Skip to main content

Inilah 15 Fakta Menarik Tentang Urin Manusia


Air kencing atau urin atau air seni seringkali diidentikan dengan sesuatu yang jorok, namun tanpa air kencing, tubuh manusia tidak akan bersih dan sehat. Akan ada banyak kotoran dan racun yang menyelimuti tubuh manusia.

BACA : 15 FAKTA UNIK TUBUH MANUSIA

Lalu kenapa air kencing ini sangat spesial bagi manusia ? Inilah 15 fakta menarik tentang urin manusia yang belum banyak diketahui masyarakat di indonesia.

1. Manusia normal buang air kecil hingga 7 kali sehari

Orang normal rata-rata buang air kecil 7 kali dalam sehari. Jika lebih sering atau lebih jarang maka berkemungkinan terindikasi penyakit pada saluran urin.

2. Rata-rata manusia kencing selama 7 detik

Berdasarkan beberapa penelitian, ternyata orang rata-rata kencing selama 7 detik. Jika ada rasa ingin kencing dan berlangsung sekitar 2 detik atau lebih, bisa menandakan adanya infeksi.

3. Makanan dikeluarkan dalam berbagai bentuk

Makanan pada tubuh dikeluarkan melalui berbagai cara, yaitu tinja, keringat dan urin. Saluran urin termasuk yang sangat kompleks.

4. Di romawi, kencing digunakan untuk berkumur

Urin di negara romawi  ternyata digunakan untuk berkumur.  Hal ini mungkin karena urine mengandung zat amonia yang dipercaya membantu memutihkan gigi.

5. Warna urin menunjukan kondisi kesehatan

Coba perhatikan warna urine yang keluar pada saat kencing karena hal ini menandakan kondisi kesehatan kita.  Jika warna kencing cukup bening maka menunjukkan tubuh cukup cairan dan dalam kondisi baik.

Sementara jika warna urine berwarna kuning pucat merupakan tanda sedikit kekurangan air dalam tubuh.  Namun jika warna kencing adalah kuning gelap maka pertanda tubuh kekurangan cairan.

Apabila urine berwarna coklat,  merah atau pink maka hal ini sangat berbahaya dan perlu diperiksakan ke dokter.

6. Kandung kemih berkapasitas 300-500 ml

Pada orang dewasa kandung kemih atau kantong kencing yang berkapasitas sekitar 300 sampai 500 ml.  Volume ini cukup untuk menampung seperempat jumlah kebutuhan air dalam sehari yang sekitar 2 liter.

7. Kencing dengan bau yang manis

Jika kencing memiliki bau yang manis  maka pertanda ada zat gula yang keluar dalam urine.  Hal ini bisa menjadi pertanda adanya indikasi diabetes maka dari itu sangat penting untuk mengetahuinya meskipun hal ini terasa cukup menjijikan

8. Tubuh memproduksi 2-2,5 liter urin per hari

Ternyata tubuh manusia setiap harinya memproduksi sekitar 2 sampai  2,5 liter urine setiap harinya.  Meskipun seseorang tidak mengkonsumsi lebih dari 2 liter air setiap harinya namun urine ini berasal dari limbah makanan yang terkumpul sebelumnya.

9. Urin manusia adalah sistem detoksifikasi terbaik

Urin merupakan salah satu cara terbaik bagi tubuh manusia untuk melakukan detoksifikasi.  Detoksifikasi adalah proses untuk mengeluarkan racun,  limbah,  bakteri maupun zat-zat yang sudah tidak diperlukan sehingga tubuh manusia bersih kembali.

10. Kencing berbusa mengindikasikan gangguan ginjal

Coba perhatikan saat buang air kecil apabila urine mengandung busa  maka ini menandakan adanya gangguan pada ginjal  sehingga harus segera diperiksakan.

11. Penyakit "pipis pemalu"

Apa yang disebut dengan pipis pemalu  merupakan kondisi dimana seseorang tidak dapat kencing di toilet umum atau  tidak bisa kencing jika ada orang di sebelahnya. Hal ini merupakan bentuk kondisi psikologis dan kecemasan sosial.

12. Kencing terlalu sering pertanda penyakit

Terlalu sering kencing dalam sehari merupakan tanda-tanda gangguan pada saluran urin.  Bisa jadi ada indikasi diabetes,  kandung kemih yang lebih reaktif,  atau infeksi pada saluran urin.

13. Penyakit tidak bisa kencing sama sekali

Ada kondisi dimana seseorang tidak dapat kencing sama sekali dan hal ini sangat berbahaya sehingga harus diberikan pertolongan medis.  Kondisi ini disebut urine akut retensi.

14. Pingsan setelah kencing

Ada juga penyakit yang mengakibatkan orang pingsan setelah buang air.  Penyebabnya tidak jelas namun ada indikasi menurunnya tekanan darah saat buang air kecil.  Kondisi ini disebut berkemih sinkop.

15. Menahan kencing terlalu lama tidak baik

Menahan kencing dalam waktu yang lama merupakan hal yang kurang baik karena dapat mengganggu keseimbangan kinerja saluran urin dan membebani kandung kemih.  Selain itu orang yang menahan kencing juga rawan terkena penyakit kencing batu.

Demikianlah fakta tentang urin manusia semoga bermanfaat.

BACA JUGA : FAKTA TENTANG AIR LIUR MANUSIA

Credits :
http://batam.tribunnews.com/
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar