Skip to main content

Pilih Barang Original atau Barang KW ?

Bagi yang sering berbelanja pasti sering menemukan barang dengan berbagai kualitas. Selain kualitas barang juga ditemui barang-barang dengan brand yang berbeda. Selain itu barang-barang yang beredar di pasaran dibedakan antara barang original atau barang tiruan yang disebut KW.


Biasanya barang-barang yang original harganya sangat fantastis dan tidak semua orang dapat menjangkaunya. Karena itu muncullah banyak barang tiruan alias barang KW yang memiliki harga yang lebih terjangkau namun dengan tampilan yang sangat mirip tetapi memiliki kualitas yang lebih rendah. Bisa saja barang KW merupakan barang dengan kualitas yang sama namun tidak diproduksi oleh produsen aslinya melainkan reproduksi secara tidak sah oleh produsen lain.



Sampai saat ini belum ada yang bisa mengontrol peredaran peredaran KW di pasaran. Hal ini menyebabkan kebingungan bagi para pembeliapakah sebaiknya membeli barang original atau barang KW. Atau pilihannya membeli barang original tetapi dengan brand yang kurang terkenal atau membeli barang KW superdengan harga yang sama.


Ada harga, ada rupa, ada kualitas




Sejatinya barang original jelas punya kualitas yang lebih baik daripada barang KW. Apabila kita membeli barang original biasanya paket penjualannya lebih lengkap termasuk dengan garansi produk. Tapi tidak dengan barang KW yang tentunya paket penjualannya tidak lengkap.

Sepatu Original dan KW agak sulit dibedakan


Barang original sering kali lebih mahal bukan hanya karena mereka menjual brand, tetapi dalam proses pembuatan biasanya telah melalui seleksi ataupun tes kelayakan produk. Hal inilah yang menambah biaya produksi dari barang original serta menjamin kualitas barang tersebut layak dipakai oleh konsumen.


Dilihat dari segi penampilan, barang original dan barang KW biasanya memiliki perbedaan pada tingkat kerapihan barang tersebut. Barang original penyelesaian pasti lebih baik, lebih rapi serta warnanya tidak cepat luntur. Jika barang KW bisa saja tampilannya sama persis namun penyelesaiannya relatif kurang rapi dan warnanya lebih cepat luntur dan beberapa komponennya lebih gampang melar.


Hukum ini tentu tidak selamanya berlaku demikian, untuk barang KW dengan kualitas super yang meniru brain original yang terkenal bisa saja melebihi kualitas barang original dengan brand lokal atau brand yang baru-baru. Tentu saja hal ini tergantung darimana produsennya. Dan barang original lebih gampang diketahui asal usul produsennya. Untuk contoh kasus ini adalah pada sepatu.



Kepuasan dalam membeli maupun menggunakan


Membeli sebuah barang entah itu barang original ataupun barang KW dan kemudian menggunakannya. Jika kita memiliki teman yang sangat jeli melihatnya mungkin akan langsung bisa menebak barang yang kita pakai asli atau palsu.


Namun kadang-kadang juga tidak ada yang bisa membedakannya. Apa yang kita pakai hanya kita yang tahu dari mana asal usulnya sehingga kekuatan dalam menggunakan barang tersebut ada pada diri kita.






Beli barang original terutama barang yang dipakai dalam waktu yang lama biasanya akan memperoleh fasilitas-fasilitas tambahan dari penjual ataupun produsen seperti garansi, layanan konsumen, dan informasi update produk. Tentu saja dalam hal ini ada layanan purna jual untuk barang original. Dan hal ini tidak berlaku untuk barang KW.

Terkadang juga kebanggaan untuk memiliki barang asli merupakan salah satu kepuasan dalam membeli barang. Makanya faktor kepuasan merupakan penentu yang sangat penting bagi kita untuk memilih barang original atau barang tiruan alias barang KW.


Kondisi setelah pemakaian


Setelah habis masa pakainya atau setelah kita tidak lagi membutuhkan barang tersebut maka perbedaan antara barang asli dengan barang KW akan terlihat. Setelah tidak dipakai lagi mungkin saja kita memiliki rencana untuk menjualnya kembali. Nah, barang original tentunya memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi daripada barang KW.


Kadang-kadang barang original semakin tua harganya semakin jadi. Sebut saja contohnya adalah mobil-mobil tua dengan brand tertentu yang harganya semakin fantastis. Atau jam tangan merk tertentu yang semakin dicari. Berbeda dengan barang KW yang setelah pemakaian tidak akan memiliki harga yang fantastis.


Sesuai dengan kebutuhan dan budget


Dalam banyak kasus orang akan lebih senang membeli barang original karena lebih terjamin. Dengan harga yang fantastis tentunya tidak semua orang dapat memilikinya. Nah disinilah barang KW hadir sebagai solusi jika tidak ada barang dengan brand lain yang memiliki harga yang lebih murah.


Sebenarnya untuk barang-barang tertentu tidak masalah bila membeli barang KW. Jika fungsinya untuk sekedar bergaya dan mengikuti perkembangan. Barang-barang dengan fungsi yang tidak terlalu rumit juga tidak masalah apabila membeli barang KW.







Tentu saja pilihannya kembali kepada diri kita masing-masing. Kita tidak bisa memaksa semua orang untuk membeli barang original dengan harga yang mahal. Namun sebaiknya untuk produsen barang KW agar segera memiliki brand tersendiri dan mengembangkannya. Tidak jarang brand terkenal juga ikut mempertahankan harga yang lebih murah.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar