Skip to main content

5 Cara Mengatasi Masalah Ketombe Rambut Secara Alami dan Mudah

Ketombe adalah hal yang menyebalkan bagi setiap umat manusia. Sel kulit mati yang menjadi penyebab ketombe umumnya berjumlah banyak. Munculnya serpihan putih adalah sel kulit mati yang rontok dari kulit kepala. Seterusnya di bawah ini berbagai cara serta kiat-kiat untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala:


1. Keramas Rutin Setiap Dua Hari Namun Jangan Terlalu Sering


Keramas dengan sampo adalah hal yang penting dilakukan agar kondisi rambut dapat tetap bersih dari kotoran, minyak berlebih, dan pula sel kulit mati.

Akibat dari malas melakukan keramas, mengakibatkan persoalan bagi rambut berwujud penumpukan kotoran, sel kulit mati dan minyak pada kulit rambut. Yang dampaknya akan sangat buruk bagi rambut. Bersama teratur menjalankan shampo maka akan menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, sehingga rambut sanggup terhidar dari berbagai persoalan.

Ingat, melangsungkan shampo hendaknya dilakukan setiap 2 hari sekali, jangan terlalu sering. Apabila terlalu sering mengerjakan shampo maka akan mengakibatkan kandungan minyak herbal pada rambut menjadi berkurang, dampaknya rambut yang kekurangan minyak herbal akan menjadi kering dan kusam. Keberadaan minyak alami pada rambut untuk menjaga kelembapan rambut dan membuat rambut sanggup terlihat mengkilap.

Hal lainnya, tetapkan kita memanfaatkan shampo oleh bahan yang aman, kita juga bisa memilih yang herbal. Sehingga meminimalisir rambut dari permasalahan terpapar zat-zat kimia.

Terlalu sering melakukan keramas, terutama dengan bahan kimia yang keras (seperti lauryl sulfat) dapat mengakibatkan kulit kepala iritasi dan kering, sehingga justru membuat ketombe semakin bertambah parah.

 

2. Usahakan Rambut Kepala Selama Beberapa Saat Terkena Sinar Matahari



Tujuan dari membiarkan kepala terpapar sinar matahari dan udara bebas sementara waktu, supaya menghambat kelanjutan jamur di kulit kepala. Kita tidak perlu lambat-laun “menjemur diri”, 10-15 menit saja sudah bagus. Tidak perlu berjam-jam berjemur, karena itu justru tidak sehat untuk rambut dan tubuh secara umum.

Secara umum, tubuh butuh untuk terkena sinar matahari dalam setiap harinya, namun pula jangan berlebihan atau terlalu lelet terkena penjabaran sinar matahari langsung.

 

3. Ketahui Sampo Anti Ketombe Yang Tepat


Bila dibandingkan, pada setiap sampo anti ketombe biasanya tidak memiliki kandungan yang sama, sehingga tampaknya mempunyai peranan yang berbeda-beda dalam mengatasi ketombe, yang bekerja sama menurut penyebabnya.

Misalnya penggunaan shampo yang berisi zinc pyrithione (kandungan antibakteri dan antijamur), penggunaan jenis shampo ini cocok bagi orang-orang yang terkena ketombe karena serangan jamur.

Pada jenis shampo lainnya, terdapat sampo yang tercantum bahan tar, yang penggunaannya dikhususkan bagi mereka yang mengalami psoriasis. Kandungan di dalam jenis shampo ini bekerja dengan cara memperlambat proses pengelupasan kulit kepala dan janji pada sel kulit.

Pada shampo yang di dalamnya terdapat kandungan salicylic acid, penggunannya diperuntukan bagi mereka yang mendapati permasalahan ‘scalp scrub’, namun penggunannya perlu bimbingan dari ahli kebugaran rambut karena ini adalah jenis shampo yang berbeda dari biasanya.

Apabila ketombe rambut disebabkan oleh malessezia, disarankan untuk memanfaatkan sampo yang menyimpan selenium sulfide. Namun dalam penggunaannya ini harus bertukar pikiran atas ahlinya, sehingga penggunaannya bisa tepat, hal tersebut karena jenis shampo ini mampu mengubah warna rambut sehingga perlu berwaspada.

Apabila kita telah memanfaatkan jenis-jenis sampo diatas tapi tidak membuahkan hasil, maka cobalah mengenakan sampo yang memuat ketoconazole, yang kandungan ini berfungsi sebagai anti jamur.



Dalam mengerjakan keramas, maka cobalah untuk sambil memijat kulit kepala. Ingat memijatnya bukan menggaruknya. Bila shampo telah merembet pada semua bagian kulit kepala, maka diamkanlah selama beberapa menit agar kandungan meresap hingga akar rambut, kemudian barulah membilas rambut hingga bersih.

Apabila penggunaan suatu jenis sampo menimbulkan gatal yang dirasakan semakin kronis, maka kamu mesti menghentikan penggunaannya.

Atau muncul kemerahan seperti ruam pada kulit kepala, bahkan muncul rasa seperti terbakar, maka stop pemakaian jenis shampo tersebut.

Telitilah dalam pemilihan produk shampo, karena dampaknya sanggup secara langsung pada kesegaran dan performa rambut.

 

 4. Menyisir Rambut Dengan Sisir Yang Baik


Sisir yang baik untuk digunakan yakni sisir yang nyaman, tidak terlalu keras, hingga tidak melukai kulit kepala, yang akhirnya berpotensi mengerosong dan membentuk ketombe.

Penggunaan sisir rambut secara sembarangan dan tanpa perhatian yang cukup padanya, dampaknya akan mengakibatkan terjadinya penularan jamur yang akhirnya mampu memunculkan ketombe.

Selain rajin membersihkan sisir secara berkala agar sisir selalu bersih, hindari meminjami sisir milik kamu sendiri kepada orang lain, demikian pula kita hendaknya memakai sisir milik sendiri sehingga lebih terjaga kebersihannya.

 

5. Penting Untuk Memenuhi Asupan Nutrisi


Salah satu hal yang menjadi penyebab munculnya ketombe adalah karena kurangnya asupan nutrisi tubuh, hal ini berakibat buruk pun pada rambut. Kamu harus mengonsumsi asupan yang baik bagi tubuh dan pun rambut.

Ikan salmon kaya akan protein, omega-3 dan vitamin d, yang manfaatnya untuk kesegaran rambut, menjaga kekuatan rambut, menjaga kulit kepala dan rambut dapat terhidrasi atas baik.
Selain ikan salmon, kita disarankan mengonsumsi ikan sarden, ikan makarel, alpukat, biji labu, dan kenari. Jenis makanan ini terdapat manfaat asam lemak omega 3.

Minum teh hijau yang di dalamnya tercantum polifenol berguna untuk menjaga kebugaran kulit kepala. Selain dikonsumsi, kamu pula sanggup mengaplikasikan teh hijau secara langsung pada rambut, yang akan membantu untuk menghilangkan ketombe.

Manfaat wortel tidak hanya untuk mempertajam mata kita, namun pula untuk menjaga kesehatan rambut karena kandungan vitamin a-nya. Fungsi vitamin a ini membantu dalam pembentukan minyak sebum di kulit kepala. Kegunaan sebum ini untuk menjaga kelembaban kulit kepala dan rambut.

Kamu juga disarankan mengonsumsi sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, brokoli dan selada. Umumnya sayuran berdaun hijau gelap memiliki kandungan vitamin a dan vitamin c yang tinggi. Manfaat kedua vitamin itu juga untuk membantu dalam pembentukan sebum, untuk melembabkan kulit kepala.

Kamu pula disarankan mengonsumsi makanan seperti tiram, paprika dan blueberry. Secara umum konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi, karena manfaatnya akan berdampak positif bagi rambut dan tubuh secara umum.

Itulah yang bisa saya bahas dengan judul artikel 5 cara mengurangi ketombe di kulit kepala secara gampang. Bila kita memiliki pertanyaan atau kritik dan sarnnya berikan komentar dibawah ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar