Skip to main content

5 Situs Yang Dapat Membantu Kita Mengerjakan Skripsi


Mahasiswa semester akhir sebelum meraih gelar dan ijasahnya tentu harus melewati 1 tahap yang sangat berat. Tahap ini disebut skripsi. Seperti yang kita tahu skripsi merupakan suatu karya ilmiah yang disusun berdasarkan proses penelitian yang cukup panjang dan memerlukan data-data yang relevan.

Untuk menyusun sebuah skripsi yang baik, mahasiswa dituntut untuk mencari sumber-sumber pustaka yang relevan terhadap penelitiannya. Tahapan ini merupakan tahapan yang cukup sulit karena terkadang mencari sumber pustaka itu bukanlah hal yang gampang.

Namun dengan kecanggihan teknologi masa kini, sebaiknya para mahasiswa dan mahasiswi sekalian tidak perlu khawatir karena 5 situs berikut ini dapat membantu menyelesaikan skripsi dengan lebih cepat. Dengan demikian kalian akan siap wisuda.

 

Google Scholar


Situs ini merupakan layanan dari Google yang bisa membantu kita mencari berbagai materi pelajaran dalam berbagai format publikasi. Bayaran ini awalnya diluncurkan pada tahun 2004 dengan menerbitkan jurnal jurnal online dan publikasi ilmiah yang cukup lengkap.Dengan bantuan situs ini kita lebih mudah mengutip publikasi dalam berbagai jenis kutipan.

 

Microsoft Academic


Layanan ini merupakan produk buatan Microsoft yang menyediakan mesin pencari untuk referensi penelitian dalam berbagai format publikasi ilmiah. Dengan adanya layanan ini kita terbantu dalam mencari berbagai sumber penelitian. Tersedia juga filter yang dapat memudahkan kita mencari sumber penelitian berdasarkan penulis, Tempat penelitian, lembaga penelitian dan lain sebagainya.

 

Indonesian Publication Index


Situs yang disingkat IPI ini juga dikenal dengan nama Portal Garuda. Situs ini mirip dengan Google Scholar ataupun Microsoft akademik dalam layanannya. Namun bedanya situs ini merupakan situs lokal yang khusus menyediakan jurnal yang berbahasa Indonesia saja. Ini cocok bagi mahasiswa yang melakukan penelitian dalam bahasa Indonesia tanpa harus susah-susah menerjemahkan dari bahasa Inggris.

 

Open Library


Situs ini mirip dengan sebuah perpustakaan digital online. Open library merupakan sebuah Project raksasa yang melibatkan penggunaannya untuk turut membangun situs ini.Dengan sistem open source, selain kita bisa mencari jurnal jurnal yang tersedia Kita juga bisa mengunggah buku milik kita untuk ditaruh di perpustakaan ini agar dapat dibaca oleh siapapun. Tersedia juga ebook gratis yang bisa disimpan untuk dibaca secara offline.

 

The Great Literature


Sedikit berbeda dengan situs lainnya, situs ini dikhususkan bagi penggemar dunia sastra tanggal titik tersedia ribuan buku sastrawan ternama di dunia yang bisa diakses secara gratis melalui situs ini. Sebagian besar publikasi situs ini adalah berupa teks walaupun belum bisa diunduh secara gratis.

Ikan tentang 5 situs yang dapat membantu kita mengerjakan skripsi, semoga bermanfaat dan tetap semangat mengejar wisuda.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar