Skip to main content

Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan dan Contohnya Lengkap

Pengertian Gerak Pada Tumbuhan



Bergerak ialah salah satu ciri dari makhluk hidup. Gerak yang kita pikirkan adalah berpindah tempat seperti yang dilakukan manusia dan hewan. Akan tetapi tidak semua gerak makhluk hidup selalu berpindah tempat, ada bagian lain yang melakukan gerakan namun tidak berpindah tempat, gerak tersebut disebut dengan gerak pasif.

Contoh makhluk hidup dengan gerak pasif diantaranya adalah tumbuhan. Pada dasarnya, tumbuhan bergerak karena adanya proses pertumbuhan dan karena adanya tanggapan pada rangsangan atau irritabilitas yang dimiliki tumbuhan tersebut. Sebagai respon atau tanggapan pada suatu rangsangan, tumbuhan akan melakukan gerakan mendekati rangsangan atau menjauhi rangsangan.

Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan


Dalam Gerak Pasif, Ada 2 macam gerak pada tumbuhan yaitu gerak endonom dan etionom.

 

A. Gerak Endonom


Gerak Endonom merupakan gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan dari dalam tumbuhan itu sendiri. Terdapat 2 (dua) macam gerakan endonom yaitu gerak nutasi dan gerak higroskopis.
 

 

1. Gerak Nutasi

Gerakan nutasi merupakan gerakan spontan yang tidak disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar. Contoh gerak nutasi misalnya gerakan aliran sitoplasma pada tanaman air Hydrilla verticillata.

 

2. Gerak Higroskopis

Gerak Higroskopis merupakan gerakan pada tumbuhan yang dikarenakan adanya perubahan kadar air. Contoh gerak higroskopis misalnya gerak pecahnya kulit polong-polongan yang sudah kering.

[ads-post]

 

B. Gerak Etionom


Gerak Etionom merupakan gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh adanya rangsangan yang berasal dari luar tumbuhan. Faktor penyebab gerakan etionom ini seperti air, cahaya, dan rangsangan berupa sentuhan, temperatur/suhu, gravitasi, zat kimia dan lain sebagianya. Terapat 3 macam gerakan etionom yakni gerak tropisme, gerak taksis dan gerak nasti.

 

1. Gerak Tropisme


Gerak Tropisme merupakan gerakan pada tumbuhan dimana arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Gerak tropisme dibedakan menjadi 4 macam yaitu gerak Fototropisme, gerak Geotropisme, gerak Hidrotropisme, dan gerak Tigmotropisme.

a. Fototropisme
Gerak Fototropisme merupakan gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh adanya cahaya matahari. Gerak Foto tropisme ini terbagi atas 2 macam yaitu fototropisme positif dan fototropisme negatif.

Fototropisme positif ini memiliki arah gerakan pertumbuhan yang selalu menuju arah datangnya cahaya, Misalnya gerak pada tanaman biji-bijian yang sedang tumbuh tunas. Sementara gerak fototropisme negatif memiliki arah gerakan pertumbuhan yang arahnya selalu menjauhi cahaya, gerak ini biasanya terjadi pada beberapa tumbuhan tropis merambat.

b. Geotropisme
Gerak Geotropisme ialah gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi karena adanya gravitasi bumi. Gera geotropisme terbagi menjadi 2 macam yaitu gerak geotropisme positif dan geotropisme negatif.

Geotropisme positif ini adalah gerakan yang memiliki arah pertumbuhan yang selalu menuju kebawah atau masuk kedalam tanah, sedangkan geotropisme negatif memiliki arah pertumbuhan akar yang selalu menuju ke atas.

c. Hidrotropisme
Gerak Hidrrotopisme ialah jenis gerakan pada tumbuhan menuju kearah yang basah ataupun berair. Hidotropisme ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu hidrotropisme positif dan hidrotropisme negatif.

Hidrotropisme positif yaitu gerak yang memiliki arah pertumbuhan yang menuju ke tempat yang berair. Contoh gerakan ini diantaranya arah pertumbuhan ujung akar dalam tanah yang selalu menujutempat yang mengandung air. Hidrotropisme negatif memiliki arah pertumbuhan menjauhi tempat yang berair.

d. Tigmotropisme
Gerak Tigmotropisme merupakan gerakan pada tumbuhan yang disebabkan karena adanya persinggungan. Contoh gerakan ini antara lain sulur markisa dan batang mentimun yang membelit tanaman lain.

 

2. Gerak Taksis


Gerak taksis merupakan gerakan seluruh tubuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh datangnya rangsang. Gerak Taksis dibagi menjadi 2 macam yaitu gerak Fototaksis dan gerak Kemotaksis.

a. Fototaksis
Gerak fototaksis merupakan gerakan pada seluruh tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan cahaya. Contoh gerak fototaksi misalnya pada gerakan euglena yang selalu mendekati cahaya.

b. Kemotaksis
Gerak Kemotaksis merupakan gerakan yang dipengaruhi oleh rangsang berupa zat kimia. Contoh gerak kemotaksis antara lain spermatozoid pada arkegonium tumbuhan lumut dan tumbuhan paku yang bergerak karena tertarik oleh zat gula atau protein.

 

3. Gerak Nasti


Gerak Nasti ialah gerakan pada tumbuhan dimana arah gerakannya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Gerak nasti dibedakan menjadi Gerak Fotonasti, Thermonasti, Niktinasti, Seismonasti, Kemonasti dan Gerak Nasti Kompleks.

a. Fotonasti
Gerak fotonasti merupakan gerakan tumbuhan yang terjadi karena dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Contoh gerak fotonasti antara lain gerak mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada sore hari.

b. Thermonasti
Gerak Thermonasti merupakan gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa suhu. Contoh gerak thermonasti antara lain gerak mekarnya bunga tulip pada suhu tertentu.

c. Niktinasti
Gerak niktinasti merupakan gerakan yang disebabkan oleh kondisi gelap. Contoh gerak niktinasti antara lain gerak menutupnya daun majemuk (lamtoro atau turi) karena cahaya gelap.

d. Seismonasti

Gerak Seismonasti adalah gerakan yang terjadi karena dipengaruhi oleh rangsangan luar yang berupa sentuhan. Contoh gerak seismonasti ini antara lain gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) karena disentuh.

e. Kemonasti
Gerak Kemonasti ialah gerakan tumbuhan yang dikarenakan adanya rangsang berupa zat kimia. Contoh gerakan kemonasti yaitu saat membukanya stomata pada siang hari karena adanya karbondioksida (CO2).

f. Nasti kompleks
Gerak Nasti Komplek yaitu gerak yang dipengaruhi lebih dari satu macam rangsangan. Misalnya pada gerakan membuka dan menutupnya mulut daun atau stomata karena adanya rangsangan berupa cahaya matahari, zat kimia, air dan suhu.

Demikianlah tentang macam-macam atau jenis-jenis gerak pada tumbuhan beserta contohnya. Semoga bermanfaat.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar