Wight, Hooke menerima pendidikan awal di Sekolah Westminster. Pada 1653, Hooke mendapatkan tempat di Christ Church, Oxford. Di sana ia bertemu dengan Robert Boyle, dan mendapat pekerjaan sebagai asistennya.

James Prescout Joule



Berhasil membuktikan bahwa panas merupakan bentuk energi dalam eksperimennya, dengan demikian Joule berhasil menyanggah teori kalorik yang memandang panas adalah zat alir. Joule pernah menerbitkan buku tentang panas yang dihasilkan listrik Volta dan hubungan energy dan kekekalan energi. Namanya kemudian diabadikan sebagai satuan energi yaitu, Joule.

Rene Descartes



Descartes mengembangkan ilmu geometri analitik dan menyatakan bahwa harus ada prinsip kekekalan gerakan. Descartes memperkenalkan besaran gerakan yang bergantung pada sesuatu selain kelakuan benda.

Sebagai contoh, sebuah peluru bergerak denagn laju 50km/jam memiliki “gerakan” lebih daipada sebuah bola yag bergerak dengan kelajuan yang sama. Descartes mengusulkan untuk mendefinisikan besaran tertentu sebagai hasil kali antara massa dan kelajuan. Jumlah besaran gerak dari benda apabila tidak ada gaya yang bekerja pada system haruslah tetap dari waktu ke waktu.

Johanes Kepler



Johanes Kepler merupakan seorang ilmuwan yang banyak meneliti di bidang astronomi. Beberapa teorinya tentang peredaran benda-benda angkasa baik bintang, planet maupun satelit alami. Berikut adalah hukum kepler.

Hukum I Kepler

“Setiap planet bergerak pada lintasan elips dengan berubah pada salah satu titik fokusnya”

Hukum II Kepler

“Srtiap planet bergerak sedemikian sehingga suatu garis khayal ditarik dari matahari ke planet tersebut akan menyapu daerah yang sama pada selang waktu yang sama”

Hukum III Kepler

“Untuk setiap planet, kuadrat jarak revolusinya berbanding lurus dengan pangkat tiga jarak rata-ratanya dari matahari”

Demikianlah mengenai 5 Ilmuan dan Penemuannya. Semoga bermanfaat, terima kasih.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar